Candi Borobudur steril dari pengunjung pada 1 Juni pukul 13.00 WIB

2 minutes reading
Wednesday, 31 May 2023 19:03 0 144 Redaksi Kece

Karena sejumlah biksu thudong akan melakukan puja bakti di candi.

Magelang (ANTARA) – Candi Borobudur steril dari pengunjung pada Kamis (1/6) pukul 13.00 WIB, karena untuk kegiatan ritual keagamaan para biksu thudong dari Thailand.

“Pada 1 Juni mulai pukul 13.00 WIB monumen Candi Borobudur ditutup bagi pengunjung, karena sejumlah biksu thudong akan melakukan puja bakti di candi,” kata General Manager Unit Borobudur Jamal Mawardi, di Magelang, Jawa Tengah, Rabu.

Ia menyampaikan jadi nanti wisatawan yang akan naik candi dibuka lebih awal pukul 08.00 hingga 12.00 WIB.

“Jam 12.00 WIB itu posisi sudah berada di candi sehingga satu jam di candi hingga jam 13.00 WIB sudah steril dari pengunjang,” katanya.

Jamal menuturkan rombongan biksu thudong dijadwalkan akan melakukan ritual jalan dari Candi Pawon sekitar pukul 13.00 WIB dan diperkirakan sampai Candi Borobudur pukul 13.30 WIB.

“Penyambutan di sini (Borobudur) jam 13.30 WIB di gerbang Kalpataru. Kami buka gerbang Kalpataru sehingga nanti biksu langsung bisa naik ke Candi Borobudur. Ada penyambutan terhadap mereka tetapi bukan seremonial, sebagai respek kami kepada mereka nanti ada pembagian bunga sedap malam sebagai sarana puja mereka pada saat pradaksina di candi,” katanya.

Ia menegaskan yang steril pengunjung hanya di bangunan candi, sedangkan pengunjung masih bisa menikmati dari pelataran candi, seperti jam reguler biasa. 

Baca juga: Umat Buddha lakukan doa perdamaian dunia di Borobudur

Baca juga: Biksu thudong finish di kawasan Borobudur

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Avatar

Redaksi Kece

Hibur adalah portal berita yang bisa menghibur dan menjadi wawasan serta tempat mencari informasi terupdate

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA