Pesona Danau-Danau Kalimantan Timur yang Mempesona

6 minutes reading
Saturday, 3 Jun 2023 17:52 0 232 Redaksi Kece

Kalimantan Timur, sebuah provinsi yang kaya akan keindahan alamnya, juga memiliki pesona danau-danau yang memukau hati. Terletak di tengah-tengah keindahan hutan tropis dan pegunungan yang megah, danau-danau ini menawarkan pemandangan yang mempesona serta pengalaman yang tak terlupakan. Berikut adalah beberapa danau yang patut dikunjungi di Kalimantan Timur:

Danau Labuan Cermin

Sumber Gambar: travel.kompas.com

Danau Labuan Cermin adalah salah satu keajaiban alam yang memukau di Kalimantan Timur, Indonesia. Terletak di Kabupaten Kutai Barat, danau ini menawarkan keindahan yang luar biasa dengan airnya yang begitu jernih dan cermin seperti.

Apa yang membuat Danau Labuan Cermin begitu istimewa adalah fenomena alam yang terjadi di dalamnya. Danau ini memiliki dua lapisan air dengan tingkat keasaman yang berbeda. Lapisan atasnya merupakan air tawar yang sangat jernih dan transparan, sementara lapisan bawahnya adalah air asin yang juga sangat jernih. Yang menakjubkan adalah, meskipun terdapat dua jenis air yang berbeda, lapisan ini tetap terpisah dan tidak saling bercampur. Keadaan ini menciptakan efek visual yang menakjubkan ketika airnya cermin seperti, mencerminkan langit, pepohonan, dan sekitarnya.

Sumber Gambar: travel.kompas.com

Selain keindahan visualnya, Danau Labuan Cermin juga menawarkan kegiatan rekreasi yang menarik. Anda dapat menyewa perahu tradisional untuk berkeliling danau, menikmati keindahan alam sekitar, atau berenang di air yang jernih. Snorkeling juga populer di danau ini, karena Anda dapat melihat kehidupan bawah air yang kaya, termasuk ikan-ikan warna-warni dan terumbu karang yang indah.

Keberadaan Danau Labuan Cermin sebagai salah satu daya tarik wisata di Kalimantan Timur adalah suatu keberuntungan. Keindahan alamnya yang memukau, airnya yang jernih, dan fenomena alam yang unik membuatnya menjadi tempat yang tak terlupakan bagi para pengunjung. Danau Labuan Cermin adalah tempat yang ideal untuk bersantai, menikmati keindahan alam, dan merasakan kedamaian yang ditawarkan oleh alam.

Alamat: Biduk-Biduk, Biduk Biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur 77373

Danau Tulung Ni’Lenggo

Sumber Gambar: koran-jakarta.com

Danau Tulung Ni’Lenggo adalah salah satu destinasi alam yang menakjubkan di Kalimantan Timur, Indonesia. Terletak di Kabupaten Kutai Kartanegara, danau ini memiliki pesona yang memikat dengan keindahan alamnya yang alami.

Danau Tulung Ni’Lenggo dikelilingi oleh hutan yang lebat dan pegunungan yang hijau, menciptakan pemandangan yang menakjubkan. Danau ini terkenal karena airnya yang jernih dan tenang, mencerminkan pemandangan sekitarnya dengan indah. Anda akan terpesona oleh keindahan panorama yang tercipta ketika langit, gunung, dan pepohonan tercermin dalam air yang tenang.

Selain menikmati keindahan visualnya, Danau Tulung Ni’Lenggo juga menawarkan berbagai kegiatan rekreasi alam. Anda dapat menyewa perahu tradisional untuk berkeliling danau dan menikmati keindahan alam sekitarnya. Anda juga dapat memancing di danau ini, menikmati kegiatan air seperti berenang atau menyusuri danau dengan kayak. Bagi pecinta alam, trekking di sekitar danau juga merupakan pilihan yang menarik untuk mengeksplorasi keindahan alam sekitarnya.

Sumber Gambar: travelingyuk.com

Danau Tulung Ni’Lenggo juga memiliki keberadaan kehidupan satwa liar yang menarik. Anda dapat melihat berbagai jenis burung, kera, dan spesies lainnya yang hidup di sekitar danau. Ini adalah tempat yang ideal untuk para penggemar burung yang ingin menyaksikan keindahan burung endemik Kalimantan dan mencatatnya dalam daftar pengamatan burung mereka.

Dengan keindahan alamnya yang memukau dan suasana yang tenang, Danau Tulung Ni’Lenggo menjadi tempat yang sempurna untuk bersantai, menikmati keindahan alam, dan merasakan kedamaian yang ditawarkan oleh lingkungan sekitarnya. Bagi mereka yang mencari pengalaman alam yang autentik di Kalimantan Timur, Danau Tulung Ni’Lenggo adalah destinasi yang wajib dikunjungi.

Alamat: Tembudan, Kec. Batu Putih, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur 77372

Danau Semayang

Sumber Gambar: pigijo.com

Danau Semayang merupakan sebuah danau yang terletak di Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia. Danau ini memiliki pesona yang menawan dengan keindahan alamnya yang memikat.

Danau Semayang dikelilingi oleh hutan mangrove yang lebat, sehingga menciptakan lanskap yang eksotis. Air danau ini memiliki warna kehijauan yang indah dan terlihat sangat jernih. Kejernihan air danau ini memungkinkan pengunjung untuk melihat hamparan terumbu karang dan biota laut yang hidup di dalamnya.

Salah satu daya tarik utama Danau Semayang adalah atraksi penangkapan ikan menggunakan jala tradisional yang disebut “jaring udang”. Aktivitas ini merupakan tradisi nelayan setempat dan menjadi pemandangan yang menarik bagi wisatawan yang ingin merasakan pengalaman unik dalam budaya nelayan Kalimantan Timur.

Sumber Gambar: mediaetam.com

Selain itu, danau ini juga menjadi habitat bagi berbagai jenis burung air dan satwa liar, termasuk burung bangau, elang, dan ibis. Pengunjung dapat menikmati kegiatan birdwatching sambil menikmati keindahan alam sekitar danau.

Bagi pecinta alam dan fotografi, Danau Semayang menawarkan pemandangan matahari terbenam yang spektakuler. Anda dapat menikmati keindahan langit yang berubah warna dari jingga ke merah muda sambil melihat cerminan indahnya di permukaan air danau.

Untuk mencapai Danau Semayang, pengunjung dapat menggunakan transportasi darat dari Kota Samarinda. Terdapat juga fasilitas seperti jembatan dan dermaga yang memudahkan pengunjung untuk menjelajahi danau ini.

Alamat: Melintang, Kec. Muara Wis, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur

Danau Haifine

Sumber Gambar: kaltim.idntimes.com

Danau Haifine terletak di Kota Samarinda, Kalimantan Timur, dan dikenal karena keindahan alamnya yang menyerupai kawah kaldera. Danau ini dikelilingi oleh perbukitan hijau yang menciptakan suasana yang sejuk dan asri. Wisatawan dapat menikmati pemandangan yang indah saat mengunjungi danau ini.

Salah satu daya tarik utama Danau Haifine adalah kesempatan untuk berenang di dalamnya. Air danau yang jernih dan segar memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pengunjung. Selain itu, area sekitar danau juga menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan, seperti pepohonan yang rindang dan keindahan perbukitan.

Bagi pengunjung yang menyukai petualangan alam, Danau Haifine juga merupakan tempat yang tepat untuk melakukan kegiatan seperti mendaki bukit sekitar danau atau menjelajahi alam sekitarnya. Jalan-jalan setapak yang ada menyediakan akses mudah untuk menikmati keindahan alam danau.

Jika Anda berkunjung ke Kalimantan Timur, Danau Haifine merupakan destinasi yang menarik untuk dinikmati. Keindahan dan ketenangan alamnya akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi para wisatawan.

Alamat: Liang Ulu, Kec. Kota Bangun, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur 75561

Danau Cermin Lamaru

Sumber Gambar: pergiyuk.com

Danau Cermin Lamaru menawarkan kejernihan air yang memukau, memantulkan bayangan indah pepohonan dan langit. Keindahan ini menjadi daya tarik utama bagi wisatawan yang ingin mengunjungi danau ini.

Anda akan menemukan banyak spot foto menarik di Danau Cermin Lamaru, terutama saat mendaki bukit di sisi danau. Anda akan mendapatkan panorama yang menarik dan hasil foto yang memukau. Jika Anda gemar berfoto, jangan lewatkan kesempatan ini.

Lokasi danau ini sangat strategis karena berdekatan dengan obyek wisata lain di Kalimantan Timur. Anda bisa mengunjungi Kampung Warna Warni, Pantai Manggar, dan Penangkaran Buaya yang menarik di sekitar danau ini. Jadi, saat berkunjung ke Danau Cermin Lamaru, Anda juga dapat menjelajahi tempat-tempat menarik lainnya di sekitarnya.

Meskipun fasilitas di danau ini masih terbatas, Anda dapat menikmati area perkemahan yang dikelola secara swadaya oleh warga setempat. Anda akan menikmati kejernihan danau yang indah, dengan bayangan yang memperindah suasana.

Alamat: Lamaru, Kec. Balikpapan Tim., Kota Balikpapan, Kalimantan Timur 76118

Menyaksikan keindahan danau-danau yang memukau di Kalimantan Timur akan membawa pengunjung dalam sebuah perjalanan tak terlupakan. Keajaiban alam ini memberikan peluang untuk bersatu dengan alam dan menikmati ketenangan yang hanya bisa ditemukan di tengah keindahan alami. Jadi, jika Anda mencari petualangan dan keindahan yang luar biasa, jangan lewatkan untuk menjelajahi danau-danau menakjubkan ini di Kalimantan Timur.

Avatar

Redaksi Kece

Hibur adalah portal berita yang bisa menghibur dan menjadi wawasan serta tempat mencari informasi terupdate

LAINNYA