Home Travel 20 Tempat Wisata di Larantuka Flores Timur

20 Tempat Wisata di Larantuka Flores Timur

455
0

Indonesia adalah negara kepulauan yang terkenal dengan wisata baharinya mulai dari Sabang sampai Merauke, banyak tempat wisata dan keindahan alam serta Pantai yang menakjubkan. Tak heran mampu menghipnotis wisatawan mancanegara untuk datang traveling dan menikmati keindahan alam tropis Indonesia yang eksotis.

Di Indonesia bagian timur tepatnya di Larantuka, Flores, Nusa Tenggara Timur adalah surganya para wisatawan dan sudah tak asing lagi bagi para pelancong baik domestik maupun mancanegara bahkan banyak juga surga tersembunyi yang masih belum terjamah oleh manusia dan menjadi tempat wisata di Indonesia yang jarang dikunjungi karena masih sangat asri dan alami.

Bagi para traveler yang ingin mengeksplor Larantuka, Flores Timur berikut adalah spot-spot yang indah dan mengagumkan bagi yang menyaksikannya bahkan membuat betah dan ingin berlama-lama berada di daerah yang terkenal ramah penduduknya ini.

1. Pantai Oa

Pantai Oa
Pantai Oa (Tempat Wisata di Larantuka, Flores Timur, NTT)

Spot wisata yang paling dominan di Larantuka, Flores ini terkenal dengan wisata baharinya yang indah dan eksotis. Salah satunya adalah Pantai Oa yang sedang hits dan populer di media sosial dengan keasrian dan alami pantainya dan termasuk pantai terbaik di Nusa Tenggara Timur yang wajib dikunjungi.

Pantai yang terletak di Kecamatan Wulanggitang Kabupaten Flores Timur ini memiliki hamparan pasir yang bersih dan air lautnya yang biru dan jernih serta pemandangan barisan bukit yang menambah kesan eksotis. Tidak akan menyesal jika berkunjung ke spot wisata Pantai Oa ini.

Pantai yang berjarak sekitar 50 Km dari kota Larantuka ini mulai dirintis oleh Pemda setempat pada tahun 2016 yang mana berawal dari kreativitas pemuda desa yang mempromosikan di media sosial sehingga mampu menarik para wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang hingga saat ini semakin dikenal dan digandrungi oleh para turis.

2. Danau Waibelen

Danau Weibelen
Danau Weibelen (Tempat Wisata di Larantuka, Flores Timur, NTT)

Danau Waibelen terletak di Riangpuho, Desa Waibao, Kecamatan Tanjung Bunga, Kabupaten Flores Timur. Danau Waibelen memang masih asing terdengar namun keindahan Danau nya tak kalah menarik dibanding spot wisata lain di Flores Timur sehingga layak disebut sebagai wisata alam Indonesia yang tersembunyi di Larantuka, Flores Timur, NTT.

Menurut sejarah Danau Waibelen terbentuk dari letusan gunung Sodoberawao pada tahun 400-500 sebelum Masehi. Danau yang juga disebut dengan nama Danau Asmara ini karena dibalik nama tersebut konon ceritanya ada kisah mistis dan romantis di Danau Waibelen ini yaitu asmara dua sejoli yang tak direstui oleh orang tua sehingga mereka memutuskan untuk bunuh diri di Danau ini.

Dibalik cerita mistis danau ini ada persyaratan yang harus dilakukan oleh para turis yang datang yaitu sebelum masuk area danau untuk menikmati keindahan Danau Waibelen maka wajib dibasuh dengan air danau oleh juru kunci setempat karena masyarakat setempat masih mempercayai bahwa buaya yang hidup didalam danau adalah jelmaan nenek moyang mereka.

3. Pantai Ina Burak

Pantai Ina Burak
Pantai Ina Burak (Tempat Wisata di Larantuka, Flores Timur, NTT)

Pantai Ina Burak adalah salah satu pantai paling andalan nan cantik yang berada di selatan Pulau Adonara, Desa Nihaone, Kecamatan Ile Boleng, Kabupaten Flores Timur. Pantai ini menyuguhkan hamparan pasir putih yang halus dan air laut yang biru dan jernih serta bersih sehingga tak heran pantai ini disebut sebagai Surga tersembunyi di Pulau Adonara.

Pantai yang berjarak sekitar 12 km dari pusat kota Waiwerang, Kecamatan Adonara Timur. Nama Ina Burak memiliki arti yaitu Ina (perempuan), dan Burak (putih) bermakna sebagai ‘Perempuan berkulit putih‘, atau yang lebih pas disebut sebagai ‘Pantai Pasir Putih‘.

Tak hanya soal keindahan pasir dan lautnya saja, yang menjadi ikon menarik lainnya di pantai tersembunyi di Indonesia yang terindah ini adalah banyaknya batuan magma yang tersusun rapi. Tepat disebelah kiri pantai ini terdapat batu besar seperti tanjung yang menjorok ke laut. Sedangkan disebelah kanannya terdapat bebatuan magma besar dan menjulang tinggi sekaligus menjadi pembatas dengan Pantai Watotena.

4. Pemandian Air Panas Waiplatin

Pemandian Air Panas Waiplatin
Pemandian Air Panas Waiplatin (Tempat Wisata di Larantuka, Flores Timur, NTT)

Pemandian Air Panas Waiplatin ini berada di Pantai Selatan tepatnya di Oka, Desa Mokantarak, Kecamatan Larantuka. Air Panas memiliki keunikan tersendiri karena airnya keluar secara alami di tumpukan batu di pesisir pantai dan menjadi salah satu tempat pemandian air panas di Indonesia yang bisa membuat tubuh rileks yang recomended sekali. Airnya sedikit terasa belerang dan suhu air yang keluar terasa panas.

Pemerintah daerah setempat telah menata pemandian Air Panas Waiplatin ini sebagai tempat kawasan pemandian umum dan telah disediakan kolam – kolam alamiah dan permanen, gazebo, area permainan, toilet, Kamar mandi bilas serta fasilitas penunjang lainnya.

Setiap pagi, sore dan malam pemandian air panas ini ramai didatangi pengunjung yang ingin mandi di Air Panas Waiplatin ini. Bahkan tak hanya mandi biasa tetapi juga mandi terapi sebagai pengobatan dari berbagai penyakit. Tak hanya sebagai tempat pemandian, namun disekitar lokasi banyak ditemukan tanaman bakau dan tumbuhan lain yang rindang dan menyejukkan dan terlihat indah saat matahari terbit (sunrise).

5. Air Panas Pantai Kawaliwu

Air Panas Pantai Kawaliwu
Air Panas Pantai Kawaliwu (Tempat Wisata di Larantuka, Flores Timur, NTT)

Air Panas di Pantai Kawaliwu berada di pantai utara tepatnya di Desa Ile Padung dan Sinar Hading, Kecamatan Lewolema. Letak air panas ini tepat di bibir pantai. Berbeda dengan pemandian Air Panas Waiplatin, Air Panas Kawaliwu memiliki keunikan lain yaitu jika pengunjung ingin menikmati sensasi air panas ini harus dengan cara menggali pasir dan batu – batu kecil di sekitar lokasi.

Tak jarang banyak pengunjung yang menggali ceruk di sela – sela batu besar untuk mendapatkan air panas untuk berendam atau sekedar menghangatkan tubuh.Waktu yang tepat untuk menikmati Air Panas Kawaliwu ini adalah di sore hari karena selain merasakan mandi air panas, pengunjung sekaligus menikmati keindahan sunset diwaktu senja yang menjadi objek andalan di sore hari.

Berbeda dengan pantai lain, Pantai Kawaliwu memiliki pasir yang hitam, batu – batu kerikil dan bebatuan besar. Air lautnya yang tenang serta barisan pohon – pohon kelapa yang menjulang tinggi terlihat berpadu menghiasi Pantai Kawaliwu ini.

6. Pulau Meko

Pulau Meko
Pulau Meko (Tempat Wisata di Larantuka, Flores Timur, NTT)

Nusa Tenggara Timur tak lepas dari pesona wisata bahari dan kepulauan. Banyak ditemukan pulau – pulau eksotis baik yang sudah terkenal sampai ke mancanegara maupun pulau yang masih belum terjamah oleh para wisatawan. Salah satu pulau yang tak kalah menarik dibanding pulau – pulau lain di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur adalah ‘Pulau Meko’.

Pulau Meko berada di Dusun Meko, Kecamatan Witihama, Pulau Adonara, Flores Timur. Pulau yang terlihat sangat mempesona dengan gundukan pasir putih timbul ditengah lautan tanpa ditumbuhi pepohonan dan tak berpenghuni. Airnya berwarna biru kehijauan, tenang dan nyaris tak ada ombak sehingga wisatawan bisa berjalan berkeliling pulau. Tapi ketika pasang sedang naik, pulau ini akan tenggelam.

Luas Pulau Meko ini tak sampai 1 km tetapi keindahan dan keunikan pantainya membuat pengunjung terkagum dengan hamparan pasir putih yang sedikit agak pink karena merupakan dari batu karang yang hancur. Pulau Meko ini cocok untuk berlibur sekaligus menenangkan diri dari segala aktivitas dan kebisingan kota membuat pikiran jadi fresh dan relax kembali.

7. Semana Santa (Pekan Suci)

Semana Santa
Semana Santa (Tempat Wisata di Larantuka, Flores Timur, NTT)

Di Larantuka Flores, tidak hanya wisata alam yang bisa dinikmati oleh para wisatawan tetapi masih jenis wisata yang menarik lainnya yaitu wisata religi sebut saja ‘Semana Santa’ atau disebut juga ‘Hari Bae’ adalah ritual perayaan pekan suci paskah yang dilakukan selama tujuh hari berturut turut oleh umat Katolik di Larantuka.

Tradisi religi perayaan paskah Semana Santa ini merupakan warisan budaya Portugis dan tradisi adat yang sudah berlangsung selama 500 tahun yang lalu yang tak bisa lepas dari kehadiran Tuan Ma yang melegenda.

Dalam prosesi Jumat Agung merupakan hari puncaknya Semana Santa yang mana Tuan Ma (Bunda Maria) yang mengenakan jubah berwarna biru diarak mengelilingi kota Reina menuju Katedral Renha Rosari Larantuka sambil menyanyikan lagu dan menyalakan lilin sepanjang jalan.

8. Pulau Waibalun

Pulau Waibalun
Pulau Waibalun (Tempat Wisata di Larantuka, Flores Timur, NTT)

Di Pulau Waibalun ini ada dua tujuan estimasi wisata yang akan dikunjungi yaitu wisata alam dan wisata religi. Bagi yang beragama kristiani akan mendapatkan keuntungan berlibur di pulau ini yaitu bisa ziarah rohani dan memanjatkan doa dibawah patung Yesus yang telah dibangun di tempat ini.

Pulau Waibalun berada di bagian selatan Kota Larantuka, tepatnya di Kelurahan Waibalun, Kecamatan Larantuka, Flores Timur. Berada di Pulau Waibalun ini akan membuat pengunjung akan terpesona dengan pemandangan alamnya karena pulau ini diapit oleh 3 pulau besar yaitu Pulau Flores, Adonara dan Solor. Sehingga pemandangannya akan memukau jika dilihat dari segala arah.

Sebelum Pengunjung menginjakkan kaki di Pulau Waibalun ini biasanya akan dibawa mengelilingi pulau dan kalau sudah puas baru kapal akan dilabuhkan di pulau ini. Jika pengunjung ingin naik ke puncak bisa menaiki anak tangga yang sudah disediakan.

9. Pantai Pasir Putih Weri

Pantai Pasir Putih Weri
Pantai Pasir Putih Weri (Tempat Wisata di Larantuka, Flores Timur, NTT)

Pantai Pasir Putih Weri ini dikenal sebagai pantai yang paling bersih dan alami di Larantuka. Airnya yang jernih dan hamparan pasirnya yang putih dan halus membuat pantai ini terlihat menarik. Dibagian sisi pantai terlihat pemandangan pulau Adonara serta hamparan pegunungan, Jika datang di pagi hari pengunjung akan menikmati pemandangan sunrise yang begitu menenangkan pikiran dan kesejukan.

Tak hanya menikmati keindahan pantainya saja. Di Pantai Pasir Putih Weri juga tersedia wisata kuliner sehingga para pengunjung tidak perlu khawatir jika lapar ketika berada di pantai ini. Ada beberapa cafe yang tersedia di area lokasi pantai yang menyuguhkan berbagai aneka masakan dan yang pasti menu utamanya adalah seafood tentunya.

10. Benteng Lohayong

Benteng Lohayong
Benteng Lohayong (Tempat Wisata di Larantuka, Flores Timur, NTT)

Benteng Lohayong merupakan wisata sejarah sekaligus religi yang masih lestari sampai sekarang. Benteng Lohayong yang berukuran 52 x 36 meter adalah sebuah peninggalan bangsa Portugis dan dibangun pada tahun 1557. Benteng tersebut dijadikan sebagai pertahanan oleh bangsa Portugis yang selalu mendapat serangan dari penduduk lokal dan akhirnya pada tahun 1600 benteng ini ditinggalkan.

Abdullah Imran, seorang Sekretaris Desa Lohayong II menuturkan, setiap tahun benteng ini dikunjungi sekitar 500 orang yang kebanyakan adalah peziarah ‘Semana Santa’ Jumat Agung yang menurut sejarah didalam benteng tersebut diperkirakan ada delapan pastor yang dibunuh oleh penduduk asli. Sehingga benteng ini merupakan bagian dari rangkaian ziarah rohani Semana Santa tersebut.

11. Pantai Watohari

Pantai Watohari
Pantai Watohari (Tempat Wisata di Larantuka, Flores Timur, NTT)

Pantai Watohari berada di Watohari, Kecamatan Solor Timur, Kabupaten Flores Timur, merupakan pantai yang tak kalah indah dari pantai – pantai lainnya di Kabupaten Flores Timur. Pantai yang berpasir putih sepanjang 500 meter dan memiliki lebar sekitar 30 hingga 50 meter.

Pantai yang memancarkan keindahan dengan hamparan pasir putih yang bertekstur halus dan buih ombak yang putih serta ditumbuhi jenis tanaman seperti daun pandan di sepanjang pantai. Siapapun yang berada disini akan merasakan tenang dan nyaman seiring hembusan angin pantai yang sepoi-sepoi.

Pantai Watohari ternyata memiliki cerita legenda yang berhubungan dengan dua batu besar berwarna hitam sekaligus menjadi spot menarik di pantai ini. Konon katanya batu tersebut merupakan perubahan wujud dua kakak beradik yang muncul dari dalam laut pada malam hari. Legenda menyebutkan dua kakak beradik tersebut berubah menjadi batu setelah mendengar kokok ayam jantan disekitar pantai.

12. Pantai Tanjung Bunga

Pantai Tanjung Bunga
Pantai Tanjung Bunga (Tempat Wisata di Larantuka, Flores Timur, NTT)

Berikut adalah ikon wisata bahari selanjutnya yang terletak di ujung paling timur Flores Timur adalah Pantai Tanjung Bunga atau sekitar 2,5 jam perjalanan dari Kota Larantuka. Di pantai ini pengunjung bisa menikmati keindahan alamnya sembari bersantai, bermain air, berjemur, bahkan menyelam hingga menikmati panorama sunset yang memukau di sore hari bersama keluarga dan orang-orang tersayang.

Pantai Tanjung Bunga terletak di Waibao, Kecamatan Tanjung Bunga, Kabupaten Flores Timur. Di Tanjung Bunga tidak hanya bisa menikmati panorama laut saja tetapi banyak icon wisata menarik lainnya yang bisa kita jelajahi seperti ‘Batu Payung Karang’ di tengah laut serta ‘Situs Cagar Alam Nopin’.

13. Pantai Kahale

Pantai Kahale
Pantai Kahale (Tempat Wisata di Larantuka, Flores Timur, NTT)

Wisata bahari selanjutnya yang tak kalah indah adalah Pantai Kahale yang juga terletak di Kecamatan Tanjung Bunga adalah pantai eksotis yang menyuguhkan pemandangan hamparan pasir putih yang lembut serta deretan pohon bakau dan kelapa di sepanjang pantai yang memukau.

Dari Pantai Kahale pengunjung bisa menyaksikan keindahan teluk Tanjung Bunga yang menakjubkan. Berada di pantai ini memberikan kesan tenang, enjoy dan mampu mengusir stres sehingga membuat betah wisatawan berlama-lama di pantai ini.

14. Pantai Paihaka

Pantai Paihaka
Pantai Paihaka (Tempat Wisata di Larantuka, Flores Timur, NTT)

Masih berada di Kecamatan Tanjung Bunga, tepatnya di Desa Waibao. Pantai Waihaka juga tak jauh berbeda dari pantai yang lain yaitu menyuguhkan hamparan pasir putih yang halus dan air lautnya yang biru dan jernih sehingga menjadi spot wisata populer oleh masyarakat sekitar.

Namun uniknya pantai ini adalah karena menjadi lokasi penggalian dan penelitian periuk kuno dari tanah dan tulang manusia berusia 2000 tahun oleh arkeolog dari Perancis. Spot wisata ini memiliki jarak tempuh sekitar 2, 5 jam perjalanan dari Kota Larantuka.

15. Kampung Tori

Kampung Tori
Kampung Tori (Tempat Wisata di Larantuka, Flores Timur, NTT)

Kampung Tori adalah sebuah perkampungan tradisional di Larantuka yang memiliki rumah-rumah kecil yang dibangun sebagai tempat ibadah dan sebagai tempat penyimpanan barang – barang Kudus peninggalan bangsa Portugis.

Setiap Tori menyimpan barang-barang Kudus yang berbeda – beda antara satu dengan yang lainnya. Oleh sebab itu bagi pengunjung yang beragama Kristiani, berlibur di Larantuka Flores Timur, mengunjungi Kampung Tori jangan sampai terlewatkan karena selain menikmati keindahan alamnya bisa sekaligus berwisata religi.

16. Desa Lamawalang

Desa Lamawalang
Desa Lamawalang (Tempat Wisata di Larantuka, Flores Timur, NTT)

Jika ke Flores Timur jangan lupa mampir ke Desa Lamawalang yaitu sebuah desa budaya di Larantuka. Di desa ini para wisatawan bisa melihat rumah – rumah adat khas Flores yang masih asli dan lestari sampai sekarang.

Menariknya di desa ini wisatawan bisa menyaksikan secara langsung proses pembuatan tenun ikat, proses penyulingan alkohol secara tradisional serta penampilan tari tradisional Larantuka. Jika beruntung wisatawan bisa menyaksikan acara prosesi adat kurban.

17. Taman Doa Bukit Fatima dan Salib Yubelium

Taman Doa Bukit Fatima & Salib Yubelium
Taman Doa Bukit Fatima & Salib Yubelium
(Tempat Wisata di Larantuka, Flores Timur, NTT)

Tempat wisata religi adalah wisata andalan di Larantuka Flores. Tempat wisata rohani yang paling terkenal adalah Taman Doa Bukit Fatima dan Salib Yubelium yang dibangun pada tahun 2014 dan terletak di Bukit San Dominggo Kelurahan Larantuka. Taman ini tak jauh dari istana keuskupan Larantuka yang berjarak sekitar 300 meter.

Dari atas bukit Sandominggo para peziarah atau pengunjung dimanjakan oleh pemandangan pulau Adonara dan Solor.

18. Pantai Watotena

Pantai Watotena
Pantai Watotena (Tempat Wisata di Larantuka, Flores Timur, NTT)

Pantai Watotena merupakan yang sangat populer dan menawan di Pulau Adonara yaitu pulau salah satu pulau yang terletak paling ujung Flores Timur. Pantai ini terletak di desa Nelerereng, Kecamatan Ileboleng, Adonara Timur, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur. Nama Watotena sebenarnya memiliki makna ‘Perahu dari Batu’ yang memang terlihat pemandangan batu besar berwarna hitam (Batu Magma) berbentuk seperti perahu dari batu.

Pantai Watotena sangat anggun dan mempesona dengan pasir putihnya yang bersih dan air laut yang berwarna hijau kebiruan dengan deburan ombaknya yang tenang serta desiran angin pantai yang sepoi, bahkan dihiasi pula dengan pemandangan gunung Ileboleng, Pulau Lembata dan Pulau Solor yang menyejukkan mata. Pantai Warotena layak disebut sebagai Pantai Terindah di Indonesia.

19. Asam Satu Beach (Watan Tobi Tou)

Pantai Asam Satu
Pantai Asam Satu (Tempat Wisata di Larantuka, Flores Timur, NTT)

Pantai Asam Satu Beach atau disebut juga dengan nama Watan Tobi Tou merupakan salah satu pantai yang menjadi primadona bagi masyarakat Larantuka. Bagaimana tidak pantai yang terletak di Kelurahan Weri, Kecamatan Larantuka ini memiliki pemandangan gunung Ile Mandiri dengan hamparan pantai yang membentang dari timur hingga barat serta bisa menyaksikan langsung keindahan pulau Adonara yang berhadapan langsung dengan kota Larantuka.

Selain tempatnya yang strategis, pantai Asam Satu nan eksotis ini cocok menjadi destinasi wisata bersama keluarga karena telah didukung oleh berbagai fasilitas yang memadai yaitu 8 lopo dan 4 gazebo, 5 toilet beserta panggung live musik. Dan tak kalah menariknya di Pantai ini juga telah disediakan spot – spot foto selfi yang Instagrammabel.

20. Wisata Pelabuhan Larantuka

Pelabuhan Larantuka
Pelabuhan Larantuka (Tempat Wisata di Larantuka, Flores Timur, NTT)

Selain Kemolekan laut, pantai dan pulau di Larantuka, bagi para wisatawan jangan lupa untuk menikmati liburan di Pelabuhan Larantuka. Karena ditempat ini pengunjung bisa melihat keindahan pelabuhan Larantuka dengan pemandangan kapal – kapal yang berbaris serta berfoto selfi di dekat kapal yang sedang bersandar.

Pelabuhan Larantuka merupakan lokasi pemberangkatan dan pemberhentian kapal laut dari berbagai lokasi. Ketika senja pelabuhan Larantuka memancarkan kemolekannya dengan pemandangan sunset di ufuk barat. Tentu saja momen indah ini sangat ditunggu – tunggu wisatawan untuk mengabadikannya dengan berswafoto atau selfi bersama keluarga tercinta.

Flores memang layak disebut sebagai surga Indonesia karena banyak menyimpan potensi wisata indah dan eksotis. Semoga menjadi inspirasi bagi sahabat travelers yang sedang merencanakan healing bersama keluarga, sahabat dan orang-orang tersayang.

Hibur

Hibur adalah portal berita yang bisa menghibur dan menjadi wawasan serta tempat mencari informasi terupdate

Previous articleBerlibur Ke Pulau Hoga, Yang Keindahan Bawah Lautnya Akan Membuat Kalian Terpesona
Next articleCafe Instagramable Terbaik Yang Ada Di Pasuruan
Hibur adalah portal berita yang bisa menghibur dan menjadi wawasan serta tempat mencari informasi terupdate

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here