x

Waspada! Ini 10 Penyebab ASI Tidak Lancar, Ibu Perlu Tahu!

3 minutes reading
Monday, 1 Apr 2024 06:45 0 441 Redaksi Kece

Sebagai seorang ibu, menyusui termasuk salah satu momen istimewa yang tidak hanya membangun ikatan emosional dengan bayi, tetapi juga memberikan nutrisi esensial untuk pertumbuhannya. Namun, terkadang tidak jarang ibu menghadapi tantangan dalam produksi ASI. Artikel ini akan membahas penyebab umum produksi ASI yang tidak lancar. Apa saja itu?

Penyebab ASI Tidak Lancar

Produksi ASI yang tidak lancar bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor. Berikut ini beberapa penyebab produksi ASI yang kurang optimal yang ibu perlu tahu:

Kurangnya Stimulasi atau Pemompaan ASI

Penyebab pertama ASI tidak lancar adalah karena kurangnya stimulasi. Produksi ASI yang efektif memerlukan stimulasi yang cukup, baik melalui pemberian ASI langsung dari bayi maupun dengan menggunakan pompa ASI. Jika stimulasi tidak mencukupi, kelenjar susu mungkin tidak merespon dengan baik.

Stres dan Cemas

Penyebab kedua dipengaruhi oleh kondisi stres dan kecemasan yang dialami ibu. Konsi ini dapat mempengaruhi hormon prolaktin yang diperlukan untuk produksi ASI. Jika kondisi ini tidak segera diatasi dapat menghambat produksi ASI secara alami.

Kurangnya Konsumsi Cairan

Penyebab selanjutnya yakni kurangnya konsumsi cairan. Cairan dalam tubuh ibu tidak boleh kurang agar produksi ASI lancar. Jika ibu menyusui tidak minum cukup air, dapat terjadi dehidrasi. Hal ini menyebabkan volume ASI menjadi berkurang.

Kurangnya Nutrisi

Tak hanya konsumsi cairan, konsumsi nutrisi pada ibu juga harus tercukupi. Nutrisi yang tepat, termasuk vitamin dan mineral, penting untuk kesehatan ibu agar produksi ASI jadi lebih baik. Kekurangan nutrisi dapat mempengaruhi kualitas dan kuantitas ASI. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan pelancar ASI sangat diperlukan.

Problema Kesehatan Ibu

Beberapa masalah kesehatan seperti masalah hormonal, gangguan tiroid, atau diabetes juga dapat mempengaruhi produksi ASI. Konsultasi dengan dokter sangat diperlukan untuk menilai dan mengatasi masalah kesehatan tersebut.

Penggunaan Kontrasepsi Hormonal

Selain kesehatan ibu, penggunaan kontrasepsi hormonal ternyata juga dapat mempengaruhi produksi ASI. Ibu yang menyusui sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan jenis kontrasepsi yang akan digunakan agar masalah seperti ini dapat dihindari.

Teknik Menyusui yang Salah

Cara bayi ditempelkan pada payudara dan teknik menyusui yang salah dapat menghambat produksi ASI. Konsultasi dengan konselor laktasi dapat membantu memperbaiki teknik menyusui.

Pemakaian Susu Formula Secara Berlebihan

Pemberian susu formula dalam jumlah yang berlebihan dapat mengurangi permintaan bayi pada ASI. Jika hal ini terus dibiarkan, pada gilirannya produksi ASI akan berkurang.

Kondisi Medis pada Bayi

Beberapa kondisi medis pada bayi, seperti masalah penempelan lidah atau langit-langit yang tinggi, dapat membuat mereka kesulitan menyusu dengan efektif. Oleh sebab itu, ibu perlu lebih peka, agar bayi dapat menerima ASI dengan mudah.

Pemakaian Obat-obatan Tertentu

Terakhir, penyebab ASI tidak keluar dikarenakan pemakaian obat-obatan tertentu. Penting diingat, bahwasanya sebelum menggunakan obat-obatan selama menyusui, ada baiknya ibu konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Nah, itulah penyebab umum produksi ASI tidak lancar. Penting untuk dicatat bahwa setiap ibu mungkin mengalami kombinasi faktor-faktor yang berbeda. Jika ibu mengalami hal-hal diatas,  solusi terbaik adalah berkonsultasi dengan ahli laktasi atau dokter untuk mendapatkan bantuan yang sesuai dengan kondisi masing-masing.

Avatar

Redaksi Kece

Hibur adalah portal berita yang bisa menghibur dan menjadi wawasan serta tempat mencari informasi terupdate

LAINNYA
x
x