Home Ibu & Anak 5 Tips Bikin Pernikahan Kembali Romantis, Hadapi Kejenuhan Rumah Tangga dengan Bijak

5 Tips Bikin Pernikahan Kembali Romantis, Hadapi Kejenuhan Rumah Tangga dengan Bijak

383
0

Bunda dan Ayah sedang merasa jenuh dengan kehidupan rumah tangga setelah bertahun-tahun pernikahan? Jika iya, jangan dibiarkan, Bunda.

Setiap pernikahan pasti melewati fase jenuh. Tidak hanya pernikahan yang sudah puluhan tahun, tapi baru mulai saja ada pasangan yang mengalami hal serupa. 

Kesibukan masing-masing, pekerjaan, hingga masalah anak membuat rutinitas rumah tangga menjadi kurang romantis seperti dulu. Coba jujur kepada diri sendiri, Bunda, apa kini sedang merasakannya?

Itu wajar, namun jangan sampai menjadi masalah yang berlarut-larut bahkan memberikan peluang masuknya orang ketiga. Bunda perlu mencari cara untuk menghidupkan kembali romansa dengan suami di tengah kejenuhan rumah tangga

1. Kombinasikan ‘akar dan sayap’

Apa maksud kombinasi ‘akar dan sayap’? Psikolog sosial dari Berkeley, Ayala Pines, menyarankan untuk Bunda dan Ayah agar memahami konsep kombinasi akar dan sayap. 

Akar di sini maksudnya adalah rasa aman yang dimiliki seseorang dalam suatu hubungan. Bagaimana Bunda memahami kalau kalian saling mencintai sampai saat ini. 

“Mengetahui bahwa orang tersebut mencintai apa adanya. Ini surga, sarang, rumah, dan sahabatmu. Namun akar saja tidak cukup untuk mempertahankan hubungan yang vital, terkadang bisa menyesakkan seperti di penjara,” jelas Pines seperti dilansir dari Los Angeles Times.

Untuk itu, penting dikombinasikan dengan sayap. Apa itu sayap? Pines menjelaskan bahwa sayap adalah perasaan Bunda bisa tumbuh sebagai orang berpasangan maupun diri sendiri. Bunda bahkan bisa mengembangkan potensi sepenuhnya tanpa mengganggu hubungan.

“Ketika memiliki kombinasi keduanya maka akan punya rasa aman dan perasaan berkembang. Kejenuhan itu biasanya dimulai saat perkembangan berhenti. Seharusnya selalu ada energi dan kegembiraan, selain rasa aman,” tambahnya. 

Saat kedua hal ini tidak berjalan seimbang, Pines menyarankan untuk berdiskusi. Coba komunikasikan tekanan dan harapan satu sama lain. Jadi, kunci pertama adalah meluangkan waktu untuk fokus pada hubungan. 

2. Memikirkan masa romantis di awal pernikahan

Dalam membangun romansa bareng suami, coba pikirkan kembali masa-masa romantis pada awal pernikahan. Pikirkan apa yang membuat Bunda dan suami jatuh cinta satu sama lain. Bahkan Bunda juga bisa menggabungkannya dengan fantasi yang diharapkan. 

“Jika fantasimu bertemu untuk makan siang di restoran atau makan malam romantis dengan cahaya lilin berdua saja, lakukanlah. Jangan melakukan ini dengan orang lain tapi lakukan dengan orang yang paling penting dalam hidupmu,” jelas Pines.

Rumah tangga harmonis dan jauh dari gosip miring, intip kembali perjalanan pernikahan Vino G. Bastian & Marsha Timothy yuk, Bunda!

[Gambas:Video Haibunda]


Hibur

Hibur adalah portal berita yang bisa menghibur dan menjadi wawasan serta tempat mencari informasi terupdate

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here