Home News BI: Pameran KKI 2022 catat komitmen temu bisnis UMKM Rp282,2 miliar

BI: Pameran KKI 2022 catat komitmen temu bisnis UMKM Rp282,2 miliar

456
0

KKI sebagai panggung bersama diharapkan dapat memberi motivasi kepada pelaku UMKM untuk terus menuju Go Digital dan Go Global

Jakarta (ANTARA) – Bank Indonesia (BI) melaporkan Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2022 mencatat komitmen temu bisnis UMKM sebesar Rp282,2 miliar atau meningkat 36 persen dari pelaksanaan KKI pada 2021.

Pada saat yang sama, perhelatan selama 26-29 Mei 2022 tersebut mencatat omzet sebesar Rp28,2 miliar, yang terdiri dari omzet penjualan secara luring sebesar Rp9,15 miliar dan daring sebesar Rp19,05 miliar, yang masih akan meningkat melalui penjualan daring dengan e-catalogue UMKM pada web KKI.

“KKI sebagai panggung bersama diharapkan dapat memberi motivasi kepada pelaku UMKM untuk terus menuju Go Digital dan Go Global, sehingga dapat semakin meningkatkan kreativitas, inovasi, dan semangat untuk tumbuh menjadi yang terbaik,” kata Deputi Gubernur BI Doni Joewono dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin.

Lebih lanjut, ia menyampaikan apresiasi kepada kementerian dan lembaga yang terlibat, serta menekankan bahwa koordinasi dan sinergi ini tetap menjadi hal utama untuk pelaksanaan KKI ke depan.

Digelar selama empat hari secara hybrid, KKI 2022 diramaikan oleh 85.960 pengunjung yang terdiri dari pengunjung website sebanyak 36.367, pengunjung fisik sebanyak 6.975 pengunjung, dan peserta webinar sejak 18 Mei sebanyak 42.618 peserta.

UMKM pada puncak perhelatan KKI kali ini mencetak berbagai pembaruan tak hanya dari nilai kesepakatan temu bisnis dan penjualan, namun juga konsep baru seperti kehidupan berkelanjutan, digitalisasi antara lain melalui digital fitting room, serta konsep cerdas berdaya dengan pencapaian tertinggi atas literasi perlindungan konsumen.

Doni menuturkan dalam pelaksanaan temu bisnis yang digelar pada KKI 2022, terdapat 174 UMKM binaan BI yang berpartisipasi dan kementerian/lembaga, empat bank umum, delapan bank pembangunan daerah, dan dua lembaga keuangan non-bank untuk temu bisnis pembiayaan.

Selain itu, terdapat 109 UMKM binaan BI dan kementerian/lembaga, tiga agregator ekspor e-commerce, serta 14 pembeli potensial dari delapan negara untuk temu bisnis ekspor.

Adapun terdapat tiga hal utama yang didorong melalui perhelatan KKI 2022, yaitu optimisme kebangkitan UMKM dan kecintaan masyarakat akan produk UMKM, semangat sinergi antar kementerian/lembaga, asosiasi dan industri dalam pengembangan UMKM, serta terus mendorong inovasi UMKM untuk go digital dan go global.

KKI 2022 diwarnai oleh berbagai kegiatan seperti temu bisnis, talk show, webinar digitalisasi dan ekspor UMKM, serta pameran produk UMKM secara luring maupun virtual, yang diikuti oleh UMKM binaan 46 Kantor Wilayah BI maupun kementerian/lembaga serta pemerintah daerah dari seluruh penjuru Indonesia.

KKI senantiasa tetap hadir dalam laman www.karyakreatifindonesia.co.id sebagai etalase produk UMKM unggulan.

Baca juga: BI targetkan omzet UMKM capai Rp263,15 miliar pada Pekan KKI 2022

Baca juga: KemenkopUKM optimis 30 juta UMKM bakal “go digital” tahun 2024

Baca juga: BI gelar Karya Kreatif Indonesia 2022, bangkitkan kembali UMKM

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here