Di Aceh Besar? Wajib Kiranya Kamu Berkunjung ke Benteng Sultan Iskandar Muda

4 minutes reading
Sunday, 26 Dec 2021 15:16 0 594 Redaksi Kece

Belajar sejarah tidak melulu dari buku. Dengan wisata, kamu juga bisa melihat banyak sekali keindahan dan peninggalan sejarah yang mungkin tidak kamu temukan di sekolah. Salah satu tempat yang bisa membantu kamu memperluas pengetahuan sejarah kamu adalah Benteng Sultan Iskandar Muda.

Ketahui Fakta Keanggunan Benteng Sultan Iskandar Muda

Sesuai dengan namanya, Benteng Iskandar Muda adalah benteng yang dibangun oleh sultan Iskandar Muda dari Aceh. Lokasi dari benteng ini ada di Desa Beurandeh, Mesjid Raya, Aceh Besar. Benteng ini adalah salah satu benteng yang cukup populer dengan sejarahnya. Untuk tahu apa saja hal menarik tentang Benteng Iskandar Muda ini. Berikut adalah ulasannya.

Benteng Iskandar Muda adalah benteng benteng pertahanan

Seperti benteng yang lainnya, Benteng Iskandar Muda merupakan benteng yang digunakan untuk bertahan. Meski digunakan untuk pertahanan, akan tetapi benteng ini memiliki bentuk yang unik. Tidak seperti benteng lain yang dibangun dengan dinding yang tinggi dan tipis, benteng ini memiliki dinding yang tebal dan berundak.

Konstruksi benteng yang unik ini menjadi salah satu kelebihan dan daya tarik dari Benteng Iskandar Muda ini. Benteng sengaja dibuat dengan bertingkat atau berundak guna melakukan perlindungan berlapis untuk daerah kekuasaan kesultanan Aceh.

Nah, benteng ini diberikan nama Benteng Iskandar Muda karena benteng ini dibangun oleh sang sultan yang memerintah saat ini. Berkat pembangunan benteng ini, kesultanan Aceh mendapatkan banyak kemenangan dan bahkan mencatat sejarah yang menarik di mata dunia.

Sejarah Malahayati dan Benteng Iskandar Muda

Seperti telah disebutkan sebelumnya Benteng Iskandar Muda adalah benteng yang mencatat sejarah dunia. Sejarah ini uniknya didapatkan oleh benteng tersebut karena peran dari seorang laksamana wanita yang bernama Malahayati.

Malahayati adalah laksamana wanita yang diangkat oleh Sultan Iskandar Muda untuk memimpin pasukan janda yang ditinggal mati oleh pasangannya karena perang melawan penjajah.

Uniknya, meski beliau adalah laksamana wanita dan memimpin masukan janda, pancapaian yang didapatkan oleh Laksamana Malahayati sangat menggemparkan. Dalam peperangan yang dipimpinnya, beliau berhasil menumbangkan pasukan penjajah bahkan menewaskan Cornelis de Houtman pada masa tersebut. Hal inilah yang membuat kesultanan Aceh mendapatkan perhatian di dunia.

Selain menewaskan Cornelis de Houtman, banyak pasukan penting penjajah yang mati pada saat peperangan melawan pasukan Laksamana Malahayati. Nah, menariknya lagi, Laksamana Malahayati adalah laksamana pertama yang memiliki jenis kelamin wanita. Sangat menarik bukan?

Benteng Iskandar Muda memiliki bentuk yang unik

Selain memiliki sejarah yang menarik, Benteng Iskandar Muda juga memiliki bentuk yang unik. Selain di desain dengan bentuk berundak, Benteng yang menjadi saksi bisu kegagahan pasukan kesultanan Aceh ini juga memiliki bentuk menyerupai persegi. Bentuk ini sangat unik jika dibandingkan dengan benteng dari daerah lainnya.

Benteng di daerah lain umumnya dibuat dengan mengitari sebuah area yang luas sehingga bentuknya terkadang tidak beraturan. Akan tetapi beda dengan Benteng Iskandar Muda ini. Benteng ini memiliki bentuk persegi yang presisi dengan ukuran terluar 50 meter x 50 meter.

Mungkin terdengar memiliki ukuran cukup kecil, akan tetapi benteng ini terbukti berhasil membawa banyak kemenangan megah untuk kesultanan yang mendirikannya.

Kondisi Benteng Iskandar Muda masa kini

Meski dibangun pada abad ke-16, Benteng Iskandar Muda masih berdiri dengan kokoh hingga saat ini. Bangunannya dibangun dengan menggunakan batuan berukuran besar yang direkatkan menggunakan kapur dan juga lempung.

Hal ini menambahkan nilai estetik dari tampilan Benteng Iskandar Muda. Dengan campuran konstruksi bangunannya, Benteng Iskandar Muda memiliki warna dominan hitam dan abu-abu. Hal ini membuat area Benteng Iskandar Muda sangat cocok digunakan untuk berfoto.

Meskipun masih berdiri dengan kokoh, Benteng Iskandar Muda juga memiliki beberapa area yang sudah membutuhkan renovasi. Disini ada cukup banyak batuan yang mulai runtuh karena beberapa faktor alam, diantaranya serangan tsunami dan gempuran Selat Malaka. Sayangnya, area yang memiliki nilai sejarah tinggi dan sangat potensial sebagai tempat wisata ini belum sepenuhnya mendapatkan perhatian dari pemerintahan.

Supaya Benteng Sultan Iskandar Muda mendapatkan perhatian yang cukup dari pemerintahan, berkunjung dan menjadikan benteng Ini dan menjadikannya viral bisa jadi salah satu jalannya. Oleh karena itu untuk kamu yang sedang berwisata ke Aceh Besar, Tidak ada salahnya untuk datang berkunjung ke tempat wisata yang satu ini agar aset budaya dan wisata di Aceh makin banyak dikenal guna mengembangkan wisata Indonesia.

Avatar

Redaksi Kece

Hibur adalah portal berita yang bisa menghibur dan menjadi wawasan serta tempat mencari informasi terupdate

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA