8 Tempat Bersejarah di Madinah Terbaik

5 minutes reading
Friday, 29 Oct 2021 10:16 0 1016 Redaksi Kece

Jika berbicara tentang destinasi wisata Islam, tentu nama Arab Saudi khususnya Mekkah menjadi salah satu yang paling mencuat. Mekkah yang kental akan sejarah Islam ini adalah tempat dimana Anda nantinya menunaikan ibadah haji dah umroh.

Arab Saudi yang menjadi bagian dari wisata halal terbaik di dunia, identik dengan tempat bersejarah di Mekkah juga memiliki kota lain bernama Madinah.

Meski tak masuk ke dalam agenda perjalanan ibadah haji dan umroh umat muslim dari seluruh penjuru dunia, saat berada di Arab Saudi, tidak ada salahnya untuk mengeksplor aja saja tempat bersejarah di kota ini.

Berikut kami hadirkan tempat bersejarah di Madinah yang tak boleh Anda lewatkan. Let’s check these out!

1. Masjid Nabawi

Mencari tempat wisata Ramadhan di luar negeri, tentu Anda wajib memasukkan Arab Saudi sebagai referensi Anda. Merupakan negara yang menyimpan sejarah peradaban Islam, ada banyak tempat bersejarah di Arab Saudi yang tersebar di berbagai kota. Selain Mekkah, ada Madinah.

Tak kalah pentingnya dengan Mekkah, tempat bersejarah di Madinah juga kental akan nilai historis tinggi dimana sangat cocok untuk Anda yang pecinta wisata sejarah sekaligus edukasi.

Rekomendasi pertama kami datang dari Masjid Nabawi, Madinah yang bagi umat muslim tentu namanya tak asing lagi. Masjid ini sendiri merupakan masjid yang dibangun oleh Nabi Besar Muhammad SAW.

Menjadi bagian dari masjid paling bersejarah dalam perkembangan Islam selain Masjidil Haram dan Masjidil Aqsa, selain merupakan tempat ibadah, Masjid Nabawi, Madinah juga menjadi tempat dimakamkannya kerabat-kebarah Rasul.

2. Kubah Hijau

Menawarkan keindahan arsitektur yang tak lekang oleh waktu serta menjadi saksi bisu perkembangan Islam di Madinah, menjelajah Masjid Nabawi bukan tidak mungkin akan membuat Anda lupa waktu.

Merupakan inspirasi dari masjid terindah di Indonesia, masih di lokasi yang sama, kami ingin mengajak Anda untuk menelusuri lebih jauh Masjid Nabawi.

Spot yang tak boleh Anda lewatkan jika tengah berada di masjid ini adalah Kubah Hijau yang berada tepat di atas makam Nabi Muhammad SAW.

Kubah besar yang berada di sisi tenggah Masjid Nabawi ini letaknya berdekatan dengan dua sahabat beliau yaitu Abu Bakar dan Umar bin Khattab.

3. Makam Baqi

Salah satu tujuan umat muslim ketika berada di Mekkah atau Madinah adalah untuk berziarah selain tentu saja, menunaikan ibadah haji dan umroh.

Madinah mengukir perjalanan Nabi Muhammad SAW dalam menyebarkan islam. Banyak tempat bersejarah di kota ini yang erat kaitannya dengan perkembangan Islam sehingga sayang untuk Anda lewatkan.

Rekomendasi berikutnya yang wajib Anda sambangi adalah Makam Baqi atau kerap disebut juga Jannatul Baqi. Sesuai namanya, Makam Baqi merupakan kompleks pemakaman besar di Madinah.

Makam Baqi menjadi peristirahatan terakhir tokoh-tokoh penting dalam perkembangan Islam di Madinah sehingga tak heran jika tempat ini selalu dipadati pengunjung yang ingin berziarah.

4. Masjid Qiblatain

Jika wisata religi di Indonesia belum memuaskan Anda, bagi Anda yang beragama Islam, mendatangi Mekkah dan Madinah dimana nilai-nilai Islam pertama kali diajarkan di kota tersebut sangat kami rekomendasikan.

Di Madinah sendiri ada cukup banyak masjid yang menyimpan nilai sejarah Islam. Selain Masjid Nabawi, berikutnya yang tak boleh Anda lewatkan adalah Masjid Qiblatain.

Fakta menarik tentang Masjid Qiblatain adalah di masjid inilah Nasi Muhammad SAW mendapatkan wahyu dari Allah SWT untuk menunaikan ibadah shalat dengan menghadap kiblat, Kab’ah atau Masjidil Haram.

Inilah yang kemudian menjadi cikal bakal mengapa masjid indah ini dinamai Masjid Qiblatain yang kini menjadi salah satu destinasi terbaik Madinah.

5. Jabal Uhud

Ragamnya tempat wisata bersejarah di Kota Madinah membuat Anda memiliki banyak referensi yang tempat yang harus dituju. Selanjutnya, yang tak boleh Anda lewatkan datang dari Jabal Uhud.

Jika diartikan, Jabal Uhud berarti bukit yang tandus. Bukan bukit sembarang bukit, Jabal Uhud menjadi saksi bisu perjuangan khalifah dalam mengajarkan agama Islam kala itu.

Jabal Uhud sendiri didekasikan untuk mengenang perjuangan para khalifah yang harus gugur dalam Perang Uhud, perang besar antara umat Islam melawan kaum kafir Quraisy yang terjadi pada awal tahun 600 masehi.

6. Kota Al Ula

Wisata sejarah menjadi favorit banyak orang karena umumnya menawarkan sesuatu yang mustahil untuk ditemukan di era modern seperti saat ini.

Madinah yang sarat akan tempat-tempat bersejarah ini memiliki satu tempat menarik yang tak boleh luput dari perhatian Anda yaitu sebuah kota bernama Kota Al Ula.

Saat ini menjadi kota mati, Kota Al Ula menyisakan reruntuhan serta puing-puing yang menjadi bukti betapa besarnya kuasa Allah SWT dalam meluluhlantakkan kaumnya yang jauh dari ajaran Islam.

Meski porak-poranda, Kota Al Ula masih menyisakan beberapa puing bangunan yang masih dijaga keasliannya hingga saat ini sehingga cocok jika Anda suka menyusuri peninggalan bersejarah.

7. Masjid Quba

Madinah menjadi kota dimana beberapa wahyu Allah SWT diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Belum puas dengan keenam destinasi bersejarah di kota ini, silakan masukkan nama Masjid Quba ke dalam list.

Masjid Quba menjadi masjid berikutnya yang didirikan oleh Nabi Muhammad SAW berdasarkan wahyu Allah yang terdapat dalam Surat At-Taubah.

Masjid yang didominasi warna putih yang meski sederhana namun indah ini berlokasi di sebelah tenggara Kota Madinah, tepatnya 5 kilometer dari pusat kota. Tertarik untuk mengunjunginya?

8. Raudah

Seperti yang sudah kami sebutkan, ada banyak spot menarik yang bisa Anda temukan di Masjid Nabawi. Untuk itu, pantang bagi Anda untuk melewatkan keindahan yang ditawarkan Raudah.

Raudah dalam Bahasa Indonesia berarti tiang. Ya, Raudah merupakan area di Masjid Nabawi yang dipenuhi tiang-tiang bercat putih, menampilkan panorama yang menakjubkan dengan nilai-nilai Islam di baliknya.

Berlokasi di tempat yang dulunya merupakan rumah Siti Aisyah, Raudah dipercaya menjadi tempat dimana segala doa dan tujuan baik akan dikabulkan.

Tak heran jika Raudah menjadi spot wajib yang tak boleh dilewatkan jika Anda berada di Masjid Nabawi.

Itu dia rekomendasi tempat bersejarah di Madinah. Enjoy!

Avatar

Redaksi Kece

Hibur adalah portal berita yang bisa menghibur dan menjadi wawasan serta tempat mencari informasi terupdate

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA