Home Masakan Cara Membuat Ayam Bakar Taliwang Khas Nusa Tenggara Barat

Cara Membuat Ayam Bakar Taliwang Khas Nusa Tenggara Barat

78
0

Olahan ayam bakar dari daerah Taliwang, Sumbawa Barat, NTB ini pertama kali di populerkan di pulau Lombok, sehingga banyak yang mengira ayam taliwang berasal dari Lombok. Dengan perpaduan rasa pedas, manis dan gurih dalam satu hidangan ini membuat semua orang yang pernah mencobanya tidak akan bisa lupa.

Masakan ayam taliwang yang biasanya dihidangkan dengan plecing kangkung ini memililki rasa pedas yang khas karena adanya kencur sebagai rempah yang wajib ada saat memasak ayam taliwang. Proses mengolah yang cukup sederhana membuat ayam taliwang menjadi salah satu menu pilihan untuk di masak dirumah.

Anda pasti bisa kok membuatnya dirumah sendiri tanpa harus repot-repot mencari restoran yang menjual ayam taliwang. Apalagi dengan bantuan resep kali ini, dijamin masakan ayam taliwang buatan Anda akan membuat siapa saja yang mencicipinya akan ketagihan.

Proses marinasi ayam

Untuk membuat hidangan ayam taliwang Kita menggunakan ayam kampung muda utuh yang dibelah memanjang dari kepala sampai ekor, buang semua isi perut dan bersihkan lalu lebarkan ayam dengan ditusuk dari bagian sayap ke sayap lainnya agar mudah untuk di panggang nantinya. Ayam perlu di marinasi sebentar untuk menghilangkan bau anyir yang sering tidak disukai orang dan juga menambah aroma khas taliwang saat di panggang nanti.

bahan- bahan marinasi :

  •  Kunyit bubuk 1/2 sdt
  •  Garam 1/2 sdt
  •  Air putih 4 sdm
  • Jeruk limau 2 buah

Langkah marinasi :

Campurkan semua bahan marinasi kedalam wadah kecil seperti mangkok tambahkan perasan jeruk limau lalu aduk-aduk agar tercampur rata, kemudian oleskan ke seluruh bagian ayam yang sudah bersih dan di lebarkan secara merata menggunakan kuas. Diamkan selama 5-10 menit untuk menghilangkan bau anyir yang sering keluar dari daging ayam.

Previous article7 Fakta Putri Candrawathi, Istri Ferdy Sambo yang jadi Tersangka Pembunuhan Brigadir J
Next articlePresiden Jokowi Dorong Tesla Bangun Ekosistem Mobil Listrik di Indonesia
Hibur adalah portal berita yang bisa menghibur dan menjadi wawasan serta tempat mencari informasi terupdate

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here