x

Bumi Perkemahan Gunung Puntang Yang Dulunya Bekas Lokasi Radio Terbesar Di Asia Tenggara

4 minutes reading
Wednesday, 9 Feb 2022 12:17 0 655 Redaksi Kece

Kota Bandung memang sangat terkenal dengan wisata alamnya sehingga tidak aneh jika Kota Bandung dikunjungi para wisatawan yang senang dengan kegiatan berkemah yang memang dekat dengan wisata alam. Jika kalian senang berkemah rasanya kalian bisa mencoba untuk berkemah di Gunung Puntang yang merupakan salah satu camping ground yang memiliki nilai sejarah dan juga salah satu camping ground yang cukup digemari.

Gunung Puntang ini dikenal karena dulunya merupakan salah satu yang dibuat menjadi sebuah stasiun Radio terbesar di Asia Tenggara yang sinyalnya bahkan dapat terdengar hingga ke Belanda. Stasiun radio tersebut diberi nama Malabar sebuah stasiun radio yang dibangun pada 1923 oleh dr. De Groot pada zaman pemerintahan Hindia – Belanda yang cukup terkenal pada masa itu.

Stasiun radio ini memiliki antena pemancar yang memiliki panjang yang luar biasa yaitu mencapai dua kilometer yang membentang dari Malabar hingga Halimun dengan ketinggian mulai dari dasar lembah hingga mencapai 500 meter. Pemancar tersebut sendiri merupakan pemancar yang dibuat oleh perusahan Jerman bernama Telefunken yang memberikan daya sebesar 3,5 megawatt.

Selain sebagai radio pemancar tersebut juga digunakan sebagai alat komunikasi dengan pihak Belanda langsung yang memiliki jarak yang sangat jauh yaitu sekitar 12.000 kilometer dan berada sekitar 1,200 di atas permukaan laut. Tentu saja camping ground ini terkenal bukan hanya karena sejarahnya saja akan tetapi memang memiliki pesona yang tidak dapat ditolak oleh banyak orang.

Camping ground ini sendiri juga sudah memiliki banyak fasilitas yang lengkap sehingga kalian dapat berkemah dengan tenang dan tentu saja nyaman menggunakan fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola. Buat kalian yang penasaran ikuti dan simak terus ulasan kami di bawah ini ya.

Lokasi Dan Alamat Bumi Perkemahan Gunung Puntang

Bumi Perkemahan Gunung Puntang ini sendiri beralamat di Desa Puntang, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat yang sudah dapat kalian capai menggunakan kendaraan pribadi. Jika kalian memulai perjalanan dari Kota Bandung kalian cukup menempuh perjalanan dengan jarak sejauh 29 kilometer melalui jalur Jalan Raya Banjaran dengan jarak tempuh kurang dari dua jam.

Lokasi ini juga sudah cukup mudah untuk kalian akses menggunakan kendaraan pribadi roda dua maupun kendaraan roda empat dan jika kalian bingung maka kalian bisa menggunakan bantuan aplikasi Google Maps atau aplikasi sejenisnya. Dan jika kalian tidak mau repot kalian bisa menyewa jasa driver yang memang sudah biasa membawa pengunjung untuk berkunjung ke lokasi Bumi Perkemahan Gunung Puntang.

Fasilitas Dari Gunung Puntang

Fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola Bumi Perkemahan Gunung Puntang ini sendiri sudah sangat lengkap sehingga kalian tidak perlu takut ketika memutuskan untuk menghabiskan waktu liburan kalian di sini. Fasilitas penting yang perlu kalian catat ketika kalian mengunjungi lokasi Bumi Perkemahan Gunung Puntang ini adalah antara lain :

Area Camping Ground

Sumber : tourbandung.id

Namanya saja Bumi Perkemahan tentu saja menyediakan camping ground area yang bisa kalian gunakan untuk berkemah tentu saja dan area berkemah yang disediakan oleh pengelola cukup luas dan juga dengan harga yang sangat terjangkau. Dengan suhunya yang sangat sejuk membuat suasananya sangat mendukung buat kalian yang ingin melakukan kemah di sini apalagi Gunung Puntang ini juga cukup tinggi.

Dengan puncak tertinggi mencapai ketinggian 2.222 mdpl membuat suhunya cukup sejuk dengan suhu antara 18 derajat celcius hingga 23 celcius yang tidak mengherankan kenapa Bumi Perkemahan ini cukup digemari.

Penginapan Lainnya

Sumber : tripadvisor.com

Selain berkemah di Bumi Perkemahan Gunung Puntang juga menyediakan penginapan lainnya buat kalian yang tidak ingin menghabiskan malam di tenda dan rela mengeluarkan dana lebih untuk kenyamanan tambahan. Penginapan di Bumi Perkemahan Gunung Puntang ini sendiri memiliki konsep villa berbentuk pondok penginapan yang sebenarnya cukup terjangkau harganya.

Jadi buat kalian yang memang tidak ingin berkemah ketika kalian mengunjungi Bumi Perkemahan Gunung Puntang ini memiliki pilihan lain yang dapat kalian pilih sehingga kalian tidak perlu menghabiskan malam di tenda.

Fasilitas Pendukung Lainnya

Sumber : Google Maps @Rara Rahayu

Di lokasi ini juga kalian sudah dilengkapi dengan fasilitas pendukung yang cukup lengkap mulai dari toilet yang bersih hingga area parkir yang cukup luas sehingga kalian dapat dengan tenang meninggalkan kendaraan pribadi kalian. Buat teman – teman yang beragama Islam tersedia juga Mushola yang dapat kalian gunakan untuk menunaikan ibadah kalian.

Avatar

Redaksi Kece

Hibur adalah portal berita yang bisa menghibur dan menjadi wawasan serta tempat mencari informasi terupdate

LAINNYA
x
x