Menikmati Keasrian Air Terjun Melanting Buleleng Mempesona di Bali

4 minutes reading
Monday, 11 Apr 2022 15:23 0 584 Redaksi Kece

Menghabiskan masa liburan di Bali memang identik dengan mengunjungi objek wisata unggulannya yaitu Pantai. Namun, Bali juga memiliki banyak sekali air terjun yang tidak kalah cantiknya. Salah satunya adalah Air Terjun Melanting yang ada di Buleleng, Bali.

Air terjun memang menjadi salah satu objek wisata yang menarik sebab untuk bisa melihat keindahannya harus menempuh perjalanan yang cukup melelahkan. Tidak heran jika objek wisata seperti ini menjadi tujuan favorit para pecinta alam. Jika kamu termasuk tipe wisatawan yang seperti ini maka kamu wajib kesini!

Ketahui Beberapa Daya Tarik Air Terjun Melanting

Air Terjun Melanting berada di Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali. Jaraknya sekitar 42 kilometer dari Singaraja atau sekitar 70 kilometer dari Denpasar. Kamu bisa menempuh perjalanan menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat.

Jika kamu bingung, kamu perlu melakukan perjalanan menuju ke arah Bedugul, kemudian melanjutkan perjalanan kea rah Air Terjun Gitgit. Setelah sampai pada pertigaan di atas Bukit Pucak Wanagari ambil arah belok kiri menjuju ke Asah Gobleg hingga bertemu Restoran Ngiring Ngawedang.

Dari sini lanjutkan perjalanan sekitar 2 kikometer menuju ke arah Seririt, di tengah perjalanan kamu akan menemukan petunjuk jalan untuk menuju ke Air Terjun yang dituju yaitu Melanting.

Air terjun ini akan sangat cocok bagi kamu si pecinta wisata alam dan suka rekreasi trekking. Air Terjun Melanting akan menjadi perjalanan wisata yang akan sangat mengesankan.

Apalagi bagi yang sudah jenuh dengan pemandangan pantai saat di Bali. Berikut beberapa daya tarik yang dimiliki oleh air terjun ini.

  • Perjalanan Menuju Air Terjun Yang Tidak Membosankan

Sumber Gambar: Google Maps @Ian Elay

Setelah sampai di pintu masuk wisata, kamu diwajibkan untuk membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 untuk orang dewasa dan Rp 2.000 untuk anak-anak.

Kemudian kamu akan melanjutkan perjalanan melalui jalan setapak sekitar 500 meter agar bisa sampai ke air terjun. Perjalanan tidak akan terasa begitu jauh berkat pemandangan sekitar yang tidak mengecewakan.

Kamu akan diajak melintasi perkebunan penduduk seperti kebun cengkeh dan kopi. Suasana yang sejuk dan alam yang masih terasa asri akan membuat perjalananmu semakin menyenangkan. Lelah yang dirasakan akan langsung dibayar lunas begitu kamu mendengar gemericik air terjun.

  • Ketinggian Air Terjun Yang Memukau

Sumber Gambar: Google Maps @Théo Grossel

Melanting menjadi salah satu air terjun dengan ketinggian air yang cukup tinggi di Bali. Ketinggiannya sekitar 20 meter ini akan sangat memukau setiap wisatawan yang berkunjung.

Gemuruh air, terbangan uap air menerpa wajah, akan memberikan sentuhan dan kesegaran yang terasa sangat alami. Di bawah air terjun ada kolam dengan ukuran yang cukup besar. Disini wisatawan bisa berenang atau bermain air. Air kolamnya juga sangat jernih sehingga akan mengundang siapapun yang berkunjung untuk menikmati kesegarannya.

Sumber Gambar: Google Maps @Ian Elay

Letaknya yang berada di Desa Munduk menjadikan suasana semakin sejuk dan menyegarkan. Sebab area Desa Munduk di Buleleng ini berada di dataran tinggi sekitar 900 meter di atas permukaan laut. Tak heran jika hawa di air terjun akan membuatmu betah untuk berlama-lama.

Setiap hal yang akan kamu jumpai di objek wisata ini seolah merupakan perpaduan yang sangat sempurna. Di mulai dengan air terjun dengan ketinggian 20 meter, alam sekitar yang sangat hijau, dan udara dataran tinggi yang begitu sejuk dan menyegarkan. Sensasi liburan yang tidak akan mudah untuk dilupakan deh. Karena air terjun ini berada di ketinggian kurang lebih 900 meter di atas permukaan laut, maka curah hujan di sekitar air terjun sangat tinggi.

Untuk meminimalisir peluang hujan, kamu bisa mengunjunginya ppada bulan Juni sampai dengan Oktober. Waktu yang sangat direkomendasikan adalah di pagi hari karena ppeluang hujan akan lebih rendah dibandingkan saat sore hari.

Nah, itu dia beberapa daya tarik utama yang dimiliki oleh Air Terjun Melanting yang bisa kamu jumpai di Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali.

Masih ada banyak daya tarik yang begitu memukau dan hanya bisa dibuktikan dengan mengunjunginya secara langsung. Jadi, kamu wajib untuk membuktikannya sendiri!

Avatar

Redaksi Kece

Hibur adalah portal berita yang bisa menghibur dan menjadi wawasan serta tempat mencari informasi terupdate

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA