Home Masakan Cara Membuat Masakan Anak Lebih Praktis dan Bebas Ribet

Cara Membuat Masakan Anak Lebih Praktis dan Bebas Ribet

81
0

Kamu sering kebingungan bagaimana cara membuat masakan anak jadi lebih mudah dan nggak makan waktu lama di dapur? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar memasak untuk anak jadi lebih mudah dan tak selalu merepotkan. Dimulai dari membuat bahan pre-cooked, menyediakan lauk stok, hingga menyediakan bahan-bahan yang umur simpannya panjang untuk cadangan di dapur. Supaya lebih jelas, simak artikel ini, yuk!

Tips dan Cara Membuat Masakan Anak Lebih Praktis

Agar tak selalu terpaksa memesan dari restoran fast food dan membeli hidangan siap santap lewat ojek online karena tak sempat memasak, kamu bisa melakukan beberapa persiapan bahan makanan setengah jadi di akhir pekan. Fungsinya adalah untuk memangkas durasi memasak sehingga tak perlu lagi mempersiapkan bahan mentah dari nol karena sebagian bahan sudah diolah atau bahkan hanya tinggal dipanaskan saja.

1. Buat bumbu dasar

Semangkuk isi bumbu dasar putih.
Sedia selalu bumbu dasar, salah satu tips dan cara membuat masakan jadi lebih mudah. (Foto: Shutterstock)

Biasakan untuk selalu menyediakan bumbu sederhana dalam kulkas agar tak selalu memulainya dengan mengupas bumbu atau mencincang, hingga menghaluskan. Padukan bawang putih dan bawang merah yang dihaluskan bersama minyak dalam kulkas. Gunakan rasio 1:2 untuk bawang putih dan bawang merah bila sering memasak hidangan simpel seperti nasi goreng, sup, mi goreng, semur. Blender bersama minyak untuk membuat bumbu tidak berubah warna. Bila lebih sering menggunakan bawang bombay, subtitusi bawang bombay dengan rasio yang sama dengan bawang merah. Bumbu halus ini juga dapat ditumis lebih dulu sebelum disimpan dalam kulkas. Saat akan memasak hidangan sayur seperti sup, nasi goreng, atau mi goreng, kamu hanya tinggal menyendokkan ke dalam masakan sesuai kebutuhan. Buat juga variasi bumbu dasar putih dan bumbu dasar kuning untuk membuat masakan seperti soto, semur, opor, gulai, dan kari jadi lebih praktis.

2. Racik kaldu daging siap pakai

Saatnya memaksimalkan slow cooker yang ada di dapur dengan menyediakan kaldu daging siap pakai. Kaldu siap pakai ini bisa digunakan untuk memasak berbagai variasi sup, soto, mi kuah, atau hidangan tumis seperti cap cay, tumis kangkung, atau tumis jamur. Masukkan semua bahan kaldu daging ke dalam slow cooker, dan masak semalaman menggunakan temperatur rendah dan esok paginya kaldu siap diolah bersama sayuran, kacang-kacangan, atau bahan lain dengan tambahan Royco Kaldu Ayam Spesial dan Royco Kaldu Jamur. Kedua jenis bumbu kaldu dari Royco ini cocok disajikan untuk masakan anak-anak dan bahkan untuk menu MPASI.

3. Siapkan lauk atau camilan  frozen food

Nugget dicetak dinosaurus.
Siap sedia homemade frozen food untuk lauk cadangan saat sedang sibuk. (Foto: Shutterstock)

Buat berbagai pilihan hidangan frozen food untuk persediaan lauk yang siap dimasak dengan cara digoreng, pan fried (digoreng dengan minyak sedikit), atau kukus. Misalnya chicken egg roll, bakso, nugget, siomay, atau meatloaf. Untuk membuat berbagai menu frozen food yang membutuhkan proses mencincang bahan utama seperti bakso, nugget, siomay, dan lainnya, gunakan bantuan chopper atau food processor yang akan bikin proses memasak jadi lebih mudah.

4. Sayuran beku untuk menu praktis

Sering tak sempat memasak sayuran untuk bekal anak? Membuat persediaan sayuran beku dalam freezer bisa jadi salah satu solusi. Wortel, buncis, kacang polong, kapri, jamur hioko, brokoli, dan kembang kol adalah beberapa contoh sayuran yang bisa dibekukan dalam freezer. Potong-potong sayuran, kemudian rebus sayuran hingga hampir matang, keluarkan dari air mendidih dan segera rendam dalam air es untuk menghentikan proses pematangan dan membuat warna sayuran tetap cerah. Tiriskan dan bekukan dalam freezer. Sayuran kemudian siap diolah dalam hidangan sup, ditumis, atau dikukus sebelum disantap.

5. Siapkan bahan makanan kering kala tak sempat belanja

Masakan tanpa minyak seperti resep sup kacang merah iga sapi disajikan.
Sup Iga Kacang Merah dari kacang merah kering dan kaldu daging. (Foto: Shutterstock)

Untuk menyiasati kehabisan bahan sebelum berbelanja, selalu sediakan bahan makanan kering atau bahan masakan yang tahan lama. Misalnya kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang hijau, dan kacang tanah. Untuk menu karbohidrat, kamu bisa berbelanja bihun, pasta, suun, hingga mi telur. Sediakan bahan-bahan kering ini di dapur dan kamu takkan kehabisan ide bila tiba-tiba kehabisan bahan di kulkas. Memasak juga jadi lebih singkat karena tak perlu berbelanja terlebih dahulu.

6. Manfaatkan bahan sisa untuk menu baru yang lebih praktis

Nasi sisa, roti sisa, sayuran, atau lauk sisa bisa diolah menjadi masakan baru dengan proses memasak yang lebih singkat. Misalnya untuk nasi sisa bisa kamu olah menjadi bubur ayam, nasi tim, nasi goreng, cireng nasi, atau kroket nasi. Roti tawar yang tak habis disantap sarapan bisa kamu oleh menjadi camilan seperti sandwich, roti goreng, dan corn dog. Untuk lauk sisa bisa kamu tumis beserta bumbunya menjadi nasi atau mi goreng. Bebas ribet, kan?

Nah, mana yang paling mudah untuk dipraktikkan saat ini agar cara membuat masakan anak jadi lebih praktis? Yuk, coba praktikkan satu demi satu tips dan cara membuat masakan anak ini agar menyiapkan menu harian dan bekal anak jadi lebih mudah!

Previous article5 Potret Terbaru Putri Bill Gates & Suami Atlet Mesir, Penampilan Tetap Simpel
Next articleMax Verstappen juara balapan F1 GP Belgia 2022
Hibur adalah portal berita yang bisa menghibur dan menjadi wawasan serta tempat mencari informasi terupdate

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here