Pantai Citepus – Cantiknya Wisata Bahari di Teluk Pelabuhan Ratu

4 minutes reading
Thursday, 1 Jun 2023 17:34 0 301 Redaksi Kece

Jawa Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki banyak hal indah yang selalu menarik untuk dibahas. Salah satu wilayah bagian Jawa Barat yaitu Pelabuhan Ratu pasti sudah tidak asing lagi namanya di telinga banyak orang. Pelabuhan Ratu diyakini sebagai salah satu wilayah yang memiliki deretan wisata bahari berupa pantai – pantai yang cantik dan menawan. Dari sekian banyak pantainya, kali ini WISATO.ID akan membahas tentang Pantai Citepus. Ingin tau seperti apa penampakan pantai cantik yang satu ini? Yuk, simak ulasan dibawah ini!

Pantai Citepus

Sumber Gambar: Google Maps @Belavita DJ

Pernah mendengar tentang Pantai Citepus? Pantai cantik ini terletak di Desa Citepus, Kecamatan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Terkenal dengan pasirnya, pantai ini termasuk salah satu pantai yang indah dan wajib kamu kunjungi ketika datang ke wilayah Sukabumi – Pelabuhan Ratu. Pantai ini terletak tidak jauh dari Pelabuhan Ratu yang berada di pinggir jalan besar yakni Jalan Raya Cisolok – Pelabuhan Ratu. Pantai yang memiliki hamparan pasir luas yang lembut dan air laut biru yang jernih ini memang menjadi favorite bagi wisatawan dan warga sekitarnya.

Disekitar pantai ini banyak warga lokal yang memanfaatkan peruntungan untuk membuka usaha rumah makan dengan menu utama yaitu hidangan laut (seafood). Melihat pemandangan laut lepas yang indah sambil menyantap seafood dan es kelapa muda pastinya menjadi kegiatan sangat diinginkan oleh banyak orang, bukan?  

Suasana Pantai Citepus

Sumber Gambar: tribunnewswiki.com

Desiran ombaknya sangat berisik, bukan berarti suasana disana juga berisik. Justru sebaliknya, suara ombak yang berisik bisa membuat siapapun yang datang merasa nyaman. Berkunjung ke Pantai Citepus cocok untuk melepas penat akibat dari segala kesibukan dan kebisingan kota yang memiliki polusi sangat tebal. Dijamin, setelah dari pantai ini maka energi positif akan menyelimuti dirimu. Selain berisik, ombak di pantai ini juga cukup besar sehingga wisatawan yang berkunjung diharapkan untuk berhati-hati. Apalagi jika membawa anak kecil, disarankan untuk tidak bermain terlalu dekat dengan bibir pantai. 

Aktivitas Seru di Pantai Citepus

Sumber Gambar: liburdulu.com

Salah satu aktivitas seru di pantai ini adalah menaiki perahu-perahu yang disewakan warga sekitar. Nantinya ketika wisatawan menaiki perahu maka akan dilengkapi juga dengan peralatan keamanan seperti pelampung untuk berjaga-jaga dari hantaman ombak yang cukup besar.

Bagi wisatawan yang tak ingin bermain air maka bisa mencoba aktivitas memancing dipinggir pantai. Wisatawan bisa menyewa alat pancing serta umpan di sekitar pantai. Aktivitas tersebut pastinya akan sangat seru. Hal lainnya yang juga jangan sampai terlewatkan adalah menikmati keindahan sunset  di tepi pantai sambil menyantap makanan dan menghabiskan waktu melihat keindahan sekitar.  

Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuk pantai ini sangat terjangkau yakni hanya Rp 10.000 per motor atau jika menggunakan  mobil akan dikenakan harga tiket seharga Rp 30.000 yang berlaku pada hari biasa. Jika pada saat hari libur mungkin akan ada kenaikan harga.

Rute ke Pantai Citepus

Rute untuk menuju ke Pantai Citepus tidaklah sulit. Wisatawan yang berasal dari ekitar Sukabumi pastinya sudah tidak asing dengan rutenya kerena lokasi pantai tidak jauh dari pantai lainnya yang terletak pada Pelabuhan Ratu. Tetapi jika kamu adalah wisatawan dari luar Sukabumi atau bahkan dari luar Jawa Barat mungkin sedikit kesulitan dengan rutenya. Apabila mengalami kesulitan, patokan paling mudah yakni dari GOR Pelabuhan Ratu maka ambil arah menuju Jalan Nasional III lalu ikuti saja jalannya sekitar 5,5 kilometer atau menempuh waktu 15 menit perjalanan. 

Fasilitas

Pantai ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Mulai dari area parkiran yang luas, toilet umum, gazebo untuk duduk santai, warung makan seafood, penginapan hingga toko cinderamata bagi wisatawan yang ingin membeli buah tangan khas pantai ini. Bagi wisatawan yang beragama muslim tak perlu khawatir untuk beribadah karena sudah tersedia mushola. 

Tips

Saat mengunjungi pantai yang indah ini sebaiknya wisatawan tak lupa untuk tetap menjaga kebersihan sekitar meskipun sudah ada petugas yang bekerja membersihkan pantai. Tak ada salahnya kita ikut menjaga kebersihan agar pantai ini bisa tetap indah.

Avatar

Redaksi Kece

Hibur adalah portal berita yang bisa menghibur dan menjadi wawasan serta tempat mencari informasi terupdate

LAINNYA