x

T.O Benhil 296, Menyantap Nasi Tutug Oncom Hidangan Tradisional Khas Tasikmalaya

4 minutes reading
Friday, 10 Dec 2021 19:12 0 709 Redaksi Kece

Seperti yang telah diketahui oleh banyak orang bahwa Indonesia merupakan Negara kepulauan. Karena banyaknya kepulauan ini tersebar juga berbagai macam suku dan budaya. Bahkan suku dan budaya ini juga memiliki ciri khasnya masing-masing. Salah satu yang merupakan contohnya ialah kuliner tradisional. Kuliner di Indonesia sangat beragam, masing-masing daerah mempunyai makan khasnya tersendiri. Tentunya semuanya enak dan memiliki ciri khasnya masing-masing. Salah satu Kota di Indonesia yang juga menyimpan banyak sekali makanan tradisional ialah Tasikmalaya. Sebuah Kota di Jawa Barat yang menyimpan segudang kuliner khas daerahnya. Salah satu kuliner khas di Tasikmalaya adalah nasi tutug oncomnya. Ada satu tempat kuliner terkenal yang sangat direkomendasikan jika anda berkunjung kesini. Namanya adalah T.O benhil 296.

Sumber Gambar: Google Maps @Bambang Setyawan

Apa itu nasi tutug oncom? Jika diambil dari bahasa setempat kata tutug dapat berarti ditumbuk. Dengan demikian secara garis besar nasi tutug oncom merupakan kuliner yang terbuat dari nasi yang dicampur dengan oncom yang sudah ditumbuk. Biasanya masyarakat setempat menyantap nasi tutug oncom dalam keadaan yang masih hangat. Agar rasanya terjaga dan tetap lezat. Menariknya lagi di Tasikmalaya ada satu warung yang menjual nasi tutug oncom yang sangat lezat, yaitu T.O Benhil 296. Warung ini sangat direkomendasikan bagi kamu yang baru pertama kali ingin mencoba kuliner khas Tasikmalaya ini.

Warung Nasi Tutug Terlaris yang Sudah Berdiri Lumayan Lama

Sumber Gambar: Google Maps @Ridho Alih

Ketika sedang bepergian ke Tasikmalaya tentunya orang orang tidak akan melupakan untuk mencicipi kuliner nasi tutug oncom khas Tasikmalaya disana. T.O Benhil 296 hadir bagi kamu yang tertarik dan baru pertama kali mencoba nasi tutug oncom. Kenapa begitu? Karena warung ini menjual nasi tutug oncom yang sedap dan dapat menjadikan para pelanggan disana mengulangi untuk membeli di warung ini.

T.O Benhil 296 sudah cukup lama berdiri dan bisa dikategorikan sebagai warung legendaris di tasikmalaya. Bagaimana tidak T.O Benhil 296 sudah berdiri sejak tahun 1998, yang berarti warung usaha ini sudah berdiri selama kurang lebih 21 tahun. Bukan hanya itu alasan kenapa warung ini juga disebut legendaris karena sudah banyak masyarakat yang telah mengakui kelezatan warung ini. dan ini dapat dibuktikan dengan ramainya pengunjung tiap warung ini buka di pagi hari. Bahkan jika kamu bisa saja menunggu antrian yang panjang ketika ingin memesan nasi tutug di T.O Benhil 296 ini.

Kamu tidak perlu bingung untuk menemukan warung T.O Benhil 296 ini. kamu tinggal buka saja aplikasi penunjuk arah kamu dan masukkan saja alamat lengkapnya di pencarian. Alamat lengkap dari warung ini adalah di Jl. Dadaha Jl. Petir, RT.04/RW. 08, Cikalang, Kec. Tawang, Tasikmalaya, Jawa Barat. Kamu juga bisa menanyakan ke warga sekitar dimana lokasi tepat dari warung ini. tenang tidak usah takut karena warga setempat disini sangat  ramah terhadap wisatawan.

Berbagai Macam Menu yang Disajikan T.O Benhil 296

Sumber Gambar: Google Maps @A Y

Tentu saja sesuai dengan nama dari warung ini yaitu T.O Benhil 296. Artinya warung ini menyediakan sajian nasi tutug oncom yang disajikan dalam keadaan hangat yang akan menjadikan rasanya begitu lezat. Biasanya pihak T.O Benhil 296 ini akan meracik oncom yang telah ditumbuk terlebih dahulu sebelum mereka mencampurnya dengan nasi hangat. Oncom tersebut akan diberi bumbum ketika dihaluskan agar menciptakan perpaduan rasa rempah yang nendang. Oncom ini akan diberi berbagai macam bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kencur, dan gula garam secukupnya saja.

Sumber Gambar: Google Maps @David Alexandre

Kemudian oncom tersebut dimasak terlebih dahulu. Setelah oncom tersebut masak, oncom yang telah dihaluskan tadi akan dicampurkan ke nasi yang masih hangat. Mereka juga tidak sembarang memilih beras. Pihak penjual di T.O Benhil 296 memilih beras dengan kualitas terbaik agar nasi yang mereka gunakan menjadi pulen dan lezat untuk dimakan.

Sumber Gambar: Google Maps @Sannty Devianti

Tidak hanya itu kamu bisa memakan nasi tutug oncom ini dengan ditemani oleh sambal khas buatan warung ini. mereka juga menyediakan berbagai macam gorengan seperti gorengan cipe, dan bala bala.  Ada dua pilihan sambal disini, yaitu sambal tomat dan juga sambal hijau. Tentunya kedua sambal ini memiliki rasa yang sama sama lezat.

Baca Juga: Nikmati Kuliner Sate di Tengah Sawah di RM. Sate Condong

Penjual dari T.O Benhil 296 mengaku bahwa usaha ini telah diturunkan sejak berdirinya warung ini. bahkan saking lakunya warung ini mereka dapat menjual nasi tutug hingga mencapai 45 kilogram. Harga yang diberikan pun cukup ramah kantong, apalagi untuk ukuran mahasiswa. Karena nasi  tutug oncom disini hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar 7.500 rupiah saja. dengan harga gorengan Cuma 1 ribu rupiah per buahnya.

 

Avatar

Redaksi Kece

Hibur adalah portal berita yang bisa menghibur dan menjadi wawasan serta tempat mencari informasi terupdate

LAINNYA
x
x