Menikmati Air Terjun Cantik di Sukawati, Air Terjun Tegenungan namanya!

4 minutes reading
Thursday, 31 Mar 2022 13:26 0 604 Redaksi Kece

Banyak sekali traveler asal Indonesia atau bahkan traveler mancanegara yang memilih Pulau Bali sebagai destinasi wisata bahari yang dirasa sangat indah untuk melepas penat. Para pecinta traveling ini biasanya senang mengunjungi Pulau Bali karena keindahan pantainya yang terkesan eksotis tak bisa ditemui di tempat lain.

Beberapa pantai yang namanya sudah tersohor bahkan ramai di datangi traveler misalnya Pantai Kuta, Seminyak, Pantai Pandawa, Pantai Melasti, Sanur dan masih banyak lainnya. Namun sebenarnya jika kita mau mengulik potensi wisata lain di Bali selain potensi wisata bahari nya ternyata ada dan banyak.

Di Bali juga terdapat sederet rekomendasi wisata air terjun yang pastinya tak menarik untuk traveler kunjungi lho! Salah satu wisata air terjun di Bali yang dapat kamu datangi adalah Air Terjun Tegenungan yang berada di Sukawati, Gianyar.

Air Terjun Tegenungan

Sumber Gambar: Google Maps @George Badea

Air Terjun Tegenungan atau dikenal dengan Air Terjun Kemenuh ini merupakan wisata air terjun yang letaknya bisa dibilang paling mudah dicapai dan dekat dari kota Denpasar walaupun jarak yang harus ditempuh sekitar 30 km. Air terjun ini punya ketinggian tidak terlalu tinggi yakni hanya 15 meter saja namun debit airnya sangat kencang dan percikan udara yang dihembuskan akan sangat kencang kamu rasakan. Sumber aliran air terjun ini berasal dari Sungai Tukad Petanu yang berada di Gianyar.

Untuk bisa tiba tepat di pinggir air terjun kamu harus berjalan kaki dari depan gerbang masuk dan menyusuri jalanan dengan menuruni ratusan anak tangga namun tak perlu takut karena jalanan setapak berupa barisan anak tangga ini sudah tertata dengan baik. Setibanya di area air terjun ini kamu bisa mencoba pemandian umum yang disediakan pengelola dan biasanya digunakan juga oleh masyarakat setempat, tak perlu khawatir karena pemandian umum ini dibagi menjadi 2 yakni khusus laki – laki dan khusus perempuan yang keduanya terpisah.

Pengunjung yang datang ke air terjun ini mayoritas besar adalah wisatawan asing namun juga ada beberapa wisatawan lokal. Fasilitas umum disini bisa dibilang lengkap mulai dari adanya lahan parkir yang luas, toilet umum, ruang ganti pakaian, gazebo hingga warung – warung kecil di dekat gerbang masuk.

Biaya tiket masuk sebesar Rp 20.000 saja tanpa dipungut biaya apapun lagi termasuk biaya pakir dan waktu terbaik untuk mengunjungi air terjun ini yaitu di pagi hari atau siang hari karena kawasan wisata ini buka mulai pukul 06.30 pagi hingga 18.3 sore.

Daya Tarik Air Terjun Tegenungan

  • Terdapat sebuah restaurant (day club) 

Sumber Gambar: Google Maps @Winton Huang

Tepat di area air terjun terdapat sebuah day club semacam restoran yang bisa kamu kunjungi sekedar menyemil cantik yaitu OMMA Day Club. Bila kamu mempunyai budget lebih untuk menikmati Air Terjun Tegenungan dari sini ini maka kamu patut mencobanya. Untuk pengunjung yang sengaja datang ke day club ini bisa mendapat keuntungan lebih yaitu untuk turun ke bawah dekat dengan air terjun bisa menggunakan lift. Dari day club ini, pengunjung bisa berfoto berlatar pemandangan Air Terjun Tegenungan.

Sumber Gambar: Google Maps @endy irawadi

Air Terjun Tegenungan atau Blangsinga ini memiliki air yang nampak jernih serta disana kamu akan merasakan bahwa ekosistem di sekitarnya cukup baik dan masih alami. Namun, bila kamu berkunjung di musim penghujan maka jangan kaget melihat aliran airnya yang berwarna gelap kecoklatan.

  • Air terjun dengan bentuk berundak

Sumber Gambar: Google Maps @kopit sukarata

Ketika kamu tiba di bagian terdekat dari air terjun maka kamu akan melihat undakan tebing berbatu pada air terjun itu membentuk berundak saat air mengalir deras. Di bagian atas air terjun ini adalah sungai berbatu.

Sumber Gambar: Google Maps @Somsak Wonghemmarat

Pengunjung bisa sekedar bermain air, mandi atau bahkan berenang di sebuah kolam kecil yang ada di bawah air terjun. Kolamnya tak begitu dalam namun kamu harus tetap berhati – hati saat berenang dan jangan sampai melewati batas larangan yang di buat oleh pengelola yaitu berupa tali. Untuk anak kecil sebaiknya bila akan berenang di area ini harus di dampingi oleh orang dewasa.

Sumber Gambar: Google Maps @ Vinoth Ramasamy

Udara di sekitar air terjun sangat sejuk bahkan kesejukannya bisa kamu rasakan sejak pertama kali kamu tiba di gerbang masuk menuju lokasi air terjun. Di samping kiri kanan air terjun dipenuhi pepohonan rindang nan hijau termasuk pohon kelapa di sisi kiri dan kanan atas air terjun.

Tak hanya berenang atau bermain basah – basahan saja, disini kamu juga bisa berfoto dengan latar belakang Air Terjun Tegenungan. Kamu bisa mengambil foto terbaik mulai dari saat kamu menuruni tangga menuju ke air terjun hingga tepat di area air terjun itu sendiri.

Perjalanan Menuju Air Terjun Tegenungan

Berada di wilayah strategis yaitu jalur Sukawati – Ubud tepatnya di Jl. Ir Sutami, Sukawati, Gianyar lantas membuat banyak pengunjung berdatangan ke air terjun ini. Memulai perjalanan dari Pasar Seni Sukawati yang merupakan pasar oleh – oleh terlengkap di Bali maka hanya memakan waktu sekitar 7 menit saja dengan jarak tempuh 4 km.

Avatar

Redaksi Kece

Hibur adalah portal berita yang bisa menghibur dan menjadi wawasan serta tempat mencari informasi terupdate

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA