Home News Menparekraf: Stimulus PEN subsektor film tersalurkan Rp114, 88 miliar

Menparekraf: Stimulus PEN subsektor film tersalurkan Rp114, 88 miliar

423
0

Kami sangat bersemangat dan mengapresiasi karya anak bangsa di tengah pandemi saat ini

Jakarta (ANTARA) –

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan stimulus Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) subsektor film telah tersalurkan sebesar Rp114,88 miliar hingga saat ini, bantuan tersebut diproyeksi menyerap tenaga kerja langsung atau tenaga kerja kreatif sebanyak 14.671 orang.

 

Adapun Program PEN subsektor film diberikan dalam bentuk bantuan untuk skema promosi, skema produksi, dan skema pra-produksi bagi film nasional, salah satunya film Kadet 1947.

 

“Kami harapkan film Kadet 1947 menjadi momen kebangkitan perfilman kita, terutama karena disponsori PEN subsektor film,” ujar Menparekraf Sandiaga Uno dalam acara Nonton Bareng Kadet 1947 di Jakarta, Minggu.

Baca juga: “Kadet 1947” sabet dua piala dalam ajang JAFF 2021

 

Menurut dia, pandemi COVID-19 sangat berdampak pada seluruh sektor, salah satunya sektor perfilman, sehingga menghambat kemajuan industri dan membuat perfilman seolah jalan di tempat.

 

Banyak pekerja film kehilangan penghasilan dan sumber nafkah karena kegiatan produksi sempat berhenti, serta dengan diberlakukannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang sempat berlangsung selama beberapa bulan dan mengakibatkan ditutupnya bioskop sebagai pemasukan terbesar dari industri perfilman Indonesia.

Baca juga: Perfilman Indonesia memerlukan sinergi pemerintah dan swasta

 

Dengan proses yang panjang, sambung Menparekraf Sandiaga, akhirnya kini bioskop sudah mulai beroperasi kembali, namun tetap dengan wajib menerapkan protokol kesehatan agar kegiatan menonton di bioskop tetap berjalan dengan aman dan nyaman.

 

Hal tersebut diharapkan dapat membawa dampak positif bagi industri perfilman, karena bioskop berkontribusi atas sekitar 90 persen sumber pendapatan distribusi film di Indonesia.

 

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2021

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here