Surga Tersemunyi, Ini Dia Keindahan Air Terjun Blemantung Pupuan

4 minutes reading
Tuesday, 29 Mar 2022 17:08 0 508 Redaksi Kece

Liburan di Bali akan sangat disayangkan jika tidak menjelajah lebih dalam lagi dan hanya mengunjungi pantai-pantainya saja. Sesekali kamu wajib mencoba beberapa objek wisata yang menantang adrenalin dan membutuhkan perjuangan untuk bisa menikmati keindahannya. Nah, Air Terjun Blemantung akan sangat cocok untuk kamu kunjungi!

Air terjun ini berada di Desa Pujungan, Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan, Bali. Letaknya memang cukup jauh jika ditempuh dari Kota Denpasar yaitu kurang lebih sekitar 68 km dan 48 km dari Ibu Kota Tabanan.

Namun, letaknya yang jauh dari pusat kota dan keramaian inilah yang membuatnya seperti surga tersembunyi yang akan sangat sayang jika dilewatkan begitu saja.

Kunjungi Air Terjun Blemantung, Destinasi Yang Sejuk Dan Dingin

Sumber Gambar: Google Maps @Paolo Tanzi

Objek wisata Air Terjun Blemantung sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan, terlebih saat liburan panjang. Keindahan air terjun yang berada di Pupuan, Tabanan ini akan mampu membuat siapapun terpana saat melihatnya. Kesegaran dan kesejukannya seolah mampu merefresh tubuh dan pikiran karena hiruk pikuk kesibukan.

Meskipun terletak cukup tersembunyi dan jauh dari pusat kota, namun perjalanan untuk bisa sampai ke air terjun ini tidak akan mengecewakan. Sepanjang perjalanan menuju desa Pujungan kamu akan dihibur dengan pemandangan sawah terasiring.

Masuk ke daerah tujuan, kamu akan menjumpai wilayah pedesaan dengan kebun-kebun kopi, cengkeh, kakao, dan jeruk. Sepanjang perjalanan kamu akan melihat kegiatan masyarakat sekitar yang semakin menambah keasrian dan kealamian daerah Pujungan.

Sebagai informasi, kawasanini juga merupakan salah satu penghasil kopi terbaik di Bali lho, kamu bisa mencicipinya sepulang dari air terjun! Nah, berikut ini beberapa daya tarik yang dimiliki oleh Air Terjun Blemantung.

  • Liburan Sekaligus Berolahraga

Sumber Gambar: Google Maps @Jan Tesař

Air terjun memang menjadi salah satu objek wisata yang tidak akan pernah membosankan. Sebab, untuk bisa menikmati keindahannya kamu harus menempuh perjalanan yang cukup melelahkan terlebih dahulu. Lelah yang dirasakan seolah akan tuntas dan dibayar lunas ketika berhasil mencapai tempat tujuan. Berkunjung ke Blemantung juga demikian, selain bisa berlibur kamu juga bisa berolahraga.

Kamu perlu menempuh perjalanan cukup menanjak melewati perkebunan penduduk. Letaknya yang berada di balik tebing akan membuatmu paham mengapa air terjun ini disebut dengan surga yang tersembunyi.

Sumber Gambar: Google Maps @Andre Vibip

Seperti yang sudah dijelaskan di atas jika air terjun ini berada di balik tebing, alamnya masih benar-benar sangat alami. Tidak terlihat ada bangunan terlebih lagi rumah penduduk. Satu-satunya bangunan yang bisa kamu jumpai hanyalah gazebo tempat beristirahat yang kondisinya sudah cukup usang.

Keberadaan gazebo ini menunjukkan jika air terjun masih sangat jarang dikunjungi. Namun hal inilah yang menambah daya tarik utama dari objek wisata ini. Suasananya akan terasa sangat asri dan alami dan dijamin akan memberikan ketenangan bagi para pengunjung.

  • Memiliki 3 Buah Air Terjun

Sumber Gambar: Google Maps @Helen Hobson

Kawasan ini sebenarnya memiliki 3 buah air terjun. Air terjun pertama adalah Blemantung yang merupakan air terjun paling tinggi yang letaknya berada di dekat sebuah pura. Air terjun kedua letaknya terpisah sekitar 200 meter. Dan yang terakhir harus melalui akses jalan yang berbeda.

Jika kamu ingin mengunjungi ketiganya sekaligus maka kamu akan membutuhkan perjalanan yang lebih ekstra lagi.

Kamu perlu menempuh perjalanan berjalan kaki menyusuri sungai dan menuruni tebing-tebing yang cukup sulit untuk dijangkau. Namun perjalanan akan selalu setara dengan pemandangan yang akan didapatkan kok!

Satu hal lagi yang menjadi daya tarik air terjun ini sebagai objek wisata adalah tidak ada tiket masuk alias gratis. Tanpa merogoh kocek kamu bisa menikmati pemandangan yang sangat luar biasa! hal ini juga akan menjadi hal yang sangat menggoda untuk para pecinta alam karena bisa berlibur dengan hemat.

Meskipun tidak dikenakan tiket masuk, pengunjung harus selalu menjaga kebersihan untuk tetap bisa melestarikan objek wisata ini. Jadi, jangan membuang sampah secara sembarangan saat berkunjung ke Blemantung ya!

Demikian beberapa hal yang menjadi daya tarik dari Air Terjun Blemantung, Bali. Kamu harus lebih berhati-hati saat berkunjung kesini pada musim hujan. Jalanan akan menjadi lebih licin dan debit air bisa saja bertambah.

Avatar

Redaksi Kece

Hibur adalah portal berita yang bisa menghibur dan menjadi wawasan serta tempat mencari informasi terupdate

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA