Air Terjun Colek Pamor, Nikmati Keindahan Ditengah Belantara

4 minutes reading
Thursday, 14 Apr 2022 15:48 0 459 Redaksi Kece

Air Terjun Colek Pamor merupakan salah satu destinasi wisata air di Bali yang kerap kali disebut sebagai ‘Air Terjun Gitgit 2’. Selain itu, objek wisata yang berda di daerah Buleleng ini juga disebut sebagai ‘Surga Air Terjun di Bali yang Tersembunyi’.

Mengapa Air Terjun tersebut memiliki dua julukan sekaligus? Semua informasi akan dibahas pada penjelasan berikut.

Daya Tarik Wisata Air Terjun Colek Pamor

Sumber Gambar: Google Maps @Gianni Volpe

Selain Air Terjun Colek Pamor daerah Buleleng juga memiliki beberapa Air Terjun lainnya yang lebih populer daripada objek wisata ini. Maka dari itu, tidak heran jika destinasi wisata ini memiliki julukan sebagai ‘Surga Air Terjun di Bali yang Tersembunyi’. Selain itu, alasan lain yang membuat objek wisata ini kalah pamor, sebab lokasinya berada di dalam hutan yang sangat lebat dan alami.

Karena tempatnya yang jarang tersentuh oleh tangan wisatawan, tidak heran jika hal itu menjadi daya tarik tersendiri untuk Air Terjun ini. Bahkan, Colek Pamor Waterfall menjadi destinasi wisata favourite bagi para wisatawan yang menyukai tempat baru dan masih perawan.

Lokasi Air Terjun

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Air Terjun ini memiliki dua sebutan, salah satunya ialah Air Terjun Gitgit 2. Tahukah kamu apa alasannya? Sebab, lokasi Air Terjun ini berada di Desa Gitgit, Kec. Sukasada, Kab. Buleleng, Prov. Bali, Indonesia.

Sedangkan Desa Gitgit sendiri memiliki sebuah objek wisata air bernama ‘Air Terjun Gitgit’. Jadi tidak heran, jika Colek Pamor Waterfall disebut sebagai Air Terjun Gitgit 2.

Cara Menuju Ke Lokasi Air Terjun

Sumber Gambar: Google Maps @Imam Gozali

Tidak semua masyarakat Desa Gitgit mengetahui rute menuju lokasi Air Terjun ini. Maka dari itu, jika kamu berada di Desa Gigit, silakan untuk mengikuti rute yang ditunjukkan oleh Goggle Maps.

Lalu bagaimana jika para wisatawan berasal dari luar Desa Gitgit? Jika begitu, kamu bisa mengikuti beberapa rute lainnya. Bagi kamu yang datang dari daerah Denpasar, Bali untuk mencapai Air Terjun ini memerlukan waktu selama 2 jam 30 menit.

Sementara, jika kamu berada di kawasan Danau Beratan, jarak yang perlu ditempuh sejauh 16 KM. Terakhir, jika diakses melalui hotel disekitar Bandara Internasional Ngurah Rai jarak yang ditempuh sejauh 70 KM.

Setelah sampai pintu masuk Air Terjun, kamu harus kembali berjalan sejauh 500 meter ke dalam hutan. Sebenarnya, jika kamu mengetahui lokasi dari Air Terjun Gitgit, menemukan Colek Pamor Waterfall bukanlah hal yang susah. Sebab, Colek Pamor Waterfall berada di sebelah selatan Air Terjun Gitgit.

Jika kamu membawa kendaraan pribadi, silakan untuk memarkirkannya di tempat parkir yang sudah disediakan. Di mana tempat parkir tersebut berjarak 100 meter dari Colek Pamor Waterfall. Lokasi tempat parkir berada pada tikungan pertama yang terdapat papan nama ‘Air Terjun Colek Pamor’.

Fasilitas Yang Tersedia Di Colek Pamor

Sumber Gambar: Google Maps @Made Lenes

Air Terjun Colek Pamor belum dikelola secara resmi sehingga masaah keamanan dan kenyamanan masih terbatas.

Namun, warga sekitar menyediakan beberapa fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh para wisatawan. Berikut fasilitas yang tersedia di Colek Pamor Waterfall!

  • Jika kamu membawa kendaraan pribadi, silakan untuk meletakkannya di tempat parkir yang sudah disediakan supaya kamu lebih nyaman saat menyusuri jalan ke lokasi.
  • Bagi kamu yang tidak membawa bekal untuk makan siang, tenang saja destinasi wisata ini menyediakan warung makan seperti Café ala Bali.
  • Destinasi wisata ini juga menyediakan penginapan yang sangat terbatas jumlahnya. Jadi, pastikan kamu memesan penginapan beberapa hari sebelumnya supaya bisa mendapat tempat.

Tips Saat Berkunjung

Sebelum mengunjungi Air Terjun di daerah Buleleng ini, kamu harus memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu. Salah satunya ialah menggunakan pakaian dan sepatu yang tepat. Sebab, rute menuju lokasi masih alami, sehingga jika kamu datang saat musim hujan rute jalan akan sangat sulit dilewati.

Selain itu, kamu juga harus mempersipkan bekal dan air minum dari rumah, sebab di sekitar Air Terjun tidak ada pedagang satupun.

Tempat makan yang disediakan oleh objek wisata ini berada di daerah pemukiman warga. Terakhir, jika kamu tidak ingin berjalan kaki ke tempat wisata ini, gunakanlah kendaraan yang tepat.

Avatar

Redaksi Kece

Hibur adalah portal berita yang bisa menghibur dan menjadi wawasan serta tempat mencari informasi terupdate

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA