Selain Seks, 3 Hal Ini juga Dilarang Dilakukan Istri pada Suami saat Puasa Bun

3 minutes reading
Friday, 15 Apr 2022 14:58 0 317 Redaksi Kece

Puasa Ramadan tidak hanya mengharuskan Bunda menahan diri dari makan dan minum tapi juga mengendalikan hawa nafsu. Bahkan terhadap pasangan sendiri ketika sedang berpuasa. 

Berhubungan seks di siang hari saat puasa Ramadan adalah hal yang tak boleh dilakukan. Tak hanya itu, ada sejumlah hal lain antara suami istri yang sebaiknya juga dihindari.

Perintah menjalankan ibadah puasa Ramadan untuk mengendalikan diri dari hawa nafsu sehingga bisa membedakan mana yang benar dan batil juga tertuang dalam Al Quran. Salah satu perintah puasa tertuang dalam surat Al Baqarah ayat 185 yang berbunyi;

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۗ وَمَنْ كَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗ يُرِيْدُ اللّٰهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَ ۖ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ – ١٨٥

Artinya:

“Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur.”

Untuk itu, Bunda perlu mengendalikan diri jika sedang berduaan dengan Ayah saat berpuasa. Ada beberapa hal sepele yang tak boleh dilakukan istri pada suami saat puasa.




Banner Nikita Willy Melahirkan

Mungkin berhubungan badan atau seks pada siang hari menjadi hal besar yang tentu dilarang dilakukan suami-istri saat sedang berpuasa. Bahkan seks bisa membatalkan puasa dan berdosa hingga Bunda dan Ayah harus membayar denda (kaffara). 

Denda yang dimaksud bisa berupa berpuasa dua bulan berturut-turut atau memberikan makan kepada orang miskin. Hal ini dijelaskan oleh Dr Ali Ahmad Mashael, seorang Grand Mufti (ulama) di Islamic Affairs and Charitable Activities Department, Dubai.

“Jika seseorang membatalkan puasanya (karena perilaku seksual), mereka harus melakukan kaffara, artinya harus memberi makan 60 orang atau berpuasa terus-menerus selama 60 hari,” jelas Marshael seperti dilansir dari Gulf News.

Selain hal besar seperti berhubungan intim, ada beberapa hal sepele yang tak boleh dilakukan istri pada suami saat puasa. Hal sepele ini mungkin tidak membatalkan puasa tapi bisa mengurangi nilai pahalanya, Bunda. 

Berikut tiga hal sepele yang tak boleh dilakukan istri pada suami saat puasa. 

1. Memeluk erat suami

Salah satu hal sepele yang tak boleh dilakukan istri pada suami saat berpuasa adalah memeluknya dengan erat ketika siang hari. Marshael mengatakan bahwa aktivitas memeluk suami atau berpelukan erat bisa membangkitkan hasrat untuk berhubungan seks yang membatalkan puasa.

“Kemesraan fisik antara pasangan suami-istri selama Ramadan merusak ibadah. Pasangan harus menahan diri dari melakukan ini sampai setelah berbuka puasa,” jelas Marshael.

Jaga hubungan suami istri selama Ramadan, berikut tipsnya:

[Gambas:Video Haibunda]


Avatar

Redaksi Kece

Hibur adalah portal berita yang bisa menghibur dan menjadi wawasan serta tempat mencari informasi terupdate

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA