Jack Ma Banting Setir Mau Bisnis Kuliner, Tinggalkan Dunia Teknologi?

2 minutes reading
Monday, 1 Apr 2024 20:08 0 428 Redaksi Kece

Foto: SCMP

Teknologi.id – Sejak pensiun dari Alibaba pada tahun 2019, Jack Ma telah menemukan passion baru dalam dunia bisnis. Jika sebelumnya dikenal sebagai pemimpin di sektor teknologi, kini Ma beralih ke industri kuliner dengan mendirikan perusahaan baru, ‘Hangzhou Ma’s Kitchen Food’, yang berbasis di kampung halamannya, Kota Hangzhou, yang juga menjadi markas Alibaba.

Pada Rabu (22/11), Ma secara resmi mendirikan perusahaan ini dengan modal terdaftar sebesar 10 juta yuan atau sekitar Rp 21,6 miliar. Hangzhou Ma’s Kitchen Food sepenuhnya dimiliki oleh Hangzhou Dajingtou No.22 Arts and Culture, sebuah perusahaan investasi yang dimiliki oleh Ma sendiri.

Bisnis utama perusahaan ini fokus pada penjualan makanan yang sudah dikemas dan pemrosesan serta penjualan ritel produk pertanian. Ini mencerminkan pergeseran Ma ke sektor makanan siap santap yang tengah populer di China. Diprediksi bahwa industri makanan siap santap di China akan mencapai penjualan hingga 510 miliar yuan tahun ini.

Baca juga: Bukan Bermodal Teknologi, Begini Kunci Sukses Jack Ma

Pergeseran Ma ke dunia pertanian dimulai setelah bisnisnya menjadi sorotan pemerintah China pada tahun 2020 akibat komentarnya terkait sistem dan regulasi keuangan. Pada saat itu, pemerintah China bereaksi negatif terhadap Ma, dan sebagai respons, ia mulai mengeksplorasi dunia pertanian.

Pria berusia 59 tahun ini sempat menghilang dari sorotan publik selama dua tahun dan memanfaatkan waktu tersebut untuk menjelajahi dunia. Ma menggunakan kesempatan ini untuk mempelajari teknologi pertanian, seperti yang ia lakukan pada Oktober 2021 di Spanyol, di mana ia belajar tentang pertanian dan teknologi lingkungan. Selain itu, ia juga mengunjungi Belanda, Jepang, dan Thailand untuk memperdalam pengetahuannya tentang teknologi pertanian.

Hangzhou Ma’s Kitchen Food bukanlah satu-satunya entitas yang didirikan oleh Jack Ma di sektor pertanian. Pada bulan Juli lalu, Ma juga diidentifikasi sebagai penggerak di balik startup perikanan dan pertanian yang bernama ‘1.8 Metres Marine Technology’. Dengan langkah-langkah ini, Jack Ma terus mengukir jejaknya dalam dunia bisnis, kali ini dalam sektor yang berbeda dan menarik, yaitu kuliner dan pertanian.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News.

(dwk)

Avatar

Redaksi Kece

Hibur adalah portal berita yang bisa menghibur dan menjadi wawasan serta tempat mencari informasi terupdate

LAINNYA