Home Masakan 5 Masakan Ikan Air Tawar dan Tips Bebas Bau Lumpur

5 Masakan Ikan Air Tawar dan Tips Bebas Bau Lumpur

101
0

Masakan ikan air tawar selalu bisa dihidangkan dalam momen apa pun. Selain bahan bakunya yang melimpah, ikan air tawar merupakan sumber protein yang sangat baik untuk kesehatan. Sebagai lain ikan laut, Anda juga menemukan berbagai jenis ikan air tawar, seperti ikan mas, ikan patin, dan ikan nila.

Tertarik untuk mengolah ikan air tawar tapi bingung mau dimasak apa? Kali ini tim Masak Apa Hari Ini berikan 5 rekomendasi masakan ikan air tawar yang menggugah selera, dan dapat dibuat sendiri di rumah, ini dia!

Masakan Ikan Air Tawar Untuk Pilihan Ide Weekend Ini

  1. Gulai Ikan Patin

Masakan ikan air tawar khas Sumatra, gulai ikan patin dalam mangkuk.
Yuk, habiskan waktu luang di rumah dengan memasak gulai ikan patin. (Foto: Shutterstock)

Gulai ikan dari ikan air tawar seperti ikan patin bisa jadi salah satu pilihan untuk kamu yang tertarik dengan hidangan ikan air tawar. Dengan kuah gulai yang kental dan medok bumbu, masakan rumahan ini akan jadi terasa lebih istimewa. Resep gulai ikan patin ini bisa disajikan sebagai menu sehari-hari, ataupun hidangan spesial saat kamu mengadakan acara kumpul-kumpul di rumah. 

  1. Pepes Ikan Mas

Ikan mas adalah salah satu ikan air tawar populer dan paling banyak dikonsumsi. Tak hanya digoreng, kamu juga bisa mengolah ikan mas menjadi pepes, lho. Bisa menjadi lauk utama untuk makan siang atau makan malam, proses membuat pepes ikan mas sangatlah sederhana. Cukup hanya melumurinya dengan bumbu-bumbu, membungkusnya dengan daun pisang, dan mengukusnya.

  1. Mujair Bakar Kecap Pedas

Mujair bakar tengah disajikan di atas meja makan.
Ikan mujahir bakar kecap. (Foto: MAHI)

Cara lain mengolah ikan air tawar adalah dengan dibakar. Misalnya resep mujair bakar kecap pedas yang satu ini. Sandingkan ikan bakar ini dengan beberapa menu sayur seperti cah kangkung, dan tempe serta tahu goreng, dijamin memberi sensasi seperti sedang makan di restoran Sunda yang berlokasi di tepi sawah. Sudah terbayang nikmatnya, kan?

  1. Asem-Asem Bandeng Khas Lamongan

Piring berisi hasil masak resep asem-asem bandeng
Asam segar dan gurih, makanan yang satu ini bakal membangkitkan selera makan kamu! (Foto: MAHI)

Asem-asem bandeng ini punya rasa unik yang patut kamu coba. Terlebih, cara pengolahannya pun terbilang mudah dan tidak membutuhkan trik khusus. Tapi, satu hal yang harus benar-benar diperhatikan adalah saat pemilihan bahan baku, yaitu kamu harus pastikan ikan bandeng yang digunakan segar dan berkualitas. 

  1. Ikan Nila Asam Manis Pedas

Disantap bersama nasi hangat, ikan nila asam manis pedas ini dijamin membangkitkan selera makan keluarga. Pastikan ikan nila digoreng tepung terlebih dahulu agar memberi sensasi renyah dan gurih, ya!

Cara Mengolah Masakan Ikan Air Tawar Agar Bebas Bau Lumpur

Buat yang ragu memasak hidangan ikan air tawar di rumah, beberapa tips ini mungkin bisa menyakinkan kamu untuk mencoba berbagai masakan dari ikan bandeng, nila, atau gurami di dapur sendiri. Simak tipsnya, ya!

  1. Meski tidak praktis, cara ini biasa dilakukan pemasak rumahan senior sewaktu ingin menyajikan hidangan ikan air tawar di rumah. Ikan air tawar dibeli dalam keadaan hidup dan kemudian ikan tersebut dibiarkan hidup dalam air bersih selama sehari sebelum akhirnya diolah. Cara ini dapat membantu membersihkan insang, sisik, dan daging ikan dari lumpur.
  2. Cara lainnya adalah saat membersihkan ikan, keluarkan isi perut ikan hingga bersih termasuk bagian dalam rongga perutnya. Bisa juga menggunakan bantuan sendok untuk mengikis area yang sulit dijangkau. Pada ikan bandeng misalnya, kikis selaput hitam di dalam rongga perut agar saat matang tak terasa pahit. 
  3. Selalu lumuri ikan dengan garam dan air jeruk nipis atau lemon hingga merata ke bagian dalam rongga perut. Garam memiliki sifat mengikat bau dan air jeruk nipis mampu menyamarkan bau ikan air tawar yang khas. 
  4. Olah ikan air tawar menjadi masakan yang kaya bumbu, misalnya resep pepes yang menggunakan bumbu rempah seperti serai, daun jeruk, dan kunyit yang bisa membantu menutupi bau lumpur khas ikan air tawar. Contoh lainnya adalah pindang, asem-asem, arsik, atau gulai.
  5. Untuk mendapat cita rasa hidangan ikan air tawar yang dibakar seperti di restoran, biasanya setelah dilumuri dengan air jeruk nipis dan garam, ikan digoreng terlebih dahulu kemudian dilumuri dengan bumbu ikan bakar. Menggoreng ikan sebelumnya mampu menyamarkan bau lumpur pada ikan bakar.   

Jadi bebas ragu, kan? Yuk, coba berkreasi dengan masakan ikan air tawar di atas, dan nikmati waktu makan yang a la restoran bersama keluarga di rumah. 

Previous articleCerita Chef Juna Pernah Lihat Langsung Ratu Elizabeth II, Mengaku Beruntung
Next articleMengisi Liburan Sambil Melihat Koleksi Peninggalan Sejarah di Museum Buleleng
Hibur adalah portal berita yang bisa menghibur dan menjadi wawasan serta tempat mencari informasi terupdate

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here