Home Travel 10 Masjid Terbagus Di Afrika Selatan

10 Masjid Terbagus Di Afrika Selatan

235
0

Masjid seringkali disebut oleh masyarakat sebagai rumah Allah SWT yang berfungsi untuk menunaikan ibadah salat bagi umat muslim. Tempat ibadah umat muslim ini, juga sering dimanfaatkan untuk proses belajar mengajar pendidikan seperti membaca Al-Quran.

Seiring dengan berkembangnya zaman masjid-masjid diberbagai negara perkembanganya sangat pesat, dari segi desain, luas dan kemegahannya. Berikut kami rangkuman 10 masjid terbagus di Afrika Selatan.

1. Auwal Mosque, 43 Dorp Street, Bo-Kaap

Masjid Auwal adalah salah satu dari masjid terkenal di Afrika Selatan karena merupakan masjid pertama yang dibangun di negara tersebut.

Berlokasi di Distrik Bo-Kaap, Masjid Auwal dibangun pada tahun 1794  oleh Imam Abdullah Kadi Abdus Salaam atau Tuan Guru yang berasal dari Tidore. di atas lahan milik Coridon Van Ceylon yang merupakan budak bebas, setelah anak perempuannya mewarisi tanah tersebut dan mendonasikan propertinya.

Masjid Auwal merupakan masjid tertua di Cape Town dan memegang peranan penting pada masa perjuangan islam untuk dapat diterima di Afrika.

2. Coowatul Mosque, Loop Street, Cape Town

Masjid Coowatul sendiri dibangun pada tahun 1892, semasa meningkatnya pemukim yang datang dari India dan Mauritian yang tiba di Afrika Selatan. Masjid ini juga merupakan masjid India pertama di Cape Town. Masjid ini memiliki ciri khas bernuansa putih dan aksen hijau gelap yang terdapat pada eksteriornya yang merupakan ciri khas dari negara India.

3. Habibia Soofie Saheb Masjid, 63 Flat Road, Rylands

Masjid ini dibangun di tahun 1905 oleh Hazrath Soofie Saheb dan masih menjadi masjid megah di Cape Town, Afrika Selatan, di area Rylands. Masjid ini memiliki menara dan kubah yang paling menarik perhatian dengan warna hijau dan putih, ditambah dengan aksen emas dan jeruji putih pada interiornya.

4. Zeenatul Islam Masjid, Chapel Street (Muir Street Mosque Cape Town)

Masjid yang juga terkenal di Cape Town ini dibangun pada tahun 1923, dan merupakan masjid yang paling besar di Cape Town dan masjid ini biasanya dijadikan tempat diselenggarakannya aktifitas budaya yang ada di negara tersebut. Masjid ini memiliki aksen yang bercorak putih dan memiliki satu khubah besar bewarna gold.

5. Mosque Shafee, Upper Chiappini Street, Bo Kaap

Masjid yang terletak di Chiappini Street ini merupakan masjid kelima yang dibangun di area Bo-Kaap pada tahun 1859 dan memegang peran penting dalam menyatukan komunitas islam. Hingga sekarang, masjid ini masih menjadi situs bersejarah yang penting.  Masjid ini memiliki corak yang unik dan menarik, masjid ini memiliki warna biru yang indah.

6. Jameah Mosque, Lower Chiappini Street, Bo Kaap

Masjid ini juga dikenal dengan nama Masjid Queen Victoria dan menggunakan lahan yang memang khusus untuk dibangun masjid. Bangunan ini juga merupakan masjid terbesar di daerah Bo-Kaap. Tadinya lahan masjid ini didapatkan melalui konflik Battle of the Axe dan Battle of Blaauwberg. Masjid ini sebagain besar berwarna kuning.

7. Jumu’a Mosque of Cape Town, Greys Pass, Orange Street

Masjid Jumu’a didirikan oleh Shaykh Dr. Abdalqadir as-Sufi di tahun 2006. Walaupun masjid ini masih berusia muda, masjid ini terkenal karena sering diadakannya aktivitas kegiatan-kegiatan keagamaan, sehingga Masjid tersebut sangat dikenal oleh masyarakat  Afrika Selatan.

8. Masjid Nurul Islam, 134 Buitengracht St, Cape Town City Centre

Masjid Nurul Islam merupakan masjid tertua ketiga di Cape Town dan didirikan oleh Imam Abdol Rauf di tahun 1844 dan dapat menampung hingga 700 jamaah. Masjid ini terkenal di wilayah Bo-Kaap. Masjid ini memiliki desain yang unik, karena masjid ini tidak memiliki lebar yang luas, tetapi memiliki ketinggian yang lumayan.

9. Palm Tree Mosque, 185 Long Street, Cape Town City Centre

Masjid Palm Tree merupakan salah satu masjid yang populer di Cape Town, selain masjidnya indah Masjid palm tree juga termasuk masjid tertua nomor dua di Afrika Selatan. Dibangun pada tahun 1788 dan kemudian dibeli oleh Jan Van Bougies dan Frans Van Bengal yang mengembangkan masjidnya di tahun 1807. Masjid ini memiliki luas yang besar dan diarea luar masjid tersebut terdapat pohon palm, yang merupakan ciri khas dari masjid ini.

10. Masjid Boorhaanol Islam, 196 Longmarket Street, Bokaap

Masjid Boorhaanol merupakan masjid terindah di Indonesia yang terkenal di kawasan Bo-Kaap, Cape Town. Masjid ini dikenal dengan arsitekturnya yang simpel, cantik, dengan interiornya yang berwarna hijau dan putih. Dulu, masjid ini dikenal dengan nama Masjid Pilgrims dan pertama kali dibangun di tahun 1884 dan direnovasi di tahun 1903. Namanya kemudian diganti pada tahun 1970 dan dijadikan monumen nasional.

Previous articleBersembahyang Khusyuk di Pura Pulaki dan Pesanakannya
Next article10 Tempat Wisata di Maros Sulawesi Selatan
Hibur adalah portal berita yang bisa menghibur dan menjadi wawasan serta tempat mencari informasi terupdate

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here