Dari semua model dalam portofolio Yamaha tahun 2023, New XMAX 250 mungkin menerima pembaruan paling banyak kali ini. Meskipun generasinya belum berganti. Salah satu perubahan yang paling terlihat adalah tampilannya.
Menurut kami, Yamaha New XMAX 250 ini terlihat lebih tajam dari sebelumnya dengan bagian depan berbentuk ‘X’ yang radikal. Tak hanya depan, bagian buritan pun mengusung desain ‘X’ hingga lampu belakangnya.
Salah satu pembaruan yang mencolok adalah dalam hal kemajuan teknologi. XMAX (akhirnya) dilengkapi dengan speedometer LCD 3,2 inci yang terletak di atas layar informasi TFT 4,2 inci. Untuk motor premium, hal seperti itu rasanya memang wajib ada.
Anda dapat mengoperasikan sistem ini menggunakan kontrol yang terpasang di setang dan menggunakan fitur Y-Connect untuk menghubungkan smartphone Anda. Ini memungkinkan Anda menerima atau menolak panggilan serta membaca pesan dan email.
Layar TFT baru ini juga dilengkapi navigasi berbasis Garmin yang menunjukkan arah melalui belokan demi belokan. Selain itu, dengan aplikasi Y-Connect, Anda dapat mengakses data seperti informasi kendaraan dan catatan perjalanan.
Yamaha juga melakukan beberapa penyesuaian kecil pada jok untuk membuatnya lebih nyaman dan meningkatkan aksesibilitas. Meski begitu, bagian mekanis mulai dari mesin hingga sasis, tidak berubah dibandingkan model sebelumnya.
Dengan transmisi otomatis penuh, XMAX sangat mudah dikendarai dan dilengkapi dengan daftar panjang bantuan pengendara, termasuk Traction Control dan ABS. Didukung rangka yang dirancang untuk penanganan yang ringan dan netral, XMAX sukses memberikan rasa percaya diri dalam berkendara di jalan mana pun.
Fitur teknologi tinggi menjadikan XMAX berbeda dari skuter biasa, termasuk pencahayaan LED baru yang unik dan instrumen baru yang canggih. Terdapat ruang penyimpanan onboard yang dapat dikunci, port daya 12V untuk mengisi daya smartphone dan kaca depan yang dapat diatur. XMAX siap digunakan kapan saja, baik pergi harian atau membawanya turing jarak jauh.
XMAX 2023 dilengkapi dengan salah satu dashboard paling mengesankan. Instrumen komprehensif ini memiliki speedometer LCD 3,2-inci yang ada di atas layar hiburan warna TFT 4,2-inci yang canggih.
Yamaha juga memperkenalkan konektivitas smartphone Yamaha Motorcycle Connect (Y-Connect) untuk XMAX, memungkinkan Anda untuk menghubungkan smartphone mereka. Anda bisa mengaktifkan berbagai pilihan fitur seperti kontrol telepon dan musik, pengumpulan informasi kendaraan yang ekstensif, serta sistem navigasi yang difasilitasi melalui aplikasi StreetCross milik Garmin.
Pilihan pengendara Y-Connect dibuat melalui pengontrol baru yang intuitif di setang dan ditampilkan pada layar TFT baru. Yang terbaik dari semuanya, Yamaha Motorcycle Connect, aplikasi Y-Connect, dan aplikasi Garmin StreetCross semuanya gratis (tersedia untuk iOS dan Android).
Untuk XMAX baru tahun 2023, desainer Yamaha fokus pada menciptakan tampilan baru yang berani dan modern. Lampu depan dan belakang LED baru berbentuk X yang radikal melengkapi gaya agresif dan segera membedakan XMAX baru dari kendaraan lain di jalan. Indikator depan LED diposisikan agak tinggi untuk visual yang jelas.
Performa mesin Blue Core satu silinder XMAX 250cc ini terasa halus, efisien, dan siap digunakan riding harian maupun turing panjang. Getaran mesin terasa cukup halus dan menunjukan kualitasnya.
Silinder terbuat dari aluminium DiASil Yamaha untuk pelapisan panas yang lebih baik, dengan piston tempa (forge) ringan dan poros engkol tempa.
Sistem injeksi bahan bakar modern dilengkapi dengan penyemprot 12 lubang untuk respons yang sangat baik. Layaknya mesin supersport dan sport-touring terbaru Yamaha, XMAX dilengkapi dengan Traction Contol System. Sistem TCS terus memantau kecepatan roda. Jika sistem mendeteksi selip ban belakang, mesin akan mengurangi tenaga dengan halus untuk mencegah roda yang berputar tanpa terkendali.
Berkat transmisi CVT Yamaha, XMAX menawarkan kemudahan berkendara ‘twist and go’, tanpa perlu mengoper gigi dan kopling.
Ini memberikan karakter berkendara yang mudah dan nyaman, yang ideal untuk melintasi lalu lintas kota maupun perjalanan santai. Sistem CVT ini juga dilengkapi dengan jalur pendinginan udara besar untuk sabuk penggerak, yang mengurangi panas dan kebisingan mesin secara signifikan. Secara performa, CVT ini tidak terlalu berbeda dengan XMAX sebelumnya.
Berkat mesin yang efisien dan powertrain yang canggih, XMAX yang kami coba mampu mencapai konsumsi bahan bakar hingga 31.8 km/l. Dikombinasikan dengan tangki bahan bakar berkapasitas 15 liter yang besar, XMAX menawarkan jangkauan jelajah yang mengesankan.
Sistem Anti-Lock Braking (ABS) Dilengkapi rem cakram depan berdiameter 267mm dan rem cakram belakang berdiameter 245mm yang besar, XMAX memberikan daya pengereman yang mudah dikendalikan dengan sistem anti-lock braking (ABS) Yamaha.
XMAX menggunakan velg depan berdiameter 15-inci dan roda belakang berdiameter 14-inci untuk handling yang lebih baik dan gaya yang sporty. XMAX juga dilengkapi dengan ban terbaru Dunlop Scoot Smart untuk traksi yang sangat baik baik dalam kondisi basah maupun kering.
Rangka baja XMAX menghasilkan berat kotor sekitar 180 kg saat tangki bahan bakar terisi penuh, dan siap memberikan manuverabilitas yang bisa diandalkan di perkotaan maupun jalanan luar kota.
XMAX mendorong batasan desain dengan gaya Maxi yang dinamis dan agresif. Hasilnya, tampilan yang mewah ini sukses mengangkat XMAX berkibar di luar ekspektasi. Seperti sebelumnya, kami juga cukup puas dengan akmododasi yang diberikan. Bagasi besar, ruang penyimpanan di depan lutut juga dapat diandalkan.
Berbeda dengan sebagian besar skuter, dimensi dan bobot XMAX mengharuskan penggunaan garpu depan motor kopling atau motor ‘laki’. Hal ini memberikan keseimbangan yang ideal antara kekuatan dan kekakuan rangka, serta rasa peredaman yang lebih baik dibandingkan garpu tipe skuter biasa.
XMAX dilengkapi dengan kemudi yang dapat disetel dengan penyesuaian belakang hingga 20mm, dan dapat diubah dengan cepat tanpa perlu bagian tambahan. Motor ini juga dilengkapi dengan kaca depan (windshield) dua posisi yang dapat dengan mudah dipindahkan untuk memberikan perlindungan angin tambahan sejauh 2-inci. Hal tersebut mengungdang pilihan defleksi angin lebih atau profil lebih rendah untuk tampilan yang lebih sporty.
Seperti dikatakan tadi, XMAX dilengkapi dengan ruang penyimpanan di bawah jok yang luas dan terkunci dengan aman untuk menjaga barang berharga tetap aman, dan cukup besar untuk menampung dua helm full-face.
Di balik fairing juga memiliki dua ruang penyimpanan tambahan, salah satunya terkunci secara elektronik dan dilengkapi dengan soket DC 12V.
Lampu LED khas XMAX mencakup lampu depan dan lampu belakang berbentuk ‘X’ yang melengkapi gaya agresifnya. Pencahayaan model begini juga menggunakan daya yang lebih rendah dan memiliki masa pakai yang lebih lama daripada bola lampu konvensional.
Yamaha New XMAX 250 dilengkapi sistem Smart Key dari Yamaha, memungkinkan Anda untuk mengakses mesin, menghidupkan, dan mengunci setang menggunakan Smart Key tanpa perlu menggunakan kunci fisik.
Yamaha menawarkan berbagai Aksesoris Asli Yamaha, termasuk bagasi, sandaran punggung, dan penempatan aksesoris lainnya, bagi para pengendara yang ingin mempersonalisasi XMAX mereka. Jok comfort versi Eropa ini lebih nyaman dan mengurangi jarak jinjit kaki ke tanah untuk aksesibilitas yang lebih baik.
Kesimpulan kami, Yamaha New XMAX 250 mampu memberikan kepuasan dengan segala yang ditawarkan. Meski bagi sebagian orang, dimensinya jadi ganjalan, tapi motor ini mampu mengakomodir kebutuhan berkendara dalam atau luar kota.
Dengan fitur-fitur terkini dan peningkatan yang dilakukan oleh Yamaha, New XMAX sukses menawarkan performa yang baik dan kepuasan sebagai skuter Maxi harian yang menyenangkan.