Home Travel 6 Destinasi Wisata Tak Boleh Dilewatkan di Belitung – Panduan Lengkap Liburan...

6 Destinasi Wisata Tak Boleh Dilewatkan di Belitung – Panduan Lengkap Liburan Tak Terlupakan

174
0

Belitung merupakan sebuah pulau yang terkenal dengan keindahan alamnya, terutama pantainya yang memiliki pasir putih dan air laut yang jernih. Selain itu, di Belitung juga terdapat bebatuan granit yang sangat terkenal dan menjadi ikon dari pulau ini. Bagi Anda yang sedang merencanakan liburan di Belitung, berikut ini adalah tujuh destinasi wisata yang tak boleh dilewatkan:

Pantai Tanjung Tinggi

Sumber Gambar: travel.kompas.com

Pantai Tanjung Tinggi adalah sebuah pantai yang sangat indah dan menjadi salah satu destinasi wisata terpopuler di Belitung. Keindahan pantai ini terletak pada bebatuan granit yang berjejeran di tepi pantai. Bebatuan granit ini memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda-beda, membentuk sebuah lanskap yang sangat indah dan memesona. Di sisi lain, pasir putih yang terhampar luas di sepanjang pantai memberikan kontras yang menawan dengan warna biru laut yang jernih. Anda bisa berjalan-jalan di sepanjang pantai, duduk-duduk di atas bebatuan granit, atau sekadar berjemur di bawah sinar matahari yang hangat.

Sumber Gambar: id.pinterest.com

Selain keindahan pantainya yang memukau, Pantai Tanjung Tinggi juga merupakan lokasi yang ideal untuk snorkeling. Di area snorkeling, Anda bisa melihat keanekaragaman hayati bawah laut yang sangat menakjubkan. Terumbu karang, ikan berwarna-warni, dan kerang laut adalah beberapa contoh keanekaragaman hayati yang bisa Anda lihat di sana. Apabila Anda belum pernah melakukan snorkeling sebelumnya, jangan khawatir karena di Pantai Tanjung Tinggi juga tersedia fasilitas sewa alat snorkeling yang bisa digunakan dengan harga terjangkau.

Sumber Gambar: hipwee.com

Tidak hanya itu, Pantai Tanjung Tinggi juga memiliki kisah legenda yang menarik. Menurut cerita, pantai ini pernah menjadi lokasi syuting film Laskar Pelangi, sebuah film Indonesia yang sangat terkenal. Oleh karena itu, di sekitar pantai ini juga terdapat patung-patung karakter dari film tersebut, seperti Ikal, Lintang, Arai, dan Mahar. Keberadaan patung-patung ini semakin menambah daya tarik Pantai Tanjung Tinggi sebagai destinasi wisata yang unik dan menarik.

Lokasi:Bangka Belitung Islands

Museum Kata Andrea Hirata

Sumber Gambar: bwhospitality.com

Museum Kata Andrea Hirata adalah sebuah museum yang berlokasi di Kota Gantong, Kabupaten Belitung. Museum ini didirikan oleh penulis terkenal Indonesia, Andrea Hirata, yang juga merupakan pendiri Laskar Pelangi Foundation. Museum ini dibangun sebagai bentuk apresiasi terhadap perjalanan hidup Andrea Hirata dan sebagai upaya untuk mempromosikan kebudayaan Indonesia melalui literatur.

Sumber Gambar: Google Maps @Asri Derulo

Keindahan Museum Kata Andrea Hirata terletak pada konsep desain bangunan dan penggunaan bahan-bahan yang ramah lingkungan. Bangunan ini terdiri dari tiga lantai dengan atap hijau yang terlihat seperti tanaman. Di dalam museum, terdapat berbagai koleksi yang berkaitan dengan kehidupan dan karya-karya Andrea Hirata, seperti koleksi buku-buku dan naskah-naskah karya Andrea Hirata, koleksi foto, dan beberapa peralatan tulis yang pernah digunakan oleh Andrea Hirata. Di samping itu, museum ini juga menyediakan area baca dan ruang pertunjukan untuk para pengunjung yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang kehidupan dan karya-karya Andrea Hirata.

Sumber Gambar: larismanis.com

Selain menjadi tempat wisata, Museum Kata Andrea Hirata juga memiliki tujuan sosial. Sebagian dari pendapatan museum digunakan untuk membiayai program-program sosial yang dibuat oleh Laskar Pelangi Foundation, seperti program beasiswa untuk anak-anak dari keluarga kurang mampu dan program pengembangan pendidikan di daerah terpencil. Oleh karena itu, dengan mengunjungi Museum Kata Andrea Hirata, Anda tidak hanya bisa menikmati keindahan dan keunikan museum itu sendiri, tetapi juga turut berpartisipasi dalam kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat.

Lokasi: Lenggang, Gantung, East Belitung Regency, Bangka Belitung Islands

Pulau Lengkuas

Sumber Gambar: itrip.id

Pulau Lengkuas adalah salah satu destinasi wisata yang sangat populer di Belitung. Pulau ini terkenal karena keindahan alamnya yang menakjubkan, terutama pantai pasir putihnya yang bersih dan jernih. Namun, yang paling menonjol dari Pulau Lengkuas adalah mercusuar tua yang menjadi ikon pulau ini.

Sumber Gambar: andalastourism.com

Mercusuar Lengkuas yang dibangun pada tahun 1882 masih tetap berdiri kokoh hingga saat ini. Mercusuar setinggi 12 meter ini menjadi landmark yang tidak hanya memberikan nilai estetika, tetapi juga memiliki nilai sejarah. Dari puncak mercusuar, para wisatawan dapat menikmati pemandangan laut yang luas dan indah. Terdapat pula tangga setinggi 13 tingkat yang harus dinaiki untuk mencapai puncak mercusuar. Meski perjalanan untuk sampai ke atas sedikit menantang, namun pengunjung akan dibayar dengan pemandangan yang menakjubkan dan membuat penat terbayar.

Sumber Gambar: merahputih.com

Selain mercusuar, di Pulau Lengkuas terdapat beberapa spot snorkeling yang sangat menarik. Terumbu karang yang ada di sekitar pulau ini sangat indah dengan banyak spesies ikan dan biota laut lainnya. Para wisatawan dapat menyewa perlengkapan snorkeling di pulau ini dan menikmati keindahan bawah laut yang luar biasa.

Pulau Lengkuas juga menyediakan penginapan dan restoran yang sangat nyaman dan menyenangkan bagi para pengunjung. Selain itu, pemandangan alam yang sangat indah dan suasana pantai yang tenang dan sepi menjadikan Pulau Lengkuas sebagai destinasi wisata yang sempurna untuk berlibur bersama keluarga atau teman-teman.

Lokasi: Bangka Belitung

Pantai Burung

Sumber Gambar: Google Maps @Vina Rostiana

Pantai Burung adalah salah satu pantai yang terletak di kawasan Teluk Tomok di Pulau Belitung. Pantai ini memiliki keindahan alam yang sangat memukau dengan air lautnya yang biru jernih, pasir putihnya yang lembut, serta batu granit besar yang menambah keindahan alam di pantai ini. Namun, yang paling menonjol dari Pantai Burung adalah bebatuan granit yang membentuk seperti burung raksasa.

Sumber Gambar: Google Maps @Astriyanto Agung Nugroho

Batu granit yang terbentuk seperti burung raksasa tersebut menjadi daya tarik utama dari Pantai Burung. Bebatuan tersebut memiliki warna dan tekstur yang unik, sehingga menjadi spot foto favorit bagi para wisatawan. Selain itu, para wisatawan juga dapat menikmati keindahan bawah laut di pantai ini dengan melakukan aktivitas snorkeling dan diving. Di bawah laut Pantai Burung terdapat terumbu karang yang indah dengan banyak spesies ikan dan biota laut lainnya.

Sumber Gambar: Google Maps @Heriyanto Rantelino

Pantai Burung juga memiliki kelebihan lain yaitu suasana yang tenang dan sepi. Pantai ini terletak jauh dari pemukiman penduduk, sehingga tidak terlalu ramai dengan pengunjung. Wisatawan dapat menikmati keindahan alam dan suasana pantai yang tenang tanpa harus terganggu oleh kebisingan dan keramaian. Pantai Burung juga merupakan destinasi wisata yang cocok bagi para pencinta alam dan fotografi, karena keindahan alamnya yang sangat memukau dan instagramable.

Lokasi: Burong Mandi, Damar, East Belitung Regency, Bangka Belitung Islands 33571

Danau Kaolin

Sumber Gambar: kliktimes.com

Danau Kaolin atau juga dikenal dengan Danau Biru ini terletak di Desa Air Raya, Kecamatan Tanjung Pandan, Pulau Belitung. Danau ini terkenal karena memiliki air yang berwarna biru kehijauan yang sangat cantik. Air danau tersebut berwarna biru kehijauan karena terbentuk dari deposit kaolin atau lempung putih yang kaya akan mineral dan mineral lainnya.

Sumber Gambar: backpackerjakarta.com

Danau Kaolin menjadi salah satu destinasi wisata yang terkenal di Pulau Belitung, khususnya bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam yang menakjubkan dan berbeda dari yang lain. Danau ini juga merupakan tempat yang cocok bagi para pencinta fotografi karena pemandangan danau yang indah sangat instagramable.

Sumber Gambar: liburmulu.com

Selain menikmati keindahan alam danau, wisatawan juga dapat melakukan beberapa aktivitas di sekitar danau seperti berenang, bersantai, dan menikmati makanan dan minuman di area sekitar. Di sekitar danau juga terdapat beberapa warung makan yang menyediakan makanan khas Belitung seperti mie belitong, nasi belauk, dan lain-lain.

Sumber Gambar: sintiaastarina.com

Namun, perlu diingat bahwa karena Danau Kaolin merupakan salah satu sumber daya alam yang sangat berharga, wisatawan diharapkan untuk menjaga kebersihan dan kelestarian danau ini. Wisatawan juga diharapkan untuk tidak merusak lingkungan sekitar dan tidak membuang sampah sembarangan. Dengan menjaga kebersihan dan kelestarian danau ini, kita dapat menikmati keindahan alamnya tanpa merusak lingkungan.

Lokasi: Jl. Raya Toboali, Nibung, Kec. Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung 33782

Pulau Pasir

Sumber Gambar: andalastourism.com

Pulau Pasir atau juga dikenal dengan nama Pulau Batu Berlayar adalah salah satu destinasi wisata yang terkenal di Pulau Belitung. Pulau ini terletak sekitar 15 menit perjalanan dari Pulau Lengkuas menggunakan perahu. Seperti namanya, Pulau Pasir adalah pulau yang terbuat dari pasir putih yang lembut dan halus.

Sumber Gambar: ngulakngalik.com

Salah satu hal yang menarik dari Pulau Pasir adalah saat air laut surut, maka akan terlihat sebuah formasi bebatuan besar yang berbentuk seperti kapal layar. Formasi bebatuan tersebut menjadi salah satu objek wisata yang paling terkenal di Pulau Pasir dan menjadi ikon dari Pulau Batu Berlayar.

Sumber Gambar: kristalholidays.com

Selain menikmati keindahan pasir putih dan bebatuan kapal layar, wisatawan juga dapat melakukan beberapa aktivitas seperti berenang, snorkeling, dan menikmati makanan dan minuman di area sekitar. Namun, perlu diingat bahwa wisatawan diharapkan untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan sekitar, dan tidak merusak terumbu karang saat melakukan aktivitas snorkeling.

Dalam perjalanan menuju ke Pulau Pasir, wisatawan juga dapat menikmati pemandangan alam yang indah seperti laut biru yang jernih dan pohon-pohon kelapa yang tumbuh di sepanjang pantai. Dengan semua keindahan alamnya, Pulau Pasir menjadi salah satu destinasi wisata yang tak boleh dilewatkan bagi para wisatawan yang ingin menikmati pesona alam yang menakjubkan di Pulau Belitung.

Lokasi: Keciput, Belitung Regency, Bangka Belitung Islands

Itulah tujuh destinasi wisata yang tak boleh dilewatkan jika Anda berkunjung ke Belitung. Selamat berlibur!

Hibur

Hibur adalah portal berita yang bisa menghibur dan menjadi wawasan serta tempat mencari informasi terupdate

Previous article7 Tempat Wisata Terpopuler di Jambi yang Harus Dikunjungi di Tahun Ini” – Temukan Sejarah dan Budaya yang Kaya di Jambi
Next articleMenjauh Dari Keramaian Kota Dengan Berkemah Di Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang
Hibur adalah portal berita yang bisa menghibur dan menjadi wawasan serta tempat mencari informasi terupdate

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here