Curug Leuwi Tonjong – Pesona Alam Garut

3 minutes reading
Sunday, 15 Jan 2023 07:54 0 718 Redaksi Kece

Curug Leuwi Tonjong adalah bagian dari sejuta pesona alam yang dimiliki Kabupaten Garut. Wisata ini bisa menjadi destinasi wisata di saat musim liburan ataupun liburan akhir pekan datang. Tempat ini cocok bagi kalian yang suka dengan wisata hidden gem atau tersembunyi seperti yang trend saat ini. Kata Leuwi Tonjong sendiri berasal dari bahasa suku sunda. Yang memiliki arti sungai dan dua tebing batu yang ada tempat wisata ini

Curug Leuwi Tonjong sendiri adalah destinasi wisata alam yang berupa sungai dengan sumber air yang begitu jernih. Air pada sungai berasal dari sungai Cihurip yang membentuk sebuah kolam yang dangkal. Biasanya kolam dangkal tersebut digunakan untuk berenang dan bermain air.

Bentuk Curug Leuwi Tonjong

Sumber Gambar: ngadem.com

Destinasi wisata ini sebenarnya adalah sebuah gubuk yang didalamnya tidak terlalu dalam dan memiliki air yang jernih. Air yang bersumber dari Sungai Cihurip inisakan membela dua tebing baru setinggi sembilan puluh meter sampai dengan seratus dua puluh meter.

Hampir di ujung tebing terdapat air yang terjun setinggi dua meter sehingga menciptakan suara air yang jatuh. Dua tebing yang menjulang tinggi ini terlihat berlumut dan juga ditumbuhi rumput. Pada beberapa tempat yang tersusun batu batu terlihat terbuka.

Sumber Gambar: Google Maps @ridwan christyawan

Tebing terjal tersebut memiliki kemiringan sekitar delapan puluh derajat badan dibelah oleh sungai, bukit yang berwarna hijau dan juga langit biru memberikan panorama keindahan alam yang sangat luar biasa indah

Pada sebuah lubuk yang memiliki luas wilayah kurang lebih seribu meter persegi tersebut memiliki kedalaman yang cukup bervariasi. Di bagian yang sedikit agak dalam biasanya digunakan oleh para wisatawan untuk berenang.

Sumber Gambar: Google Maps @Dianto Sudreja

Adanya tebing batu biasanya digunakan oleh para wisatawan untuk terjun atau melompat dari ketinggian jatuh ke dalam air yang begitu jernih ini.

Lubuk tersebut juga dipenuhi oleh batu batu kecil dan juga batu batu besar. Biasanya para wisatawan akan naik ke atas batu yang berukuran besar agar bisa melihat keindahan aliran Sungai Cihurip yang diapit dua tebing.

Lokasi Destinasi Wisata Curug Leuwi Tonjong

Destinasi wisata ini berada di sebuah Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut di Provinsi Jawa Barat. Jarak yang ditempuh dari Kota Garut memakan waktu sekitar dua jam perjalanan.

Pada awal mulai perjalanan kaliah cukup mengarahkan perjalanan menuju Jalan Raya Garut menuju Cikajang hingga sampai tiba menuju di Desa Jayamukti. Dari sini, wisatawan perlu mengandalkan petunjuk arah dari warga setempat.

Tidak ada kendaraan umum yang dapat melewati objek wisata ini karena lokasinya harus melewati pelosok hutan. Apabila kalian membawa kendaraan pribadi, kalian harus menitipkan kendaraan di lahan yang tersedia kemudian dilanjutkan dengan perjalanan dengan naik ojek dan ditambah dengan jalan kaki.

Saat berjalan kaki kita akan melewati jalan setapak yang cukup licin, curam dan terkadang berupa anak tangga yang tidak memiliki pegangan. Untuk itu teman teman harus menyiapkan kondisi fisik sebab butuh waktu sekitar tiga puluh menit berjalan kaki agar bisa sampai di lokasi

Fasilitas Curug Leuwi Tonjong

Curug Leuwi Tonjong
Sumber Gambar: Liputan6.com

Destinasi wisata ini memang belum dikelola dengan baik, sehingga sarana maupun prasarana yang tersedia belum mencukupi. Akses jalannya juga suli, area parkir yang sedikit serta kurangnya petunjuk jalan.

Namun, disini sudah tersedia fasilitas umum seperti toilet, warung dan mushola yang sederhana di lokasi wisata ini. Harga tiket masuk ke wisata ini dimulai dari harga Rp 10.000 – Rp 15.000, dibuka selama dua puluh empat jam.

Nah itulah informasi mengenai destinasi wisata Curug Leuwi Tonjong, semoga bermanfaat ya !

Avatar

Redaksi Kece

Hibur adalah portal berita yang bisa menghibur dan menjadi wawasan serta tempat mencari informasi terupdate

LAINNYA