7 Tempat Wisata Gratis di Bogor untuk Liburan Hemat

5 minutes reading
Wednesday, 15 Dec 2021 04:14 0 656 Redaksi Kece

Berbicara tentang tempat liburan dekat Jakarta yang paling recommended, nama Bogor tentu tak pernah terlewatkan. Ragam tempat wisata gratis di Bogor bisa menjadi pilihan Anda untuk menghabiskan akhir pekan.

Lokasinya yang dekat dan mudah diakses menggunakan berbagai macam moda transportasi umum membuat beberapa titik di Bogor selalu dipadati wisatawan kala weekend tiba.

Tak melulu mahal, menariknya, masih banyak tempat-tempat wisata gratis di Bogor, cocok untuk Anda yang sedang berhemat. Apa saja yang tak boleh dilewatkan? Simak rekomendasi tempat wisata gratis di Kota Bogor di bawah ini, ya!

1. Taman Sempur

Dekat dengan Ibukota, Bogor dikenal sebagai kota hujan yang menyimpan ragam tempat wisata ciamik. Ada beberapa spot di kota ini yang layak untuk Anda kunjungi jika ingin merasakan pengalaman berlibur tanpa harus membayar tiket masuk alias gratis.

Salah satu yang paling sering direkomendasikan adalah Taman Sempur yang berada di pusat kota. Taman ini sering dijadikan lokasi untuk berolahraga pagi masyarakat setempat.

Sudah dipoles demikian rupa, kini Taman Sempur sudah bertransformasi menjadi taman kota yang kekinian, cocok untuk Anda yang mencari tempat hunting di Bogor.

Menariknya, untuk masuk ke area taman, pengunjung tak akan dikenakan biaya tiket masuk sepeser pun. Tak heran jika Taman Sempur selalu ramai.

2. Istana Bogor

Sering dijadikan destinasi liburan akhir semester di Bogor, kami yakin banyak dari Anda yang sudah tak asing dengan tempat satu ini. Ya, Istana Bogor.

Merupakan salah satu landmark Kota Bogor, Istana Bogor adalah opsi tepat bagi Anda yang sedang mencari tempat wisata gratis di Bogor karena tidak ada tiket masuk untuk bisa menjelajahi area Istana Bogor ini.

Meski gratis, ada sejumlah aturan yang harus pengunjung taati jika ingin masuk ke area Istana Bogor karena tempat ini merupakan lokasi kerja Presiden Republik Indonesia.

Salah satunya adalah dengan mengirim surat permohonan izin terlebih dahulu. Setelah itu, Anda harus menunggu kurang lebih lima hari untuk mendapatkan konfirmasi dari pihak pengelola. Bagaimana? Tertarik?

3. Patung Buddha Tidur

Tak hanya tempat wisata gratis di Jakarta saja yang menjadi buruan, Bogor pun juga demikian. Menjadi tempat wisata di Jawa Barat yang lokasinya paling dekat dengan Jakarta, tak heran jika minat wisatawan akan kota ini begitu tinggi.

Selanjutnya, rekomendasi spot wisata gratis di Kota Bogor datang dari Patung Buddha Tidur yang terletak di Jalan Taya Parung, PWRI Kampung Jati Tonjong, Tajur Halang, Bogor.

Buka setiap hari mulai jam 8 pagi hingga 10 malam, di tempat ini Anda bisa menyaksikan patung Buddha berukuran rakrasa yang berada di area Vihara Buddha Dharma & 8 Pho Sat, persis seperti yang anda di Thailand.

Karena merupakan rumah ibadah, pengunjung diharuskan untuk tetap tenang selama berada di area Patung Buddha Tidur.

4. Telaga Malimping

Ingin menepi dari hiruk pikuk kota selama berada di Bogor, Anda bisa memacu kendaraan ke Desa Ciades, Kecamatan Cigompong, Kabupaten Bogor untuk mengunung satu tempat wisata menarik bernama Telaga Malimping.

Dengan tiket masuk nyaris gratis, hanya perlu merogoh kocek 2.500 rupiah saja, pengunung akan disambut oleh berbagai macam wahana permainan berhiaskan pemandangan hijau dan asri yang memanjakan mata.

Cocok untuk dijadikan tempat wisata anak di Bogor lewat ragam wahana seru yang bisa dinaiki, Anda pun bisa tetap berhemat karena tiket masuknya yang murah meriah.

5. Situ Gede

Tempat wisata berikutnya ini adalah favorit warga Bogor. Bukan hanya karena menawarkan hamparan alam yang cantik nan asri, pengunjung tidak akan dikenakan biaya tiket masuk untuk masuk ke dalam areanya.

Ya, adalah Situ Gede yang menjadi spot langganan warga Bogor untuk memancing, menaiki perahu, atau sekadar bejalan-jalan santai di di bawah pepohonan yang rimbun.

Yang tak kalah menarik, Situ Gede juga sering dijadikan sebagai lokasi syuting film maupun sinetron Indonesia sehingga dengan mengunjunginya, siapa tahu Anda akan bertemu dengan idola Anda.

6. Gunung Pancar

Tak kalah dengan Jakarta, Di Bogor Anda juga bisa menemukan tempat-tempat Instagramable dengan mudah. Salah satu yang tak boleh dilewatkan dan tengah viral belakangan ini adalah Gunung Pancar.

Dengan hanya membayar tiket masuk sebesar 2000 rupiah saja yang nyaris gratis, Anda sudah bisa memasuki area Gunung Pacar untuk melakukan berbagai macam aktivitas seperti berkemah, bersepeda, jogging, atau hanya sekadar berfoto-foto saja.

Didominasi oleh pepohonan pinus yang menjulang tinggi membuat suasana di Gunung Pancar ini begitu rindang dan asri, cocok untuk melepas penat sejenak. Tempat ini juga recommended untuk dijadikan wisata idul fitri di Bogor bersama keluarga.

7. Museum Etnobotani

Tempat wisata gratis di Bogor yang dekat Sentul maupun Depok tak hanya didominasi oleh objek wisata alam saja. Anda juga bisa berwisata sembari belajar dengan berkunjung ke Museum Etnobotani.

Berdiri sejak tahun 1982, Museum Etnobotani menyimpan banyak barang-barang peninggalan sejarah yang digunakan masyarakat pada dahulu kala untuk mempelajar keberagaman suku di Indonesia.

Buka setiap hari Senin hingga Kamis, Museum Etnobotani bisa Anda kunjungi dengan membayar tiket masuk yang nyaris gratis, hanya 2000 rupiah saja.

Letaknya yang sedikit tersembunyi mungkin akan sedikit membingungkan Anda. Jangan lupa untuk menyiapkan peta digital Anda, ya!

8. Warso Farm

Khusus untuk Anda para pecinta durian, wajib untuk memasukkan nama Warso Farm ke dalam wishlist perjalanan wisata gratis Anda selama berada di Bogor.

Berlokasi di Desa Cihideung, 10 KM dari pusat kota, Warmo Farm merupakan area perkebunan dimana pengunjung dapat mempelajari ragam informasi yang berkaitan dengan buah durian kemudian menyantapnya yang sudah diolah menjadi berbagai macam hidangan

Pihak pengelola tidak menerapkan tiket masuk bagi Anda yang tertarik untuk berkunjung ke Warso Farm ini. Jika ingin menyantap durian, tentu Anda akan dikenakan biaya yang nominalnya bervariasi tergantung jenis hidangan dan diolah seperti apa buah durian yang Anda pesan.

Itu dia tempat wisata gratis di Bogor yang sudah kami ulas dan rekomendasikan untuk Anda. Enjoy!

Avatar

Redaksi Kece

Hibur adalah portal berita yang bisa menghibur dan menjadi wawasan serta tempat mencari informasi terupdate

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA