Home Travel Festival Gawai Dayak, Salah Satu Festival yang Harus Kamu Lihat

Festival Gawai Dayak, Salah Satu Festival yang Harus Kamu Lihat

112
0

Di Suku Dayak ada banyak festival atau upacara adat yang bisa kamu temui dan kunjungi. Tetapi, diantaranya ada satu yang cukup menarik untuk dinikmati. Namanya adalah Festival Gawai Dayak yang konon sudah ada sejak tahun 1964 Lho. Budaya ini terus dilestarikan hingga sampai saat ini.

Biasanya, tradisi ini dilakukan setiap setahun sekali dan menjadi salah satu agenda wajib pemerintah Kalimantan Barat untuk mendatangkan wisatawan. Penasaran dengan berbagai festival yang dipersembahkan warga Dayak? Mari kita lihat pertunjukannya di bawah ini. Dijamin, kamu pasti ingin melihatnya walau hanya sekali saja.

Mengenal Gawai Dayak

Sumber Gambar: dayaktalino.blogspot.com

Festival Gawai Dayak biasanya diadakan pada bulan Juni, dimana upacara adat ini dikhususkan sebagai salah satu cara masyarakat Suku Dayak memanjatkan syukur kepada Tuhan atas hasil panen tahunan. Mereka juga berdoa, agar hasil panen tahun depan lebih baik dari yang sekarang. Serta terbebas dari marabahaya yang mengintai.

Biasanya, Gawai Dayak dilakukan di Rumah Radakng dan dilakukan oleh para ketua adat suku Dayak. Tujuannya agar acara ini bisa berjalan lancar. Hampir semua suku dari berbagai daerah bersatu untuk mengadakan festival ini. Serta melakukannya bersama-sama.

Masyarakat sekitar akan menggunakan pakaian khas Dayak. Mereka biasanya akan berkeliling pusat kota dengan berjalan kaki. Arak-arakan inilah yang selalu ditunggu oleh wisatawan. Mereka bisa melihat pakaian adat lengkap dari dekat. Musik tradisional juga akan mengirim perjalanan mereka, disertai dengan tari-tarian adat yang cukup mengesankan.

Jalannya Festival Gawai Dayak

Sumber Gambar: amazingborneo.id

Selain tari-tarian dan pertunjukan musik tradisional. Kamu juga bakal menyaksikan pertunjukan lainnya. Beberapa tokoh dayak akan membuktikan mereka yang kebal dengan berbagai senjata tajam. Bila kamu tidak percaya, kamu meminjam senjatanya dan mencobanya.

Biasanya, senjata yang digunakan sangat tajam bahkan, saat terkena kulit sedikit saja, kamu sudah terluka dan berdarah. Sebelum melakukan tradisi ini, Beberapa tokoh Dayak tersebut akan melakukan ritual terlebih dahulu. Ritual inilah yang membuat mereka tahan terhadap apa pun.

Tidak hanya masyarakat Dayak saja, yang bisa mengikuti tradisi ini, Para pengunjung juga bisa mengikutinya lho. Ada beberapa permainan yang disuguhkan untuk diikuti. Salah satunya adalah menangkap Babi. Biasanya, para peserta yang sudah mendaftar akan ditempatkan di suatu tanah lapang. Babi dilepaskan, siapa yang bisa menangkapnya akan menang.

Cobalah untuk mengikuti tradisi ini, rasakan keseruannya yang membuatmu tertawa walaupun, ada rasa lelah. Biasanya tersamarkan karena riuh masyarakat yang melihatnya. Biasanya, festival ini akan berlangsung selama satu minggu penuh. Banyak hal yang bisa kamu temui disini, mulai dari makanan khas, aksesoris, pakaian adat, alat musik tradisional yang bisa kamu beli untuk oleh-oleh.

Disini, kamu juga bisa melihat agenda Nyangahatn yang merupakan bagian pokok dalam acara ini. Dengan tahapan ada empat. Pertama Matik bertujuan untuk memberitahu hajat keluarga kepada para arwah leluhur dan Jubata. Kedua adalah ngalantekatn yang merupakan permohonan keluarga. Ketiga, mibis agar semu yang buruk dijauhkan, dan terakhir adalah ngadap buis yang merupakan wujud syukur.

Sebelum Festival Dimulai

Sebelum festival ini dimulai para tetua adat dan beberapa tokoh akan melakukan berbagai macam upacara terlebih dahulu. Mereka akan melakukan berbagai macam persembahan yang ditujukan untuk Dewi Padi. Banyak makanan dan minuman yang disediakan disini.

Biasanya, ada sang penyair yang akan membacakan beberapa mantra. Sembari mantra dibacakan darah ayam jantan akan dilumuri pada bahan makanan yang dipersembahkan. Selanjutnya, sebatang pokok atau rinnai akan ditancapkan di tengah ruangan rumah radakng yang disertai dengan makanan dan juga minuman yang cukup melimpah.

Bila festival ini sudah selesai, biasanya ranyai ini akan diturunkan dan ketua adat akan menutup festival Gawai Dayak. Hal yang menariknya lagi, biasanya perhiasan manik orang ulu akan dikeluarkan selama festival. Sementara, sebagai perawan iban menggunakan perhiasan perak.

Kesimpulan

Festival Gawai Dayak menjadi salah satu daya tarik Kalimantan yang harus kamu lihat. Menariknya acara ini, kamu bisa melihat semua kebiasaan warga Dayak yang masih menjunjung tinggi adat dan istiadat, Perhiasan, alat musik tradisional, pakaian adat, dan masih banyak lagi tentang Suku Dayak bisa kamu lihat disini. Tahun ini, agendakan yuk melihat festival ini.

Previous articlePantai Busung, Tempat Terbaik Untuk Menikmati Lembayung Senja
Next articleMelihat Pesona Jawa Tengah Dari Puncak Gunung Merapi
Hibur adalah portal berita yang bisa menghibur dan menjadi wawasan serta tempat mencari informasi terupdate

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here