x

Menyusuri Keindahan di Bawah Tanah Caving Gua Karst

3 minutes reading
Thursday, 24 Feb 2022 11:26 0 698 Redaksi Kece

Papua Barat menyimpan deretan pesona alam yang luar biasa. Siapapun yang berkunjung kesana, pasti ingin mengulang untuk kali kedua. Pesona alam dari Papua Barat banyak menyimpan destinasi wisata luar biasa, contohnya seperti Caving Gua Karst Bintuni.

Selain Caving Gua Karst, sebenarnya Kabupaten Teluk Bintuni, Papua barat,  juga memiliki banyak wisata alam. Diantaranya seperti Taman Kota Bintuni, Cagar Alam Teluk Bintuni, Gunung Botak dan sederet wisata luar biasa lainnya. Dalam ulasan kali ini kita akan bahas tentang Caving Gua Karst.

Apa itu Caving Gua Karst ?

Buat kalian yang menyukai wisata dengan tema petualangan, Caving Gua Karst adalah salah satu lokasi yang wajib dikunjungi. Karst sendiri merupakan kawasan yang yang wilayahnya tersusun oleh batuan gamping.

Ada 15,4 juta hektar daerah karst di Indonesia. Umur dari batuan gamping yang mendominasi wilayah karst ini bervariasi, dari ratusan ribu hingga ratusan juta tahun. Tentunya wilayah ini tersebar di seluruh pelosok Indonesia, salah satunya di Papua Barat.

Wilayah karst ini terbentuk lewat proses pelarutan batuan, pergerakan air dan tektonik, cuaca dan sederet fenomena alam lainnya yang turut membentuk wilayah karst. Dan tentu saja wisata Caving Gua Karst juga terbentuk dengan proses yang sama.

Karena tersusun oleh batuan gamping, kawasan karst tidak cocok jika dijadikan lahan pertanian. Karena wilayah ini memiliki konstruksi tanah yang kurang subur.

Meskipun memiliki tanah yang kurang subur, kawasan karst di Papua Barat tetap menyajikan pemandangan alam yang luar biasa dan unik dengan ciri khasnya. Persediaan air di kawasan ini ini sangat bisa diandalkan. Air mengalir dengan lancar dan juga sangat jernih.

Udara di sekitar Gua Karst terasa sangat sejuk. Secara otomatis, pikiran kita akan merasa tenang saat berada di sini. Ditambah lagi dengan suara gemericik air yang membuat suasana disini semakin terasa alami dan menentramkan.

Jadi buat kalian yang butuh rekomendasi tempat healing, Caving Gua Karst bisa menjadi tujuan. Suasana di tempat ini masih asri karena belum banyak dikunjungi wisatawan. Tentunya sangat cocok buat kalian yang suka tempat wisata dengan kesan sunyi, sepi, dan menentramkan.

Alamat dan rute menuju Kavling Bekasi

Gua Karst terletak di kabupaten Teluk Bintuni, Provinsi Papua Barat. Lokasinya terbilang cukup jauh dari pusat kota. Namun jangan khawatir karena ada jasa tour guide untuk menuju lokasi wisata ini. Jadi buat kalian yang masih kali pertama berkunjung, jangan khawatir dengan risiko tersesat.

Selain mengunjungi Gua Karst, kalian bisa sekaligus mengunjungi 8 wisata yang berada di Kabupaten Teluk Bintuni. Diantaranya seperti Taman Kota Bintuni, Distrik Babo, Sunset Distrik Kaitaro, Air Terjun Botai, Gunung Botak, Kali Rajawali dan beberapa lainnya.

Dari Teluk bintani menuju Gua Karst, belum tersedia transportasi umum. Jadi opsinya ada dua, yaitu menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan jasa tour. Kita bisa mendapatkan pemandu wisata jika menggunakan jasa tour.

Jam operasional kaveling 2 Cars

Sebenarnya tidak ada jadwal khusus yang dibuat untuk pengunjung Gua Karst. Namun mengingat lokasinya yang sebuah gua, maka disarankan berkunjung antara Pagi dan siang hari.

Karena saat malam hari, area dalam gua Karst ini gelap dan juga dingin. Tentu saja suasana malam tidak cocok untuk healing. Karena saat berkunjung pada siang hari pun, kita harus membawa penerangan tambahan agar tidak terjebak dalam cahaya remang remang.

Harga tiket masuk Gua Karst

Gua Karst adalah lokasi wisata dengan tempat yang sangat indah. Karenanya harga tiket masuk Rp20.000 per orang tentunya adalah harga yang sepadan. Dengan tiket masuk seharga Rp20.000, kalian sudah bisa Menikmati keindahan alam di Gua Karst sepuasnya.

Demikian keindahan wisata Gua Karst yang dapat kalian eksplore. Tentunya lokasi ini sangat cocok buat kalian yang menyukai wisata menantang dan juga pemandangan yang indah.

Tunggu apalagi, yuk agendakan ke Caving Gua Karst !

Avatar

Redaksi Kece

Hibur adalah portal berita yang bisa menghibur dan menjadi wawasan serta tempat mencari informasi terupdate

LAINNYA
x
x