10 Tempat Wisata di Maros Sulawesi Selatan

7 minutes reading
Monday, 18 Apr 2022 08:27 0 642 Redaksi Kece

Pergi liburan memang salah satu kegiatan yang menyenangkan, sekaligus kegiatan untuk mengumpulkan lagi kesegaran dari padatnya aktivitas sehari-hari.

Untuk itu diperlukan untuk menentukan tempat wisata yang tepat, entah itu di daerah dekat tempat tinggal atau bahkan di daerah lain untuk merasakan suasana baru.

Salah satu daerah yang dapat menjadi tujuan liburan adalah Sulawesi Selatan, tepatnya di kabupaten Maros. Daerah ini terkenal memiliki beragam tempat wisata alamnya, mulai dari wisata sejarah, agro wisata dan juga wisata alam seperti pantai, bukit, air terjun, dan sebagainya. 

Dengan kawasan alamnya yang masih cukup asri, daerah Maros ini menawarkan berbagai tempat wisata keluarga dengan pemandangan yang memukau.

Pengunjung dapat merasakan sensasi asri di alam untuk menghilangkan penat dari kesibukan sehari-hari. Ada anyak tempat wisata yang dapat pengunjung kunjungi. Berikut ini ada beberapa rekomendasi tempat wisata di kawasan Maros Sulawesi Selatan :

1. Kawasan Karst Maros

Tempat wisata alam yang pertama adalah kawasan Karst Maros, tempat wisata alam ini menyuguhkan pemandangan gunung kapur yang indah. Bagi pengunjung yang menyukai keindahan alam dan ingin berlibur dengan menikmati keindahan alam, maka tempat wisata ini menjadi pilihan yang tepat.

Di kawasan Karst Maros ini pengunjung akan melihat bentang alam gunung kapur yang tertata sedemikian rupa, ditambah dengan rumput hijau sejauh mata memandang, tentunya menambah asri pemandangan. 

Pengunjung dapat hanya sekedar melihat pemandangan, berjalan-jalan menyusuri gunung kapur, dan juga mengambil foto berlatar gunung kapur.

Lokasi dari tempat wisata ini sendiri terletak di Rammang Rammang, Salenrang, Bontua, Bontonlempangan, Bontoa, Bontonlempangan, Kec. Bontoa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. 

2.Wisata Alam Kampung Rammang-Rammang

Tempat wisata alam berikutnya juga tak kalah menakjubkan, wisata alam ini berbentuk kampung yang indah. Kampung Rammang-rammang menawarkan latar belakang pemandangan gunung-gunung karst dan juga hamparan sawah serta sungai yang eksotis.

Di tempat Wisata Alam Kampung Rammang-Rammang ini pengunjung juga dapat merasakan sensasi liburan romantis dengan menaiki perahu atau rakit yang ada di sungai Pute sembari menikmati keindahan pemandangan gunung, sawah, dan sungai.  

Kemudian ada satu hal yang tak kalah menarik di kampung ini, yakni adanya kabut di pagi hari yang membuat pemandangan semakin makin cantik. Tempat wisata ini tak jauh dari tempat wisata sebelumnya yakni Karst Maros.

Wisata alam kampung Rammang-rammang ini terletak di Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, letaknya tak jauh dari jalan raya lintas provinsi.

3. Bulu Tombolo

Wisata alam yang berikutnya masih terbilang baru di Maros, yakni Bulu Tombolo yang menyuguhkan pemandangan alam terbuka dari atas ketinggian. Wisata alam ini menyuguhkan panorama alam yang menakjubkan karena pengunjung dapat melihat pemandangan dari ketinggian.

Hamparan bukit dengan rimbunnya pepohonan akan menjadi pemandangan luar biasa yang dapat pengunjung nikmati di tempat wisata di Sulawesi, yakni Bulu Tombolo.

Selain itu ada pula banyak spot foto berlatar belakang pemandangan alam yang asri dan indah yang dapat pengunjung coba, sehingga tidak perlu khawatir akan mengambil spot foto dimana. Bulu Tombolo sendiri terletak di Labuaja, Kec. Cenrana, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. 

4. Taman Kupu-Kupu Bantimurung

Taman kupu-kupu Bantimurung merupakan salah satu tempat wisata alam dengan luas sekitar 43.000 hektar. Dengan luasnya tempat wisata ini disajikan keindahan alam yang masih asri dan menakjubkan. Bagi yang tertarik mencoba wisata alam dengan sensasi berbeda maka Taman kupu-kupu Bantimurung ini adalah pilihan yang tepat.

Pengunjung dapat melihat banyak jenis kupu-kupu yang bahkan sering disebut sebagai kerajaan kupu-kupu dengan latar belakang hutan dan pepohonan tinggi yang menyejukkan dan tentunya masih asri. Bagi pecinta kupu-kupu tempat wisata satu ini adalah pilihan yang tepat.

Di taman kupu-kupu ini juga terdapat jembatan gantung yang lebih memudahkan pengunjung untuk mengamati kupu-kupu dan keindahan alam dengan lebih baik. Tempat wisata ini berlokasi di Dusun Bantimurung, Desa Jenetaesa, Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.  

5. Air Terjun Lacolla

Wisata alam yang berikutnya adalah wisata alam air terjun, yakni air terjun Lacolla. Air terjun ini memiliki bentuk abstrak yang indah, cukup besar dan dikelilingi bentang alam yang menakjubkan. Dengan air yang jernih dan bersih, serta bebatuan yang besar, tempat wisata alam satu ini sangat cocok untuk dijadikan spot foto pengunjung. 

Pengunjung akan merasakan sensasi alam yang masih asri dan udara yang sejuk dengan suara gemericik air terjun. Sangat cocok bagi pengunjung yang ingin melepaskan penat dan lelah dari padatnya kota. Air terjun Lacolla ini berlokasi di Dusun Malaka, Desa Cenrana Baru, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

6. Helena Sky Bridge Bantimurung

Tempat wisata alam berikutnya masih tergolong baru, yakni Helena Sky Bridge Bantimurung. Bagi pengunjung yang tidak takut ketinggian dan menyukai alam maka tempat wisata ini sangat tepat untuk dikunjungi.

Sesuai namanya tempat wisata ini merupakan sebuah jembatan yang seperti di atas langit karena ketinggiannya, di sampingnya terdapat tebing yang indah dengan pepohonan asri dibawahnya. 

Jembatan ini memiliki tinggi mencapai 50 meter, namun pengunjung tidak perlu khawatir karena telah disediakan alat pengaman yang memadai.

Pengunjung dapat merasakan sensasi berjalan di ketinggian dengan pemandangan alam yang indah di bawahnya. Sangat cocok bagi pengunjung yang ingin merasakan berlibur di tempat wisata yang cukup ekstrim.

Tempat wisata Helena Sky Bridge ini merupakan jembatan tertinggi di Kerajaan kupu-kupu. Lokasi tempat wisata ini tepatnya berada di komplek Taman Wisata Bantimurung, Kalabbirang, Kec. Bantimurung, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. 

7. Maros Waterpark

Tempat wisata berikutnya merupakan tempat wisata yang ramah anak, bahkan akan menjadi favorit anak-anak. Selain menyuguhkan wisata alam yang menakjubkan tetapi juga berwisata air di waterpark Maros ini terbilang indah. Tempat wisata ini sangat cocok dijadikan destinasi wisata bersama keluarga. 

Banyak wahana dan permainan air yang dapat dinikmati oleh para pengunjung. Biaya masuk ke Maros Waterpark ini terbilang cukup terjangkau, yaitu hanya sekitar Rp. 25.000 saja. Waterpark ini tepatnya berlokasi di Jl. Poros Maros – Soppeng, Samangki, Kec. Simbang, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

8. Taman Purbakala Sumpang Bita

Selanjutya ada tempat wisata alam yang selain menyuguhkan keindahan alam juga dapat menjadi sarana belajar sejarah, yakni Taman Purbakala Sumpang Bita.

Wisata alam ini menyajikan bentang alam berupa bebatuan abstrak yang unik, dengan rumput dan pepohonan yang menambah suasana asri, apalagi jika pengunjung datang ketika cuaca cerah maka akan sangat menakjubkan untuk dijadikan spot foto. 

Bagi pengunjung yang ingin berlibur ke tempat wisata alam sembari berjalan-jalan, maka tempat wisata ini adalah pilihan yang tepat. Taman Purbakala Sumpang Bita berlokasi di Balocci Baru, Kec. Balocci, Kabupaten Pangkajene Dan Kepulauan, Sulawesi Selatan.  

9. Pantai Kuri Maros

Tempat wisata yang berikutnya adalah pantai, yakni Pantai Kuri Maros. Pantai sudah menjadi tempat wisata alam favorit pengunjung untuk melepas penat maupun hanya sekedar menikmati pemandangan dan bermain air. Di pinggir pantai terdapat bebatuan yang menambah indah pemandangan.

Apalagi jika pengunjung datang ketika matahari terbenam atau ketika matahari terbit, maka pengunjung akan mendapatkan pemandangan pantai yang luar biasa. Tempat wisata satu ini terletak di Dusun Kuri Caddi, Desa Nisombalia, Kecamatan Marusu, Maros, Sulawesi Selatan.

10. Danau Kassi Kebo

Tempat wisata selanjutnya yang cocok bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan pemandangan alam adalah Danau Kassi Kebo. Pengunjung akan disuguhkan hamparan danau yang berwarna hijau tosca yang dikelilingi pepohonan rindang.

Namun sayangnya tidak diperbolehkan untuk mandi di dalam danau tersebut, dikarenakan danau terlalu dalam. Namun tidak perlu khawatir, pengunjung tetap bisa menikmati pemandangan danau tersebut dengan cukup mengagumi keindahan danau dari pinggir danau. 

Letak dari Danau Kassi Kebo tak jauh dari Air Terjun Bantimurung, pengunjung dapat menempuh lewat jalan setapak dan ratusan anak tangga dengan pepohonan rindang di tiap sisinya. Lokasi danau ini tepatnya berada di Dusun Bantimurung, Desa Jenetaesa, Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Menghabiskan waktu liburan di tempat wisata alam memang menjadi pilihan yang tepat, selain untuk menghilangkan penat, pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam yang menenangkan. Sehingga akan mengembalikan kesegaran tubuh dan lepaskan beban pikiran negatif.

Di Maros sulawesi selatan terdapat berbagai wisata alam yang dapat pengunjung kunjungi untuk menghabiskan liburan bersama keluarga, teman, atau bahkan sendiri.

Avatar

Redaksi Kece

Hibur adalah portal berita yang bisa menghibur dan menjadi wawasan serta tempat mencari informasi terupdate

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA