Home Travel Pesona Candi Jabung – Candi Peninggalan Kerajaan Majapahit

Pesona Candi Jabung – Candi Peninggalan Kerajaan Majapahit

73
0

Kabupaten Probolinggo memang terkenal dengan wisata alamnya yang sangat mengesankan yang mana salah satunya adalah Gunung Bromo, akan tetapi Probolinggo tidak hanya memiliki lokasi wisata alam saja. Kabupaten Probolinggo juga memiliki lokasi wisata berupa situs bersejarah yang berasal dari peninggalan dari Kerajaan Majapahit dan sudah berusia hingga ratusan tahun.

Sumber Gambar: Google Maps @Mohammad Setya Adi

Lokasi wisata yang kami maksud adalah Candi Jabung, sebuah candi yang masih berdiri kokoh hingga saat ini dan menjadi salah satu daya tarik tambahan dari Kabupaten Probolinggo. Lokasi wisata Candi Jabung ini sendiri memiliki pesona dan daya tarik yang tentu berbeda dengan candi – candi lainnya, akan tetapi justru itulah yang membuat lokasi wisata ini cukup digemari.

– Advertisement –
From Korea With Love Concert

Di bawah ini kami akan memberikan kalian informasi mengenai apa saja pesona dan daya tarik yang ditawarkan oleh lokasi wisata Candi Jabung ini sehingga kalian betah untuk berlama – lama berada di Candi Jabung ini. Penasaran? Kalau begitu ikuti dan simak ulasan kami di bawah ini hingga tuntas untuk mendapatkan gambaran mengenai seberapa menyenangkannya berlibur di sini.

Sekilas Mengenai Arsitektur Candi Jabung

Sumber Gambar: Google Maps @ Eko Gumoonk

Jika kalian mengunjungi Candi Jabung maka kalian akan melihat sebuah candi yang dibuat sepenuhnya dengan bata merah, dan kalian juga akan menemukan berbagai macam relief – relief pada bagian samping dari candi. Untuk ukuran dari Candi Jabung ini sendiri memiliki Panjang candi mencapai 13,11 meter, Lebar 9,58 meter dan juga dengan Tingginya yang mencapai setinggi 15,58 meter.

Bagian atap dari Candi Jabung ini sendiri berbentuk sebuah Stupa yang dengan bagian kaki candi berbentuk persegi yang berjumlah sebanyak tiga buah dan terletak pada setiap sisi dari Candi Jabung ini. Secara keseluruhan Candi Jabung ini memiliki bangunan berbentuk silindris dan posisinya sendiri menghadap ke arah Barat, hal ini terlihat karena bilik pintu yang berada pada sisi Barat.

Untuk reliefnya sendiri kalian akan menemukan cukup banyak relief – relief yang menggambarkan tentang cerita dari Candi Jabung ini sendiri, reliefnya sendiri didominasi dengan unsur manusia, pepohonan dan juga rumah.

Sejarah Singkat Candi Jabung

Sumber Gambar: Google Maps @ Doyo Pambudi

Candi Jabung ini sendiri berdiri pada tahun 1354 Masehi, yang mana menurut dari sebuah kitab bernama Kitab Pararaton jika Candi Jabung ini sendiri merupakan tempat suci dan pembangunannya sendiri sampai melibatkan empat orang bidadari. Empat bidadari tersebut bernama Nawang Wulan, Nawang Sari, Nawang Sukma dan juga Nawang Sito yang mana keempatnya memang berasal dari Khayangan.

Candi Jabung ini sendiri merupakan tempat singgah dan juga penyekaran dari Raja Hayam Wuruk yang sering mengunjunginya pada tahun 1359 Masehi, selain itu juga Candi Jabung ini diyakini sebagai tempat penyembahan Dewa Siwa.

Menjadi Tempat Penyelenggaraan Berbagai Acara Budaya

Sumber Gambar: Google Maps @ Agusoye cahayaPro

Candi Jabung ini sendiri berada di lokasi yang cukup strategis, dengan jaraknya yang cukup dekat dengan Kecamatan Kraksaan yang hanya sekitar lima kilometer saja dan juga tidak terlalu jauh dengan jalur Pantura membuatnya lokasi yang dipilih untuk melakukan pagelaran budaya. Jika kalian ingin menikmati berbagai acara budaya yang diselenggarakan di Candi Jabung, kalian dapat mengunjunginya ketika hari libur Nasional karena disaat itu akan ada banyak sekali event – event yang diselenggarakan.

Akan ada banyak sekali acara budaya yang diselenggarakan di sini mulai dari musik tradisional hingga pagelaran seni tari yang rasanya tidak boleh kalian lewatkan ketika kalian sedang berada di Kabupaten Probolinggo ini.

Berburu Foto Di Candi Jabung

Sumber Gambar: pesonajatim.com

Di saat mengunjungi sebuah lokasi wisata dengan pemandangan candi yang kokoh dan unik, rasanya akan sangat sayang sekali jika kalian tidak mengabadikannya dalam bentuk foto maupun video. Salah satu spot wajib yang perlu kalian gunakan sebagai latar kalian tentu saja adalah Candi Jabung itu sendiri dan juga ada pohon Maja yang mana merupakan cikal bakal nama dari Kerajaan Majapahit ini.

Tentu saja masih ada banyak lagi spot – spot foto lainnya, karena pada dasarnya Candi Jabung ini sendiri memiliki pemandangan yang sangat indah.

Lokasi dan Alamat Candi Jabung

 Jika kalian sedang berada di Probolinggo dan tertarik untuk menghabiskan waktu kalian di Candi Jabung, kalian dapat mengunjungi lokasinya yang berada di Dusun Candi, Jabung Candi, Paiton, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur.

Previous articleTidak Hanya Ranu Kumbolo, Lumajang Juga Punya Ranu Bedali
Next articleEmiten Artis Cantik Wulan Guritno (LUCY) Mau Ekspansi Bermodal Utang dari BCA Rp50 Miliar
Hibur adalah portal berita yang bisa menghibur dan menjadi wawasan serta tempat mencari informasi terupdate

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here