x

Berburu Oleh-Oleh di Tanah Minang, 5 Camilan Khas Ini Tak Boleh Dilewatkan

3 minutes reading
Thursday, 14 Oct 2021 11:59 0 1149 Redaksi Kece

Tak lengkap rasanya jika bepergian tanpa pulang membawa oleh-oleh. Apalagi, jika Anda sedang jalan-jalan di Kota Padang.

Indonesia24 – Bagaimana tidak, Padang menyajikan ragam kuliner khas Sumatera Barat yang sudah begitu populer di kalangan masyarakat Indonesia. Tak heran banyak wisatawan datang ke Padang untuk berburu kuliner khasnya. Tak sedikit pula wisatawan yang membawa pulang camilan khas Sumatera Barat sebagai buah tangan.

1. Sanjai

Hampir semua orang yang berkunjung ke Sumatera Barat tak pernah melewatkan keripik Sanjai Balado sebagai oleh-oleh. Sobat Pesona pun wajib menjadikan keripik singkong dengan bumbu balado ini sebagai pilihan pertama oleh-oleh khas Padang untuk dibawa pulang.

Tahukah anda kenapa keripik ini diberi nama Sanjai? Kata Sanjai berasal dari nama jalan di Desa Manggis Gantiang Sanjai, tempat asal para pembuat keripik singkong balado di Bukittinggi.

Sanjai Balado

2. Rakik Maco

Anda penggemar rempeyek? Jika iya, pasti sudah tahu, ada banyak jenis rempeyek khas tanah air, mulai dari rempeyek kacang, rempeyek teri, hingga rempeyek udang. Nah, rakik maco ini adalah jenis camilan berupa rempeyek ikan khas Minang. Jenis rempeyek ini diolah dari tepung beras dan tepung tapioka. Uniknya, bagian tengah dari rakik maco diberi ikan asin petek berukuran kecil. Dari rasanya, rakik maco tentu berbeda dengan jenis rempeyek dari daerah lain. Anda wajib mencobanya!

Rakik Maco

3. Dakak Dakak

Dakak-dakak merupakan jenis camilan yang terbuat dari tepung beras dengan campuran bumbu gurih dan rasa yang khas, berbentuk menyerupai gulungan mi dalam ukuran kecil.

Dakak-dakak begitu renyah dan menimbulkan bunyi kriuk-kriuk saat dikunyah. Sekali melahap, siapa pun dijamin akan sulit untuk berhenti. Saat ke Padang, Anda wajib membeli camilan ini, baik untuk diri sendiri maupun dibagi kepada teman, saudara, dan tetangga. 

Dakak-Dakak

4. Keripik Jengkol

Jengkol merupakan salah satu jenis buah dengan bau khas yang dianggap kurang sedap. Tetapi jangan salah, jengkol banyak digemari saat diolah menjadi berbagai jenis makanan. Salah satunya keripik jengkol.

Keripik jengkol, atau biasa disebut karupuak jariang menjadi salah satu oleh-oleh favorit para wisatawan yang berkunjung ke Padang. Keripik ini kerap dianggap sebagai penambah nafsu makan, sehingga cocok menjadi teman untuk lauk. Jangan lupa memasukkan keripik jengkol ini ke dalam keranjang ketika membeli oleh-oleh ya, supaya makan anda semakin lahap. 

Keripik Jengkol

5. Ganepo

Ganepo adalah kerupuk yang terbuat dari bahan dasar singkong. Untuk membuat ganepo, singkong yang digunakan harus berkualitas baik. Singkong dipotong dadu kecil, kemudian diberi bumbu kunyit, bawang merah, bawang putih, garam, lalu digoreng hingga matang dan renyah.

Rasa gurih ganepo membuat camilan ini cocok dimakan bersama dengan nasi. Meski begitu, Anda juga bisa menikmati ganepo sebagai snack saja. Hati-hati, ganepo bisa membuat Sobat Pesona ketagihan, lho!

Ganepo

Bagaimana Sobat Pesona, apakah sudah mulai tergoda untuk membeli semua camilan khas Sumatera Barat? Soal harga, tak perlu khawatir, sekantong camilan dalam kemasan 250 gram ini rata-rata dibanderol dengan harga Rp20.000,- hingga Rp40.000,-. Terjangkau bukan?


Dilihat :
234

Avatar

Redaksi Kece

Hibur adalah portal berita yang bisa menghibur dan menjadi wawasan serta tempat mencari informasi terupdate

LAINNYA
x
x