Terkesima Oleh Cantiknya Pantai Paro Cut, Surga Tersembunyi Di Balik Gunung Paro!

4 minutes reading
Saturday, 5 Mar 2022 08:52 0 455 Redaksi Kece

Mengajak keluarga atau sahabat untuk mengisi waktu libur nampaknya menjadi kegiatan mengasyikkan. Hidup di Indonesia menjadi salah satu nilai tambah bagi kita karena untuk menghilangkan penat kita tak perlu jauh-jauh ke luar negeri cukup mengunjungi destinasi wisata di Indonesia yang jumlahnya banyak sekali. Kamu bisa memilih aneka ragam destinasi wisata alam mulai dari gunung, pantai, pulau, danau, hutan, perbukitan bahkan sungai. Kali ini ada salah satu pantai yang berada di Aceh namanya mungkin terdengar asing di telinga kamu tetapi keindahannya tak kalah dengan pantai lain yang namanya tersohor lho! Nama pantai tersebut adalah Pantai Paro Cut.

Pantai Paro Cut

Sumber: Google Maps @Keumawe Fishing Trip

Pantai Paro Cut adalah destinasi wisata bahari di yang wajib kamu hampiri selagi kamu memiliki banyak waktu luang. Pantai ini lebih tepatnya berada di Paroi. Paroi merupakan nama sebuah kampung atau orang Aceh biasanya menyebutnya dengan gampong yang terletak di Kecamat Lhoong, Kabupaten Aceh Besar. Pantai ini pada dasarnya belum dibuka untuk umum sehingga ketika kamu sampai disana mungkin merasa heran mengapa pantai seindah itu terasa sepi dari pengunjung.

Pantai ini biasa digunakan warga Gampong Paroi untuk memancing atau sesekali untuk sekedar menikmati pasir putih nya yang lembut dan air laut yang jernih bergradasi biru-hijau. Pesonanya sungguh tak bisa di deskripsikan dengan kata-kata membuat mata seakan tak mau lepas pandangan melihatnya. Sedikit tips buat kamu yang akan mengunjungi Pantai Paro Cut baiknya membawa makanan dan minuman dari rumah karena disekitar area pantai jangan harap ada penjual atau warung yang menjajakan makanan. Untuk mengisi perut kamu harus keluar dari area pantai sampai menuju jalan besar untuk mencari warung atau penjual makanan.

Keunikan Pantai Paro Cut

Pantai Paro Cut sendiri bisa dibilang memiliki keunikan yang membedakannya dengan pantai-pantai lain khususnya di Indonesia.  Berikut ini adalah daya tarik dan keunikan Pantai Paro Cut :

Pantai ini letaknya tersembunyi sehingga tak banyak orang melirik tempat ini namun karena letaknya inilah yang membuat pantai ini dibilang unik. Letak pantai ini ada dikawasan pegunungan dan berada dibalik sebuah gunung yang terkenal di Gampong Paroi yaitu Gunung Paro. Tak heran bila pantai ini dikelilingi banyak sekali pepohonan rindang dan perbukitan yang menjulang. Dari pantai ini kamu bisa menikmati 2 pemandangan sekaligus yaitu pantai dan gunung. Dijamin deh kamu bakalan betah berlama-lama disini!

Sumber Gambar: steemzzang.com

Di tepi pantai kamu dapat menemukan banyak sekali bongkahan bebatuan mulai dari yang sangat besar hingga kecil-kecil berwarna putih, abu dan coklat. Bebatuan ini menjadi salah satu nilai tambah dari Pantai Paro Cut karena terlihat begitu eksotis. Kamu pun diharapkan selalu berhati-hati selama memijakkan kaki disana.

  • Tak sembarangan orang boleh datang

Pada dasarnya pantai ini bisa dinikmati oleh siapa saja namun harus ada izin karena wilayah ini belum dibuka untuk umum. Saat kamu tiba di kampung tempat pantai ini berada maka kamu harus memberitahukan dahulu kepada kepala desa setempat perihal kedatangan mu agar tak terjadi miss comunication selama kamu berada disana.

  • Tak boleh membawa pasangan

Karena pantai ini terkesan tersembunyi dan tak mudah dijangkau oleh banyak orang membuat pantai ini begitu sepi. Untuk menghindari hal yang melanggar norma wilayah setempat maka kamu dilarang membawa pasangan lawan jenis. Apapun  aturan kampung setempat sebaiknya kamu hargai ya!

Sepinya pengunjung nampaknya akan membuat kamu merasa seperti tinggal di private island. Kamu bebas mengeksplor semua sisi di pantai ini asalkan tetap menjaga kebersihan dan menaati aturan.

  • Spot terbaik melihat sunset

Sumber Gambar: Google Maps @Keumawe Fishing Trip

Jika kamu datang pada sore hari dan sengaja ingin berlama-lama dipantai ini maka jangan lewatkan kesempatan untuk melihat sunset yang tampak jelas di hadapanmu. Sambil menunggu sunset kamu bisa duduk santai diatas pasir bersama kerabat atau membuat api unggun untuk menambah kehangatan.

  • Melihat panorama pantai dari atas bukit

Kamu bisa menaiki beberapa bukit yang tak begitu tinggi disisi kiri dan kanan pantai. Dari atas bukit itu kamu bisa dengan leluasa melihat panorama Pantai Paro Cut sambil menjepret beberapa foto.

Perjalanan Menuju Pantai Paro Cut

Dengan menggunakan mobil atau motor kamu harus mempersiapkan kondisi badan yang fit pasalnya medan menuju pantai ini cukup mendebarkan jantung. Dimulai dari pusat kota Banda arahkan kendaraan mu menuju Lho-nga, Aceh Jaya dengan mengambil rute Barat-Selatan. Dari Lho-nga hingga Jl. Banda Aceh-Calang perjalanan mulai naik turun bukit dan sepanjang perjalanan banyak sekali warung makan yang menjajakan makanan.

Setibanya di wilayah Gampong Paroi kamu bisa bertanya kepada warga setempat dimana pintu gerbang masuk ke wilayah Pantai Paro Cut. Sayangnya untuk kamu yang membawa kendaraan roda 4 tidak bisa masuk ke area pantai dengan membawa mobil sehingga kamu harus memarkirkan kendaraan terlebih dahulu lalu jalan kaki atau menaiki motor menyusuri jalan kecil yang dikelilingi pepohonan rindang untuk bisa sampai di bibir pantai. Rangkaian perjalanan ini menghabiskan waktu kurang lebih 1 jam saja.

Avatar

Redaksi Kece

Hibur adalah portal berita yang bisa menghibur dan menjadi wawasan serta tempat mencari informasi terupdate

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA