Berlibur Ke Aceh Tamiang? Harus Berendam Di Pemandian Gunung Pandan!

4 minutes reading
Friday, 4 Mar 2022 12:44 0 535 Redaksi Kece

Menyibukkan diri demi keberlangsungan hidup memang merupakan prioritas utama tetapi rasa penat yang muncul nampaknya tak boleh dianggap sebelah mata. Rasa penat yang berlebih bisa membahayakan diri kita lho traveler! Salah satu bahaya yang muncul yaitu imunitas tubuh menjadi menurun dan bisa menyebabkan sakit. Bekerja harus diimbangi pula dengan liburan agar kehidupan mu balance. Bermain air sambil berendam nampaknya pilihan yang baik untuk dilaksanakan akhir pekan. Selain kamu bisa menghilangkan penat, berendam juga bisa membuat otot – otot mu lebih relax sehingga kamu semakin siap menghadapi hari Senin untuk kembali bekerja.

Kali ini ada baiknya traveler mencoba bermain air dan berendam di alam terbuka agar sensasi relax dari berendam bertambah juga karena mata kita langsung melihat indahnya pemandangan alam. Kira – kira dimana ya tempat yang bisa kita datangi untuk berendam sekaligus melihat pemandangan alam? Jawabannya adalah di tempat Pemandian Gunung Pandan, Aceh.

Buat kamu traveler yang berada di Aceh dan di sekitaran Sumatera Utara harus banget nih mengunjungi tempat ini!

Pemandian Gunung Pandan

Sumber Gambar: Google Maps @Ria Retno

Dari namanya sudah jelas kita tahu bahwa wisata ini menyajikan kesegaran air yang dapat traveler gunakan untuk berendam, berenang bahkan untuk sekedar merasakan relax ditepian sungainya pun tak jadi masalah. Pemandian ini benar – benar masih alami tanpa ada campur tangan buatan manusia. Asal air pemandian ini langsung dari Sungai Gunung Pandan sehingga air yang mengalir sangat bening dan jernih sekali. Pemandian ini menawarkan sensasi baru bagi para pengunjungnya yaknk mandi di alam terbuka yang sejuk ditemani keindahan Gunung Pandan secara langsung.

Disini terdapat juga air terjun kecil yang lokasinya ada di kaki Gunung Pandan itu sendiri. Hal ini menjadi pesona utama yang ditawarkan bagi pengunjung hingga banyak sekali orang yang rela datang jauh – jauh untuk sekedar merendamkan diri di pemandian ini.  Air sungainya cukup deras dan disekitarnya dikelilingi pepohonan rindang yang membuat udara disini semakin sejuk. Di pinggir sungai ini banyak sekali terdapat bebatuan gunung yang pastinya harus membuat traveler lebih berhati – hati saat menapakkan kaki.

Sumber Gambar: Instagram @indiraazzahraaa

Jika traveler membawa si kecil maka tak perlu khawatir karena di pemandian ini ada penyewaan ban dan pelampung seharga Rp 20.000 saja sehingga si kecil tetap bisa merasakan sensasi berenang di air sungai yang jernih ini dengan aman. Permainan menantang adrenalin pun siap menyapa traveler yang mempunyai jiwa pembarani salah satunya yaitu arung jeram.

Pemandian Gunung Pandan ini benar-benar cocok untuk semua kalangan dan semua usia. Terdapat pula beberapa pondok-pondok kecil yang terbuat dari kayu di tepi sungai bisa digunakan untuk traveler yang hanya ingin melihat keindahan aliran sungai didepan mata.

Sumber Gambar: Instagram @visit.tamiang

Tiket masuk yang dipatok tak begitu mahal yaitu Rp 30.000 per orang dan biaya parkir kendaraan sebesar Rp 5.000 tanpa ada durasi waktu alias bebas selama masih dalam jam operasional. Traveler bisa berkunjung mulai pukul 08.00 pagi hingga 17.00 sore setiap harinya. Sedikit tips buat traveler jika ingin berkunjung di hari libur nampaknya harus rela antre karena banyak sekali wisatawan lain yang juga ingin menikmati jernihnya air pemandian ini. Fasilitas di area ini pun cukup lengkap mulai dari toilet umum yang dipisahkan untuk laki-laki dan perempuan hingga musholla.

Jika perut keroncongan, traveler bisa membeli jajanan dari para penjual makanan yang ada di area pemandian atau jika ingin lebih hemat traveler bisa membawa makanan dari rumah lalu menyantapnya di area pemandian. Beberapa pengunjung tak jarang juga membuat perapian kecil semacam api unggun dari kayu yang berada disekitar pepohonan rindang untuk membakar ikan atau ayam mentah yang mereka bawa dari rumah lalu disantap bersama dengan keluarga ditepi Sungai Gunung Pandan.

Bagaimana rute menuju Pemandian Gunung Pandan?

Perjalanan menuju pemandian memakan waktu 45 menit hingga 1 jam dari pusat kota Aceh Tamiang namun perjalanan menjadi  lumayan menyita waktu bila traveler memulainya dari luar wilayah Aceh Tamiang. Traveler yang memulai perjalanan dari luar Aceh Tamiang awalnya harus mengarahkan kendaraan menuju Desa Selamat, Kecamatan Tenggulun. Perjalanan memasuki desa ini membuat hati tenang pasalnya suasana sejuk dari Gunung Pandan serta pemandangan kebun kelapa sawit di kiri kanan jalan akan menemani mu.

Dari Desa Selamat itulah perjalanan sebenarnya dimulai, traveler harus melanjutkan berjalan kaki 10 menit dengan kondisi medan yang berbatu dan terjal untuk bisa sampai di pintu gerbang pemandian. Buat traveler yang sudah jauh-jauh berkunjung bahkan melewati perjalanan panjang jangan lupa menyempatkan diri untuk berfoto disini ya!

Avatar

Redaksi Kece

Hibur adalah portal berita yang bisa menghibur dan menjadi wawasan serta tempat mencari informasi terupdate

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA