x

Sensasi Berkemah Di Ranu Kumbolo

4 minutes reading
Saturday, 26 Mar 2022 16:40 0 690 Redaksi Kece

Jika kalian senang kegiatan untuk berkemah dan juga mendaki gunung maka seharusnya kalian tidak akan asing lagi dengan nama Ranu Kumbolo sebuah danau yang berada di bawah kaki Gunung Semeru. Walaupun kalian bukan pendaki rasanya buat kalian yang sudah pernah menonton film 5 cm juga tidak akan asing lagi dengan nama danau yang memiliki pemandangan yang sangat indah ini.

Sumber Gambar: Google Maps @Faridl

Ranu Kumbolo ini sendiri memang merupakan lokasi berkemah favorit bagi mereka yang suka dengan kegiatan berkemah dan juga mendaki karena keindahan yang dimiliki oleh danau yang satu ini memang sangat luar biasa bahkan sampai dijuluki dengan “Surganya Semeru”. Untuk sampai di lokasi Ranu Kumbolo sendiri tentu saja kalian perlu melakukan trekking yang cukup sulit akan tetapi dengan jalur yang sudah tertata dengan baik sehingga kalian perlu kondisi yang prima jika kalian ingin berkemah di lokasi yang satu ini.

Buat kalian yang ingin menghabiskan malam kalian di danau yang satu ini akan kami bantu dengan memberikan informasi yang kalian perlukan sebelum kalian memutuskan untuk berkemah di Ranu Kumbolo ini. Apa sajakah itu? Ikuti dan simak terus ulasan kami di bawah ini.

Lokasi Dan Alamat Ranu Kumbolo

Jika kalian sudah menyiapkan kondisi fisik kalian dan sudah siap kalian bisa langsung mengunjungi lokasi dari Ranu Kumbolo yang berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), tepatnya berada di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Untuk menuju ke Ranu Kumbolo kalian dapat menggunakan kendaraan pribadi kalian hingga di Desa Ranu Pani kemudian kalian harus melanjutkan perjalanan kalian dengan melakukan trekking.

Kalian akan melewati empat pos dengan total waktu kurang lebih tiga jam perjalanan hanya saja itu kembali kepada fisik kalian kembali bisa saja lebih cepat dan bisa saja lebih lama jadi tidak ada patokan pasti ya. Buat kalian yang lelah atau ingin menggunakan toilet jangan khawatir karena kalian akan dapat menggunakannya di setiap pos yang kalian temukan jadi pastikan kalian sudah siap sebelum berangkat dari satu pos ke pos lainnya.

Fasilitas

Sumber : google maps @kristian purwohadisantoso

Fasilitas dari Ranu Kumbolo sendiri tentu tidak selengkap dengan danau lainnya akan tetapi untuk fasilitas pendukung seperti toilet yang bisa kalian gunakan untuk membersihkan diri dan juga warung untuk membeli makan dan minum sudah dapat kalian temukan. Selain itu juga ada tempat penyewaan tenda yang dapat kalian kunjungi jika kalian tidak membawa perlengkapan kalian akan tetapi selain dari itu kalian harus membawa perlengkapan kalian sendiri ya.

Buat kalian yang baru pertama kali mengunjungi Ranu Kumbolo kalian juga bisa menggunakan jasa dari pemandu yang memang menawarkan jasa mereka untuk memandu kalian terutama bagi kalian yang masih pemula.

Pesona Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo sendiri menawarkan kalian pesona yang sangat menarik dan tentu indah, menarik karena di lokasi ini ada larangan yang harus kalian taati dan juga mitos yang sangat dipercayai oleh warga lokal dan juga para pendaki. Apa sajakah itu?

Dilarang Untuk Mengotori Ranu Kumbolo

Sumber : journaloftraveling

Warga sekitar percaya jika air dari Ranu Kumbolo ini adalah sumber air suci yang selalu digunakan untuk ritual keagamaan masyarakat sekitar sehingga para pendaki yang hendak mendirikan tenda, dilarang untuk mandi, mencuci, apalagi buang air di danau. Jadi buat kalian yang ingin berkemah dan mendirikan tenda di lokasi ini kalian harus melakukannya dengan berjarak minimal 15 meter dari tepi danau.

Tanjakan Cinta

Sumber : google maps @ Sisrie DJ

Salah satu mitos yang cukup populer yang ada di Ranu Kumbolo ini adalah Tanjakan Cinta yang merupakan sebuah tanjakan yang akan mengarahkan kalian ke sebuah puncak bukit dan tanjakanya sendiri cukup terjal. Mitosnya sendiri adalah jika ada pasangan yang mendaki tanjakan tersebut sambil memikirkan pasangannya tanpa menoleh ke belakang maka kisah cinta mereka akan berakhir bahagia.

Walaupun belum terbukti apakah benar mitos tersebut akan tetapi cukup banyak para pendaki yang melakukannya bersama dengan pasanganya jadi kalian jangan heran melihat banyak pendaki yang berpegangan tangan untuk mendaki Tanjakan Cinta tersebut.

Pemandangan Sunrise Dan Sunset Yang Tidak Akan Kalian Lupakan

Sumber : ytimg

Salah satu pesona yang mungkin bisa dikatakan sebagai daya tarik utama adalah pemandangan Sunrise dan juga Sunset yang saking indahnya membuat kalian tidak akan melupakannya. Mungkin menyaksikan Sunrise dan juga Sunset sudah bukan hal asing buat kalian tapi menyaksikannya di Ranu Kumbolo merupakan pengalaman yang berbeda yang mungkin tidak akan kalian temukan di tempat lain.

Avatar

Redaksi Kece

Hibur adalah portal berita yang bisa menghibur dan menjadi wawasan serta tempat mencari informasi terupdate

LAINNYA
x
x