Yuk, Ajak Si Kecil Bermain Air Di Pantai Ganting Simeulue!

4 minutes reading
Friday, 4 Mar 2022 20:46 0 421 Redaksi Kece

Simeulue, merupakan sebuah kabupaten di Aceh yang rata-rata memiliki wisata alam berupa wisata bahari. Simeulue berada jauh dari pusat kota Aceh yaitu Banda. Dikenal sebagai wilayah terluar dari Aceh tak membuat Simeulue hilang dari ingatan. Wilayah Simeulue berada 150 km dari lepas pantai barat Aceh yang artinya jika kamu ingin berkunjung ke sana harus menyebrang melewati laut dengan boat atau jika kamu memilih untuk mempersingkat perjalanan kamu dapat terbang menggunakan pesawat. Beberapa pilihan pantai di Simeulue dapat kamu jadikan wishlist liburan mu karena pantainya tak kalah indah dengan beberapa pilihan pantai terkenal di wilayah Aceh lainnya. Kali ini pilihan pantai di Simeulue yang dapat kamu datangi adalah Pantai Ganting.

Keindahan Pantai Ganting

Sumber Gambar: Google Maps @bintan78

Pantai Ganting adalah salah satu destinasi wisata yang berada di Ganting, Simeulue. Pantai ini biasanya ramai dikunjungi pengunjung yang berasal dari wilayah sekitar. Nama pantai ini belum tersohor layaknya beberapa pantai lain di wilayah Aceh namun tak membuat pantai ini terlihat dilupakan apalagi di bibir pantai banyak sekali bebatuan karang yang tersebar. Hamparan pasir yang kecoklatan kini menjadi salah satu daya tariknya dan tak lupa air laut yang cukup jernih serta ombak yang tidak tinggi cocok menjadi destinasi wisata keluarga apalagi untuk traveler yang membawa anak kecil.

Sumber Gambar: Google Maps @harif aulia

Disana juga ada beberapa penduduk wilayah setempat yang memanfaatkan wisata pantai ini sebagai ladang mencari nafkah yaitu dengan membuka penyewaan ban serta pelampung bagi traveler yang tidak pandai berenang.  Selain berenang si kecil juga dapat bermain pasir sekedar membuat gundukan pasir berbentuk gunung, bintang, dll. Tenang saja pasir di pantai ini lembut dan aman buat si kecil lho!

Karena belum tersohor dan belum ada campur tangan pihak luar untuk mengelola wilayah pantai ini maka pantai ini terlihat begitu lugu. Pengunjung akan merasa memiliki pantai private sehingga lebih relax menikmati angin pantai yang sepoi-sepoi. Tak sedikit pengunjung yang sengaja tiduran di atas hamparan pasir yang kecoklatan seraya melihat awan dan menikmati debur ombak hingga tertidur. Walaupun tak begitu banyak pohon rindang yang berdiri mengelilingi tepian pantai namun ada beberapa pohon kelapa dan mangrove yang nampak hijau membuat udara disini tetap terasa cukup adem.

Sumber Gambar: Google Maps @bintan78

Jika traveler datang saat siang hari maka bisa mencoba sensasi makan siang tepat dipinggir pantai karena di Pantai Ganting ini ada beberapa gazebo kecil di cat berwarna-warni yang bisa traveler manfaatkan atau traveler bisa mencoba hidangan laut di beberapa rumah yang disulap menjadi cafe tepat berada dipinggir pantai. Menjelang sore hari dari pantai ini dapat kamu saksikan matahari terbenam (sunset) yang mengubah langit biru menjadi jingga lalu kamu juga bisa berjalan di jembatan kecil yang dibangun penduduk setempat untuk sekedar berfoto. Pantai Ganting berhadapan langsung dengan Samudera Hindia sehingga tak heran ombaknya bisa dikatakan cukup tinggi di waktu-waktu tertentu.

Info Penting Yang Harus Kamu Catat!

Traveler yang memang berminat untuk bermalam sejauh ini nampaknya akan menemui sedikit kendala karna di sekitar hotel belum ada tempat menginap yang bisa kamu pesan sehingga ada baiknya kamu bermalam di pusat kota Sinabang dan melakukan perjalanan ke Pantai Ganting mulai pagi hari. Pilihan lainnya jika kamu masih tetap ingin bermalam kamu bisa memilih beberapa penginapan di wilayah Simeulue walau lokasinya cukup jauh dari Pantai Ganting. Beberapa penginapan di daerah Simeulue tergolong bagus mulai dari homestay sampai hotel berbintang 5 tinggal kamu sesuaikan dengan budget yang telah kamu siapkan.

Perjalanan Menuju Pantai Ganting

Perjalanan ke Pantai Ganting memakan waktu 25 menit hingga 30 menit dari kota Sinabang dengan perjalanan darat menggunakan mobil maupun motor. Medan yang akan traveler tempuh juga sudah layak dan aman. Untuk parkiran mobil dan motor juga berada di kawasan pantai sehingga traveler tak perlu khawatir karena bisa menikmati Pantai Ganting sambil memantau kendaraan yang terparkir. Lokasi pantai ini tak jauh dari Pelabuhan Ujung Ganting hanya sekitar 3 menit saja.

Traveler yang bukan berasal dari wilayah Aceh nampaknya harus sedikit lebih sabar pasalnya perjalanan menuju pantai ini lebih menyita waktu. Traveler harus memesan penerbangan pesawat menuju Bandar Udara Sultan Iskandar Muda atau Bandar Udara Kualanamu di Medan lalu transit dan melanjutkan penerbangan menuju Bandar Udara Lasikin di Simeulue. Dari Bandar Udara Lasikin jaraknya sekitar 22km atau 40 menit untuk bisa tiba di Pantai Ganting.

Avatar

Redaksi Kece

Hibur adalah portal berita yang bisa menghibur dan menjadi wawasan serta tempat mencari informasi terupdate

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA