Moto Mobi | Ini Dia! Subaru WRX Versi Balap Ketahanan Nürburgring

3 minutes reading
Monday, 8 May 2023 20:58 0 141 Redaksi Kece

Para pecinta Subaru belakangan ini memang sempat sedikit kecewa. Subaru WRX versi terbaru yang muncul ternyata tak lagi tersedia dalam versi STi (Subaru Tecnica Intenational) tulen seperti generasi WRX sebelumnya. Hanya tersedia versi “tuned by STi”.

Namun tak perlu berkecil hati. Mobil balap Subaru WRX yang berlaga di balap ketahanan Nürburgring 24 Hours tahun ini mungkin dapat sedikit menghibur.

Perhelatan ke-51 balap ketahanan selama 24 jam di sirkuit Nürburgring sedianya akan berlangsung pada 20-21 Mei 2023 mendatang.

Subaru WRX versi balap ketahanan Nurburgring

Mobil balap Subaru WRX NBR Challenge 2023 yang digunakan kali ini berbasis dari WRX S4. Mobil tersebut bakal berlaga di kelas SP4T.

Tahun ini hanya ada 3 mobil yang terjun di kelas SP4T yakni WRX dan dua Porsche 718 Cayman. Total peserta tahun ini ada 136 mobil. Para peserta berpacu mengelilingi rute terpanjang dari sirkuit Nürburgring sejauh 25,1 km–termasuk Nordschleife dan trek Grand Prix.

Tim pembalap yang terdiri dari Carlo van Dam (Belanda), Tim Schrick (Jerman), Hideki Yamauchi dan Takuto Iguchi (Jepang) akan mengemudikan mobil ini secara bergantian.

Dari Rally Beralih Ke Nürburgring

Mobil balap Subaru WRX selama beberapa dekade memang dikenal sebagai mobil rally legendaris. Setelah pensiun dari rally, WRX tetap memiliki taji sebagai pelumat aspal sirkuit balap.

Mungkin tak banyak yang mengetahui jika Subaru WRX telah ikut berlaga di kejuaraan Nürburgring 24 Hours sejak tahun 2008 silam. Prestasi dan penampilan WRX di Nürburgring pun sangat diperhitungkan para kompetitornya.

Subaru WRX

Model mobil Subaru WRX S4 yang digunakan untuk balap hanyalah basisnya saja. Sebagian besar komponen mengalami ubahan sesuai standar regulasi balap yang berlaku.

Pengembangan mobil ini ditangani langsung oleh Naoki Shibuya yang merangkap sebagai Project Leader tim balap. Tak hanya kencang, namun mesin dan transmisi wajib tahan hingga detik terakhir balapan. Jadi, settingan yang diterapkan pada mobil ini berbeda dari balap mobil pada umumnya.

Racikan Balap Untuk Pengendaraan Harian?

Mesin boxer 4-silinder 2.4-liter turbo bawaan diracik ulang. Spek Nürburgring ini output tenaganya 375 hp yang dikail pada putaran 5.500 rpm. Torsi maksimum naik jadi 590 Nm, yang dirasakan pada putaran 3.500 rpm. Versi standarnya hanya bertenaga 271 hp dengan torsi maksimum 350 Nm. Kenaikan performanya tak terlalu drastis untuk menjaga daya tahan mesin.

Meskipun muffler dan saluran exhaust mengunakan spek balap, namun alunan nada yang dikeluarkan mengikuti regulasi ambang batas kebisingan. Jadi, suaranya masih terbilang sopan, bahkan untuk pengendaraan harian.

Penyaluran daya dan torsi dilayani transmisi manual sekuensial 6-speed. Kinerja sistem penggerak AWD ditunjang dengan torque converter dan limited-slip differential. Sektor sasis dan suspensi tentu juga mengalami penyesuaian. Sistem kemudi pun disetting ulang.

Karena balapannya panjang, maka sasis dibuat lebih rigid. Lengan ayun pada suspensi pun demikian. STi pun mengganti komponen ball-joint bagian depan dengan ukuran yang lebih besar dan materialnya pun lebih kuat.

Panel body pun diganti dengan bahan berbobot ringan. Body kit balap pun disematkan. Mulai dari sirip splitter depan, side skirts, sirip diffuser dan sayap belakang. Dek kolong mobil pun dibuat rata untuk meningkatkan gaya aerodinamika.

Sistem rem menggunakan spek balap dengan kaliper 6-piston pada roda depan dan kaliper 4-piston untuk roda belakang. Velg dan ban standar diganti dengan velg BBS berukuran 18 inci berbalut ban Falken 280/680R18.

Bagaimana, cukup menghibur bukan? Atau langsung membuat Anda tergiur mencari parts aftermarket dan segera memodifikasi WRX anda?


Avatar

Redaksi Kece

Hibur adalah portal berita yang bisa menghibur dan menjadi wawasan serta tempat mencari informasi terupdate

LAINNYA