8 Universitas Korea yang Sering Jadi Lokasi Syuting

5 minutes reading
Monday, 17 Jan 2022 23:41 0 687 Redaksi Kece

Tahukah Anda jika ada banyak universitas Korea yang sering jadi lokasi syuting? Ya, Negara dengan sebutan Negeri Gingseng ini terkenal akan industri hiburannya yang maju pesat, termasuk produksi serial drama yang sukses mendunia.

Drama Korea punya banyak penggemar di banyak belahan dunia. Demam Kpop juga melanda tanah air. Terbukti, setiap produksi drama Korea terbaru selalu dinanti-nantikan kehadirannya.

Produksi serial buatan Korea Selatan dikenal tak main-main. Selain plot yang apik dengan pemeran handal, Drama Korea seringkali menggunakan bangunan-bangunan ikonik yang dijadikan sebagai lokasi syuting. Universitas adalah contohnya, dimana biasanya, gedung kampus menjadi latar yang sempurna untuk drama bertema sekolah.

Mau tahu Universitas Korea mana saja yang sering jadi lokasi syuting drama Korea terpopuler? Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Seoul Campus

Lokasi syuting drama bisa Anda jadikan referensi jika bosan dengan tempat wisata di Korea Selatan yang itu-itu saja. Dari banyaknya lokasi syuting, gedung kampus adalah salah satu yang paling menarik untuk dituju.

Pertama, ada Seoul Campus yang sesuai namanya, merupakan universitas yang berada di Kota Seoul. Kampus ini seringkali dijadikan lokasi pengambilan gambar drama-drama Korea populer seperti About Time (2018).

Keindahan arsitektur bangunan bergaya kerajaan menjadi alasan mengapa banyak produksi drama yang menjadikan Seoul Campus sebagai lokasi yang paling tepat untuk mendukung drama bertemakan kehidupan mahasiswa. Tak hanya itu, gedung kampus ini juga sering muncul dalam video klip musisi ternama Korea Selatan.

2. Sungshin Women’s University

Universitas Yonsei menjadi lokasi syuting drama True Beauty, salah satu drama Korea adaptasi webtoon yang paling digilai di tahun 2021 lalu sukses mencuri perhatian para penikmatnya.

Lain Universitas Yonsei, lain pula Sungshin Women’s University dimana meski ia merupakan gedung kampus, namun pada hampir semua produksi drama yang menjadikan gedung ini sebagai lokasi syuting, Sungshin Women’s University digambarkan sebagai gedung perkantoran hingga rumah sakit.

Sungshin Women’s University sendiri identik dengan dominasi kaca di hampir semua sisi bangunan. Sekilas, memang gedung ini tak terlihat seperti gedung kampus kebanyakan di Korea Selatan. Jika Anda penasaran dengan penampakan gedung ini dalam drama, silakan saksikan Tale of the Nine Tailed (2020).

3. Duksung Women’s University

Tak salah menjadikan bangunan kampus sebagai tempat yang sering dijadikan lokasi syuting drama Korea karena ada banyak sekali drama Korea hits yang melakukan sesi pengambilan gambar di berbagai universitas di Negeri Gingseng ini.

Tak kalah populer dari ketiga universitas sebelumnya, Duksung Women’s University masuk ke dalam jajaran gedung kampus yang sering menjadi langganan tempat syuting.

Bangunannya yang klasik dan kuno membuat Duksung Women’s University sangat cocok untuk mendukung plot drama yang mengambil latar pada masa lalu. Contohnya When My Love Blooms (2020) yang sukses memikat para pecinta drama Korea lewat jalan ceritanya yang penuh haru.

4. Seokyeong University

Sebagai kota di Korea Selatan yang paling populer untuk wisata, Seoul menyugukan ragam tempat-tempat menarik, tak jarang ikonik karena muncul di drama Korea dengan rating tinggi seperti The Penthouse.

The Penthouse adalah drama yang sukses menciptakan perbincangan hangat di kalangan pecinta drama Korea karena suguhan ceritanya yang penuh plot twist tak terduga. Jika Anda sudah menontonnya, pastinya Anda sudah tak asing dengan gedung sekolah yang ditampilkan di drama ini.

Di kehidupan nyata, gedung sekolah tersebut merupakan Seokyeong University yang berlokasi di Kota Seoul. Daya tarik gedung kampus ini tentu saja terletak pada arsitektur bangunannya yang megah. So, Jika Anda sedang berada di Seoul, tak ada salahnya untuk mengunjungi Seokyeong University ini.

5. Seoul National University of Science and Technology

Beberapa gedung kampus menjadi tempat wisata anti-mainstream di Seoul. Jika Anda bosan dengan pusat-pusat hiburan di kota metropolitan ini, Anda bisa berkunjung ke Seoul National University of Science and Technology.

Seoul National University of Science and Technology adalah satu dari tiga universitas paling bergengsi di Korea Selatan. Selain itu, gedung kampus ini sering dijadikan lokasi syuting beberapa produksi drama Korea yang sukses memperoleh rating tinggi.

Salah satunya adalah Weightlifting Fairy Kim Bok Joo (2016) yang menampilkan banyak sudut dari bangunan kampus yang luas, asri, dan rindang dengan pepohonan di sana sini tersebut.

6. Keimyung University

Penggemar drama Korea tentu tak asing dengan Boys Over Flowers (2009), salah satu drama Korea paling terkenal sepanjang masa yang sukses membawa Lee Min Hoo ke tangga kesuksesan.

Bertemakan kehidupan anak SMA, drama ini tentu menjadikan gedung sekolah sebagai lokasi syuting. Di kehidupan nyata, gedung sekolah yang ditampilan di dalam Boys Over Flowers merupakan Keimyung University.

Ada satu spot di Keimyung University yang begitu ikonik yaitu sebuah tribun besar, tempat untuk menyaksikan pertunjukkan yang ditampilkan para mahasiswa.

7. Konkuk University

Bangunan dengan arsitektur yang cantik tentu menjadi pilihan paling tepat untuk dijadikan sebagai lokasi syuting drama Korea. Contohnya drama adaptasi webtoon berjudul My ID is Gangnam Beauty (2018) yang menampilkan betapa indahnya Konkuk University.

Meski pada kenyatannya Konkuk University tidak digambarkan sebagai sebuah bangunan kampus pada sebagian besar drama Korea yang mengambil gambar di lokasi ini, Konkuk University tetap menjadi salah satu destinasi wisata yang recommended untuk dikunjungi.

Konkuk University juga menjadi destinasi yang pas untuk Anda yang mencari tempat wisata untuk Kpoper di Korea Selatan.

8. University of Seoul

Menjadi langganan berbagai judul drama Korea sejak tahun 1991, University of Seoul masuk ke dalam jajaran tempat shooting drama Korea yang paling populer.

University of Seoul identik dengan gaya bangunannya yang megah sehingga cocok untuk mendukung atmosfir yang ditampilkan di dalam drama Korea.

Gedung kampus ini sendiri terletak di jantung Kota Seoul sehingga Anda tak akan kesulitan untuk menemukannya. Bagaimana? Tertarik?

Itu dia universitas korea yang sering jadi lokasi syuting drama Korea. Enjoy!

Avatar

Redaksi Kece

Hibur adalah portal berita yang bisa menghibur dan menjadi wawasan serta tempat mencari informasi terupdate

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA