7 Barang yang Tidak Boleh Dibawa di Pesawat

5 minutes reading
Friday, 15 Oct 2021 20:25 0 1097 Redaksi Kece

Travelling adalah aktivitas yang disukai banyak orang. Ragam destinasi wisata menarik yang tersebar di seluruh belahan dunia menjadikan travelling selalu ditunggu-tunggu.

Bepergian ke tempat yang jauh untuk liburan, tentu ada beberapa persiapan yang harus Anda lakukan seperti menentukan budget, memilih akomodasi perjalanan, booking tempat penginapan, dan yang terpenting, mempersiapakan barang apa saja yang akan dibawa.

Saat berlibur, banyak orang yang masih kesulitan dalam memilah dan memilih barang apa saja yang akan berguna untuk dibawa. Tak jarang, kelebihan muatan barang pun terjadi. Parahnya, dari banyak barang yang dibawa beberapa di antaranya tidak boleh masuk bagasi pesawat.

Ya, jika Anda berencana menjadikan pesawat terbang sebagai moda transportasi Anda untuk liburan, hindari membawa barang yang tidak boleh dibawa di pesawat berikut ini.

1. Senjata api

Berencana untuk berlibur ke Korea Selatan? Agar momen keseruan Anda tak terganggu, pastikan untuk melakukan persiapan liburan ke Korea pada musim dingin. Salah satunya dengan membawa pakaian hangat yang cukup.

Pesawat terbang adalah moda transportasi utama bagi Anda yang ingin berlibur ke luar negeri. Sebelum memasuki kabin pesawat, Anda wajib tahu beberapa peraturan yang diterapkan tak hanya pada penerbangan internasional saja namun juga penerbangan domestik seperti ke Labuan Bajo.

Terdapat beberapa barang yang tidak boleh dibawa di pesawat sebagai bagian dari peraturan dalam penerbangan. Salah satunya adalah senjata api.

Senjata api seperti pistol dilarang keras untuk dibawa ke dalam kabin pesawat. Hanya warga sipil yang sudah mengantongi izin saja yang diperbolehkan menbawa senjata api selama penerbangan.

2. Benda tumpul

Keamanan dan kenyamanan penumpang menjadi prioritas utama berbagai maskapai penerbangan. Jika Anda tidak ingin mengalami gangguan selama perjalanan yang memakan waktu tak sebentar, tips memilih kursi pesawat akan sangat membantu.

Tak hanya memilih kursi pesawat saja, Anda juga wajib paham betul barang-barang apa saja yang akan bawa Anda ke dalam kabin pesawat. Benda-benda tumpul seperti tongkat baseball, tongkat golf, tongkat bilyard, dan masih banyak lagi dilarang keras berada di dalam kabin pesawat.

Alasannya sangat jelas. Benda tumpul beresiko membuat penumpang cidera ketika pesawat mengalami kondisi tertentu seperti turbulence.

Oleh karena ini, pastikan Anda tidak membawa benda-benda seperti ini ketika pergi berlibur menggunakan pesawat terbang.

3. Benda tajam

Menikmati liburan akhir tahun murah meriah bisa dimulai dengan memilih moda transportasi yang terjangkau. Budget yang berhasil Anda hemat bisa Anda gunakan nantinya untuk keperluan lain selama berlibur.

Meski menumpangi maskapai penerbangan yang tiketnya terjangkau, peraturan tetaplah peraturan yang wajib Anda patuhi. Berbagai maskapai penerbangan punya aturan yang sangat keras terhadap barang satu ini yang tidak boleh dibawa oleh penumpang ke dalam kabin.

Ya, segala jenis benda tajam sangat dilarang untuk berada di dalam kabin pesawat. Demi keamanan dan keselamatan penumpang, benda tajam yang sifatnya sepele saja sepeti gunting kuku tetap tidak diperbolehkan masuk ke dalam pesawat.

Untuk itu, pastikan Anda sudah memasukkan gunting kuku, pisau cukup, hingga silet ke dalam bagasi pesawat agar tidak mengalami gangguan saat check-in.

4. Benda cair lebih dari 100 ml

Peraturan terhadap benda berikutnya ini yang dilarang berada dalam kabin pesawat jika jumlahnya melewati batas seringkali diacuhkan para penumpang pesawat.

Ya, ada ketentuan khusus bagi Anda yang ingin membawa masuk benda cair ke dalam kabin pesawat seperti air minum, parfum, shampoo, body lation, dan masih banyak lagi. Benda-benda tersebut hanya boleh dibawa ke dalam kabin pesawat jika muatannya tak lebih dari 100 ml.

Namun, ada kelonggaran terhadap peraturan ini untuk benda-benda cair seperti makanan bayi, obat-obatan dalam bentuk sirup, hingga makanan diet untuk penderita penyakit tertentu. Agar bisa membawa ke dalam kabin pesawat, Anda wajib mengantongi surat dokter

Maka dari itu, pastikan untuk meletakkan benda-benda cair yang akan Anda bawa pergi ke tempat wisata Singapore di bagasi pesawat.

5. Produk hewani

Beberapa makanan diperbolehkan masuk ke dalam kabin pesawat namun tidak untuk produk-produk hewani karena beresiko menyebabkan gangguan kesehatan pada penumpang lain.

Produk hewani yang dilarang kerasa keras untuk Anda bawa meliputi keju, susu segar, daging mentah, dan masih banyak lagi.

Mengapa ketiganya dilarang? Perlu diketahui, produk hewani mengandung bakteri patogen yang tidak baik untuk kesehatan.

Maka dari itu, berbagai maskapai penerbangan melarang adanya produk hewani yang dibawa oleh penumpang pesawat demi keselamatan selama perjalanan.

6. Benda yang mudah terbakar

Keselamatan menjadi prioritas utama yang harus diperhatikan tak hanya oleh maskapai penerbangan saja namun juga penumpang. Perlu adanya kerjasama agar tidak terjadi hal-hal yang mengancam keselamatan selama perjalanan dengan pesawat terbang.

Untuk itu, pastikan Anda tidak membawa benda yang mudah terbakar ke dalam pesawat karena resikonya sangat besar dan fatal.

Benda-benda yang dianggap mudah terbakar seperti bahan bakar, petasan, kembang api, dan masih banyak api memicu timbulnya api dengan cepat. Oleh karena itu, keberadaannya dilarang keras oleh berbagai maskapai penerbangan.

Demi keselamatan bersama, hindari untuk membawa benda-benda mudah terbakar tersebut selama perjalanan Anda menggunakan pesawat terbang.

7. Benda berbau menyengat

Selain benda-benda cair, mudah meledak, dan tajam, benda yang aroma menyengat juga dilarang untuk dibawa masuk ke dalam kabin pesawat. Apa saja?

Barang-barang seperti terasi udang, buah durian, petis udang, dan lain-lain dikenal memiliki aroma khas yang sangat menyengat. Sebagian ada yang menyukainya namun tak sedikit pula yang terganggu akan aroma yang dihasilkan dari benda-benda berbau menyengat seperti ini.

Aroma menyengat yang memenuhi kabin pesawat tentu akan membuat penumpang lain merasa tidak nyaman. Oleh karena itu, benda-benda yang aromanya menyengat wajib Anda simpan di bagasi pesawat.

Sebelum itu, pastikan Anda untuk membungkus benda-benda tersebut secara berlapis agar baunya tidak mengontaminasi benda-benda lain. Taati peraturan seperti ini agar perjalanan Anda minim gangguan.

Itu dia 7 barang yang tidak boleh dibawa di pesawat domestik maupun internasional. Semoga bermanfaat.

Avatar

Redaksi Kece

Hibur adalah portal berita yang bisa menghibur dan menjadi wawasan serta tempat mencari informasi terupdate

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA