Pulau Selayar, Pantai Putih Murni di Selatan Sulawesi

3 minutes reading
Wednesday, 3 Nov 2021 21:36 0 703 Redaksi Kece

Terletak di ujung paling selatan Sulawesi Selatan, pulau Selayar yang tenang dan sekarang terisolasi, dengan hamparan pantai pasir putih yang masih asli dan perairan tropis yang jernih, pada kenyataannya, dulunya memiliki masa lalu yang termasyhur. Pulau Selayar, Indonesia.

Kerajaan Selayar pra-Islam pasti pernah menjadi pusat perdagangan, dikunjungi oleh pedagang dari Cina, Filipina dan Thailand, meninggalkan bukti keberadaannya dalam banyak artefak berharga yang digali di sini.

Yang paling terkenal adalah Dongson Kettledrum yang indah, kettledrum terbesar di dunia, yang dikatakan berusia 2.000 tahun dan berasal dari Zaman Perunggu.

Dongson Kettledrum, kettledrum terbesar di dunia

Pada abad ke-16 Selayar diperebutkan untuk produk kapas biru-putih, favorit di nusantara. Dan ketika Belanda memenangkan hegemoni atas Selayar, mereka memonopoli perdagangan kapas, memaksa Selayar untuk mengirim kapas hanya ke Fort Rotterdam di Makassar.

Karena letak geografis dan letak Selayar yang tegak lurus pada jalur perdagangan Makassar – Maluku, pada masa Ternate, Tidore, Ambon dan Banda merupakan penghasil utama rempah-rempah, dan Makassar sebagai pusat perdagangan, Pulau Selayar menjadi wilayah penting yang tak terbantahkan yang dapat berkontribusi atau menghalangi perdagangan rempah-rempah.

Kota terbesar di pulau itu disebut Benteng (artinya Benteng), sebuah kota kecil yang ramai dengan sepeda motor dan becak. Pusat kota adalah “alun-alun”, alun-alun kota, di mana di satu sisi masih berdiri penjara tua yang kokoh yang dibangun oleh Belanda pada tahun 1890-an. Alun-alun adalah titik fokus perayaan dan acara yang terjadi di pulau itu.

Taman Nasional Taka Bonerate

Yang 80km. Pulau panjang Selayar sebenarnya adalah pintu gerbang ke Taman Nasional Taka Bonerate yang spektakuler yang dipenuhi dengan terumbu karang berwarna-warni, bunga karang raksasa, kekayaan spesies ikan termasuk duyung dan tuna, penyu meluncur melewati dan pari manta. Terdiri dari 21 pulau dan atol, Taka Bonerate merupakan atol terbesar ketiga di dunia setelah Kepulauan Marshall dan Maladewa. Meskipun masih didominasi oleh hutan hujan, Selayar memiliki banyak pantai pasir putih yang masih asli.

Pantai Baloiya

Surga tropis terpencil ini menawarkan sejumlah pantai berpasir putih yang indah. Pantai Baloiya membentang sekitar 3 km di sepanjang pantai. Dari sini Anda dapat melihat tarsius dan babi hutan di antara rimbunnya dedaunan hutan.

The Selayar Dive Resort menawarkan cottage dan fasilitas untuk penyelam. Pantai lainnya adalah Pantai Pinang, sekitar 80 menit dari Bentengor, Pantai Je’neiya, sekitar 60 menit dari kota Benteng.

Untuk sampai ke Selayar Anda harus terlebih dahulu mencapai Makassar, ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan. Dari Makassar, Wings Air melayani penerbangan harian antara Bandara Internasional Sultan Hasanudin di Makassar dan Bandara Aeroppala di Pulau Selayar.

Atau, Anda dapat melakukan perjalanan darat dari Makassar ke kota Tanjung Bira dan kemudian naik feri dari pelabuhan Tanjung Bira ke Selayar. Perjalanan akan memakan waktu sekitar 2 jam, namun saat laut sedang ganas, feri tidak berlayar


Dilihat :
16

Avatar

Redaksi Kece

Hibur adalah portal berita yang bisa menghibur dan menjadi wawasan serta tempat mencari informasi terupdate

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA