Home Travel 12 Tempat Wisata Angker di Jakarta

12 Tempat Wisata Angker di Jakarta

109
0

Sebagai ibu kota negara, Jakarta memiliki berbagai tempat bergaya modern yang cocok untuk dikunjungi. Tata kota nya yang dipenuhi dengan gedung-gedung tinggi dan berbagai fasilitas modern ternyata masih menyimpan beberapa tempat yang dipercayai memiliki cerita yang menyeramkan. 

Beberapa tempat menyeramkan tersebut bahkan sering dijadikan tempat untuk berburu hantu atau melihat melakukan uji nyali. Bagi pemburu hal-hal mistis tentunya akan sangat cocok untuk berkunjung ke tempat-tempat ini dan menjelajahi setiap tempatnya. 

Suasana tempat wisata yang berbeda tentu akan dirasakan jika berkunjung ke tempat-tempat wisata angker tersebut. Bahkan cerita sejarah dibalik tempat tersebut dengan mitos-mitos yang bersebaran dan dipercayai akan menjadi daya tarik tersendiri bagi beberapa orang.

Berikut ini beberapa tempat wisata angker di Jakarta yang menyimpan berbagai cerita menyeramkan sekaligus menjadi tempat wisata yang angker. 

1. Taman Kota Langsat Jakarta

Taman Kota Langsat Jakarta cukup familiar bagi warga Jakarta, tetapi mungkin akan sangat asing bagi masyarakat luar Jakarta. Lokasi tepatnya Taman Kota Langsat Jakarta terletak di Jalan Barito, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Taman Kota Langsat ini juga sering disebut dengan Taman Langsat Mayes. Taman ini memiliki pepohonan rimbun yang sebenarnya sangat cocok dijadikan tempat bersantai.

Namun, banyak cerita mistis yang beredar tempat ini. Salah satunya adalah cerita yang ada di sebuah buku dengan judul ‘666 Misteri Paling Heboh: Indonesia & Dunia’. Dipercaya bahwa cerita ini merupakan kisah nyata yang pernah terjadi di Taman Langsat.

Cerita itu berkisah pada suatu malam ada seorang pengunjung yang melihat sesosok hantu kuntilanak serta genderuwo di atas pepohonan taman tersebut. Bahkan terkadang para pengunjung dapat mencium bau aneh dan kurang enak dari tempat ini.

2. Jembatan Ancol

Jika membicarakan mengenai Jembatan Ancol tentu akan langsung teringat dengan cerita Si Manis Jembatan Ancol. Keran cerita inilah tempat satu ini menjadi salah satu tempat wisata angker di Jakarta. Jembatan wisata Ancol ini dulunya masih berupa rawa-rawa dan hutan bambu. Jembatan ini berlokasi di Jalan RE Martadinata, Ancol pademangan.

Diceritakan bahwa sosok Si Manis Jembatan Ancol ini dulunya memiliki nama asli Maryam. Maryam menjadi korban dari pelecehan seksual yang kemudian dibunuh, jasadnya sendiri dibuang ke Pantai Ancol. Sehingga diyakini sosok Maryam ini sering berkeliaran di Jembatan Ancol.

3. Lubang Buaya

Lubang Buaya sendiri merupakan salah satu tempat bersejarah yang ada di Indonesia. Tempat ini dulunya merupakan lokasi pembuangan mayat korban G30S/PKI, yang merupakan tragedi kelam di masa lalu.

Karena peristiwa sejarah tragis itulah yang membuat tempat ini terasa menyeramkan. Nama Lubang Buaya sendiri berasal dari kepercayaan masyarakat yang mengatakan jika dulunya terdapat banyak buaya putih yang hidup di dekat sungai kawasan tersebut.

Kemudan yang membuat tempat ini semakin seram adalah dipercaya jika malam hari sering terlihat sosok penampakan manusia memakai seragam tentara dengan wajah berlumuran darah. Sosok-sosok ini dianggap sebagai korban pembantaian G30S/PKI tersebut.

4. Museum Fatahillah

Museum Langsat dianggap menyeramkan di Jakarta. Dahulu tempat ini digunakan sebagai tempat pembantaian, sehingga sering kali di tempat ini masih terdengar suara tangisan.

Di tempat ini dulu terjadi pembantaian sadis bahkan pembunuhan keji oleh kolonial Belanda terhadap warga keturunan Tiongkok. Sekitar tahun 1740 silam, diceritakan tepat di alun-alun depan museum tersebut telah terjadi pembantaian sekitar 500 orang China. Karena peristiwa inilah tempat ini dianggap angker dan menyeramkan.

5. Toko Merah Kota Tua

Toko Merah Kota Tua merupakan salah satu banguan yang berada di kompleks wisata Kota Tua Jakarta. Bangunan ini dinilai menyimpan cerita menyeramkan dan dianggap tempat yang angker. Hal ini dikarenakan dulunya, yakni pada tahun 1851 tempat ini dijadikan sebagai tempat penyiksaan dan pembantaian etnis Tionghoa.

Meskipun cerita ini sudah sangat lama, namun masyarakat masih menganggap tempat ini sebagai tempat yang menyeramkan. Bahkan ada sebuah cerita bahwa masyarakat dan pengunjung pernah mendengar suara wanita menangis di tempat ini.

6. Terowongan Casablanka

Terowongan Casablanka menjadi salah satu tempat angker di Jakarta yang sudah cukup terkenal. Di terowongan kasablanka ini dipercayai pernah terjadi cerita mistis yang dianggap sebagai kisah nyata. 

Salah satu cerita yang paling terkenal adalah tempat ini dipercaya pernah menjadi tempat dimana diperkosanya seorang gadis yang berujung gadis tersebut gantung diri di terowongan ini.

Kemudian ada satu cerita lagi yang juga banyak dipercaya orang sehingga dianggap itulah alasan tempat ini cukup menyeramkan. Yakni dipercaya jika Terowongan Kasablanka sebelum dibangun, tempat ini merupakan pemakaman umum kuno.

7. Rumah Kentang

Ternyata film horor mengenai Rumah Kentang ada juga versi aslinya. Meskipun ceritanya sangat berbeda namun sama menceritakan mengenai rumah kentang. Rumah kentang yang ada di Jakarta berlokasi di daerah Dharmawangsa.

Ada berbagai cerita mistis mengenai rumah tersebut, salah satu yang paling terkenal adalah ketika dulu ada penghuni rumah tersebut yakni seorang ibu tengah merebus kentang di kuali besar.

Ketika sang ibu meninggalkan dapur ternyata anaknya yang masih kecil bermain-main di dapur dan jatuh ke kuali tersebut. Dari cerita inilah kemudian cerita mistis terus berkembang.

8. Danau Taman Makam Pahlawan Kalibata

Danau Taman Makam Pahlawan Kalibata ini sebenarnya dapat menjadi tempat wisata yang mengasyikan, bahkan menjadi tempat pemancingan oleh penduduk setempat atau pendatang dari luar.

Ada sebuah cerita yang beredar namun tidak diketahui secara pasti asal usulnya. Ceritanya yakni mengenai adanya sosok anak kecil berlarian mengelilingi danau tersebut. Cerita inilah yang menjadikan danau ini dianggap angker.

9. Menara Saidah

Menara Saidah Pernah viral di Twitter karena cuitan dari netizen yang mengaku jika ada aktivitas banyak orang di bangunan tersebut. Padahal gedung ini telah kosong sejak 2007 dan tidak ada orang lagi yang mau ke gedung tersebut.

Menara ini dulunya ditinggalkan karena kondisi konstruksinya yang miring, sehingga dikhawatirkan dapat membahayakan orang-orang yang berkegiatan di gedung tersebut. Karena sudah tidak digunakan, maka berderalkah banyak cerita horor di tempat ini.

Salah satu ceritanya mengenai seorang satpam yang pernah dimintai tolong oleh seorang wanita berbaju merah, ia meminta diantarkan ke lantai 14. Namun setelah di lantai 14 wanita tersebut menghilang, bahkan sang satpam ditemukan pingsan di lift.

Cerita horor berikutnya berasal dari driver ojek online yang mengaku mendapatkan orderan dari Lobby Menara Saidah. Ada pula seseorang yang menerima undangan interview kerja yang lokasi interview nya berada di Menara Saidah.

10. Mall Klender

Mall Klender merupakan salah satu tempat yang mengalami kebakaran pada peristiwa demonstrasi Mei 1998. Mall ini lokasi tepatnya berada di Klender, Jakarta Timur. Setelah peristiwa kebakaran itu banyak menyebar kisah-kisah horor.

Salah satu kisah horor yang cukup terkenal adalah seminggu setelah mall tersebut terbakar, warga sekitar dikejutkan dengan penampakan sosok perempuan hamil yang badannya terbakar dan bersuara minta tolong, ada anak kecil tengah malam yang bermain di jalan.

Ketika tragedi Mei 98, lantai tiga dijadikan tempat untuk meletakkan ratusan mayat korban kebakaran. Ketika itu, nyaris semua dalam keadaan terbakar hangus. Di lantai tiga, pengunjung dan karyawan sering mendapati penampakan wanita berambut panjang yang suka menampakkan diri sedang menyisir rambutnya ke arah depan wajahnya.

11. Stasiun Manggarai

Stasiun manggarai dibangun pada tahun 1914 dan diresmikan pada 1 Mei 1918. Dibangun ketika masih zaman Belanda. Banyak cerita mistis yang beredar mengenai stasiun ini, salah satu cerita mistis populer yang sampai dijadikan film adalah cerita kereta hantu Manggarai.

Misalnya seperti penuturan dari penjaga perlintasan kereta bukit Duri – Jakarta Selatan, yang dikejutkan dengan suara sirine perlintasan kereta pada pukul 04.00 dini hari yang sangat tidak wajar, karena jam operasional kereta dimulai pukul 05.00 WIB.

12. Museum Taman Prasasti

Museum Taman Prasasti merupakan sebuah museum budaya peninggalan zaman Belanda yang berlokasi di daerah Tanah Abang, Jakarta Pusat. Di museum ini disimpan berbagai koleksi prasasti, nisan, dan makam sebanyak 1.372 yang terbuat dari batu alam, marmer, dan perunggu.

Ada banyak cerita mistis yang beredar mengenai tempat ini, salah satunya yang diceritakan oleh petugas keamanan di area parkir Gedung Auditorium KONI Jakarta Pusat yang letaknya bersebelahan dengan Museum Prasasti. Ia mengatakan bahwa di tempat ini ada sosok makhluk bertanduk dengan wajah hitam dan rambut panjang.

Berbagai tempat yang angker terkadang memiliki kisah sejarah dibaliknya yang menarik untuk diketahui. Selain itu dengan berkunjung ke tempat-tempat angker ini akan menawarkan suasana dan sensasi berbeda dari mendatangi tempat wisata seperti biasanya.

Walaupun Jakarta telah terkenal dengan kota yang modern, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke tempat-tempat angker ini yang masih kental akan cerita mistisnya. Dengan begitu akan dapat melihat suatu tempat dengan sudut pandang yang berbeda, tentunya ini memberikan pengalaman tersendiri.

Previous articleAir Terjun Kedabuhan, Surga Cantik Di Balik Sebuah Hutan Lebat!
Next articlePulau Malelo, Si “Baby Island” Yang Tak Kalah Menggoda
Hibur adalah portal berita yang bisa menghibur dan menjadi wawasan serta tempat mencari informasi terupdate

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here