Home Travel 8 Tempat Bersejarah di Mekkah Terbaik

8 Tempat Bersejarah di Mekkah Terbaik

649
0

Liburan tak hanya sekadar untuk bersenang-senang saja. Bagi umat muslim, Arab Saudi adalah destinasi yang wajib untuk dikunjungi jika ingin mendekatkan diri kepada Allah dengan menunaikan ibadah haji dan umroh.

Arah Saudi yang menjadi salah satu wisata halal terbaik di dunia ini punya ragam tempat menarik yang recommended untuk dikunjungi. Hampir semua objek wisata di Arab Saudi erat kaitannya dengan sejarah agama Islam.

Bertandang ke Arab Saudi tentu Mekkah menjadi tujuan utama mayoritas wisatawan karena di sinilah Anda akan menjumpai tempat-tempat wisata bersejarah yang kental akan unsur religi.

Ingin mengeksplor Kota Mekkah sebagai bagian dari ibadah Anda di tanah suci, tempat bersejarah di Mekkah di bawah ini tak boleh Anda lewatkan. Let’s check these out!

1. Perpustakaan Mekkah Al-Mukarramah

Umat muslim tentu tak asing dengan Mekkah, kota suci di Saudi Arabia yang menjadi saksi perkembangan agama Islam di dunia.

Saat menjalani ibadah haji dan umrah yang merupakan salah satu rukun islam, mengunjungi ragam tempat wisata yang berkaitan erat dengan Islam tentu menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu. Ada banyak sekali tempat wisata religi menarik di kota ini.

Rekomendasi tempat bersejarah di Mekkah pertama yang kami rekomendasikan datang dari Perpustakaan Mekkah Al-Mukarramah.

Bukan perpustakaan biasa, Perpustakaan Mekkah Al-Mukarramah yang terletak di dekat Masjidil Haram ini dulunya merupakan rumah Nabi Muhammad SAW. Inilah yang membuat Perpustakaan Mekkah Al-Mukarramah menjadi satu dari sekian banyak tempat wisata Ramadhan di luar negeri yang menarik.

2. Gunung Abu Qubays

Menjadi dambaan umat muslim, Mekkah tak pernah sepi oleh wisatawan yang ingin mengenal lebih jauh Islam beserta sejarahnya.

Dari banyaknya objek wisata bersejarah di Arab Saudi tepatnya Kota Mekkah yang sama indahnya dengan tempat wisata di Dubai, nama Gunung Abu Qubays menjadi salah satu yang wajib untuk Anda kunjungi.

Menyimpan nilai sejarah yang menarik, Gunung Abu Qubays dipercaya merupakan gunung pertama ciptaan Allah yang ada di muka bumi.

Lebih lanjut, Gunung Abu Qubays juga menjadi saksi mukjizat Allah dimana Nabi Muhammad SAW kala itu berdiri untuk membelah bulan yang membentang di Kota Mekkah.

3. Menara Abraj Al-Bait

Jika Dubai memiliki Burj Khalifa yang menjadi tempat wisata terpopuler di Dubai, di Kota Mekkah Anda juga bisa menyaksikan keindahan arsitektur ini lewat Menara Abraj Al-Bait.

Menjadi salah satu landmark Kota Mekkah, Menara Abraj Al-Bait yang terletak di kawasan Masjidil Haram ini memiliki ketinggian 601 meter dengan total 120 lantai yang membuatnya tinggi menjulang, menawarkan pemandangan memukau Kota Mekkah dari ketinggian.

Yang semakin membuat Menara Abraj Al-Bait ini menarik adalah di tempat ini Anda bisa mempelajari metode penentuan waktu dan alam semesta seperti matahari, bulan, dan bumi. Dengan kata lain, selain bersejarah, Menara Abraj Al-Bait juga layak untuk dijadikan spot wisata edukasi.

4. Kawah Al Wahbah

Mekkah identik dengan panorama alamnya yang memukau. Layak untuk menjadi bagian dari negara dengan wisata alam terbaik, pemberhentian selanjutnya bagi Anda yang tertarik untuk mengenal sejarah Islam di kota ini adalah dengan mengunjungi Kawah Al Wahbah.

Kawah Al Wahbah merupakan area yang menjadi sisa-sisa aktivitas vulkanik dimana ia dikelilingi tebing setinggi 850 kaki dengan pohon palem di sana-sini.

Kawah Al Wahbah menjadi tempat wisata yang menjadi andalan para turis yang tengah berada di Mekkah. Panorama alam yang menakjubkan bisa Anda nikmati di kawah ini yang sarat akan nilai sejarah Islam.

Ada fakta menarik terkait Kawah Al Wahbah ini dimana ia dipercaya sebagai simbol atas dua gunung yang saling dicintai. Dari sinilah, kawah terbentuk.

5. Mecca Museum

Tak hanya menawarkan objek wisata alam yang memukau, Mekkah juga terkenal akan bangunan-bangunan megahnya yang melekat dengan agama Islam.

Rekomendasi berikutnya yang bisa Anda jadikan referensi adalah Mecca Museum, bangunan megah yang menjadi tempat disimpan dan dijaganya arkeologi penting Arab Saudi.

Di tempat ini Anda bisa mempelajari sejarah Mekkah sebelum datangnya agama Islam hingga perkembangannya lewat ragam pameran yang ditampilkan.

Mecca Museum juga menjadi tempat diletakkannya salinan asli naskah Al-Quran. Inilah yang membuatnya pantang untuk dilewatkan.

6. Museum Abdul Raouf Khalil

Bukan hanya satu, ada beberapa tempat wisata di Mekkah yang bisa Anda eksplor jika ingin mengenal secara mendalam perkembangan Islam di kota tersebut.

Adalah Museum Abdul Raouf Khalil, alternatif selanjutnya bagi Anda para penyuka tempat-tempat wisata bersejarah khususnya yang ada di Kota Mekkah.

Museum Abdul Raouf Khalil merupakan museum tertua Kota Mekkah yang masih berdiri kokoh hingga saat ini. Keaslian bangunnya masih terus dijaga yang membuat museum ini memiliki nilai sejarah begitu tinggi.

Di dalamnya, Anda bisa mempelajari perkembangan Kota Mekkah sejak 2.500 tahun silam hingga akhirnya beralih ke perabadan modern. Yakin mau melewatkannya?

7. Al-Rahma Mosque

Sebagai kota dimana agama Islam pertama kali berkembang, tentu tempat ibadah menjadi salah satu spot yang tak boleh dilewatkan jika tengah berada di Mekkah.

Berikutnya, silakan masukkan nama Al-Rahma Mosque atau Masjid Al-Rahma ke dalam agenda perjalanan wisata sejarah Anda.

Dibangun pada tahun 1985, Al-Rahma Mosque adalah masjid terapung yang luar biasa cantik. Ia berdiri di atas laut dengan gaya arsitektur yang memadukan konsep lama dan konsep modern.

Waktu paling tepat untuk singgah ke Al-Rahma Mosque adalah saat petang dimana Anda bisa menikmati panorama matahari tenggelam Laut Merah dari masjid ini.

8. Zee Towa Well

Terakhir, ada Zee Towa Well yang punya nilai sejarah yang menarik untuk ditelusuri sekaligus dikunjungi secara langsung.

Dikatakan sebagai sumur suci, Zee Towa Well yang sudah ada sejak 1.400 tahun silam ini menjadi tempat singgah Nabi Muhammad SAW yang kala itu ingin mengambil alih Kota Mekkah. Sejarah juga mengatakan jika Abdullah bin Umar pernah singgah di Zee Towa Well ini.

Hingga saat ini Zee Towa Well masih terus dikunjungi wisatawan yang ingin meminum air langsung dari mata air Zee Towa Well.

Itu dia tempat bersejarah di Mekkah rekomendasi kami. Happy Holiday!

Hibur

Hibur adalah portal berita yang bisa menghibur dan menjadi wawasan serta tempat mencari informasi terupdate

Previous articleReview Kuliner Pontianak Rumah Makan Iin
Next articleNikmatnya Iga Bakar Di Warung Nikmat Ibu Eka
Hibur adalah portal berita yang bisa menghibur dan menjadi wawasan serta tempat mencari informasi terupdate

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here