Home Ibu & Anak Suami Ajak Berhubungan Seks saat Puasa, Seperti Apa Hukum dan Dendanya?

Suami Ajak Berhubungan Seks saat Puasa, Seperti Apa Hukum dan Dendanya?

508
0

Saat menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan, penting untuk bisa menjaga diri dari berbagai hal. Salah satunya sengaja berhubungan seks di siang hari, termasuk lewat ajakan suami, Bunda.

Ya, ada beberapa hal yang tidak boleh sengaja dilakukan pasangan suami istri saat berpuasa Ramadan, salah satunya berhubungan seks di siang hari.

Ini tidak cuma mengurangi pahala puasa, tapi juga berdosa dan wajib membayar denda.

Meskipun kegiatan intim ini dilakukan berdasarkan ajakan suami, tapi tetap tidak boleh dilakukan secara sengaja di siang hari ya, Bunda.

Hukum dan denda berhubungan seks saat puasa

Jika hubungan intim dengan sengaja dilakukan saat siang hari selama bulan Ramadan alias saat masih waktu puasa, ini dapat membuat puasa menjadi batal dan bahkan bisa menjadi dosa.

Apabila itu terjadi, maka wajib hukumnya untuk membayar dengan cara puasa selama dua bulan berturut-turut. Jika tidak mampu, maka wajib memberi makanan pokok senilai satu mud (0,6 kilogram beras atau ¾ liter beras) kepada 60 fakir miskin.




Banner Beda Gerakan Janin

Bagaimana jika lupa?

Menurut Dr ‘Aidh Al-Qarni dalam bukunya, ‘Madrasah Ramadhan: Cara Menyambut dan Mengisi Bulan Ramadhan agar Lebih Bermakna’, denda tidak berlaku apabila hubungan badan dilakukan karena lupa atau belum berniat untuk mengerjakan puasa. 

Hal ini senada seperti disampaikan oleh Imam Syafi’i dan Imam Abu Hanifah, dalam kitab ‘Bidayatul Mujtahid wa Nihayatul Muqtashid’ oleh Ibnu Rusyd.

Disebutkan bahwa apabila seseorang melakukan hubungan intim saat sedang berpuasa karena lupa, maka ia tidak wajib membayar kafarat atau denda sama sekali.

Tips ‘aman’ berhubungan seks di bulan Ramadan

Agar hubungan seks yang dilakukan pasutri tidak mengganggu puasa Ramadan, ada beberapa tips yang perlu diterapkan. Salah satunya memilih waktu yang tepat.

Pilihlah waktu yang aman seperti malam hari setelah berbuka puasa. Sebab di waktu ini, Bunda sudah selesai menjalani kewajiban puasa di hari tersebut.

Selain itu, sesudah berhubungan seks jangan tunda untuk mandi wajib. Dikhawatirkan jika ditunda-tunda justru berujung pada lupa atau malah terlewat kesempatannya. Supaya lebih nyaman, Bunda bisa menyiapkan air hangat untuk mandi wajib.

Pengaturan durasi juga tak kalah pentingnya lho, Bunda. Dengan lebih sedikit waktu yang ada, Bunda bisa mempersiapkan diri untuk melakukan seks dengan durasi singkat saja. 

Bagaimana cara menjaga hubungan suami istri di bulan Ramadan? Simak penjelasan berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]


Hibur

Hibur adalah portal berita yang bisa menghibur dan menjadi wawasan serta tempat mencari informasi terupdate

Previous articleWisata Paket Komplit Di Pondok Zidane
Next articleSnickers Kurma Berlapis Cokelat | Rinaresep.com
Hibur adalah portal berita yang bisa menghibur dan menjadi wawasan serta tempat mencari informasi terupdate

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here