Ingat Bali ingat Air Terjun Bukit Lalang

4 minutes reading
Tuesday, 15 Mar 2022 06:43 0 422 Redaksi Kece

Air Terjun Bukit Lalang merupakan salah satu destinasi wisata alam yang ada di Pulau Bali. Semakin kesini memang pemerintah Bali terlihat semakin banyak mengeksplor wisata alam yang ada di Bali. Kini sahabat Wisato tidak melulu harus menghabiskan liburan ke Pantai yang ada di Bali. Namun kalian bisa mencoba berwisata alam yang lumayan menguji adrenalin seperti wisata air terjun.

Baca Juga: Mie Get Cirebon

Air terjun ini berada di dalam sebuah  hutan di bagian selatan dari wilayah Dusun Nangka, Desa Lemukih, Kecamatan sawan. Posisi tepatnya berada di punggung Bukit Lalang. Sementara Sawan merupakan suatu kecamatan di kabupaten Buleleng, provinsi Bali, Indonesia. Kecamatan ini memiliki jarak sekitar 5 km di timur Kota Singaraja. Pusat pemerintahan kecamatan Sawan berada di Desa Sangsit. Kecamatan Sawan tercatat memiliki luas wilayah sekitar 92,52 km dan memiliki batas-batas wilayah sebagai berikut:

Utara     : Laut Bali

Selatan : Kabupaten Tabanan

Barat     : Kecamatan Buleleng dan Kecamatan Sukasada

Timur    : Kecamatan Kubutambahan

 

Kecamatan Sawan terdiri dari 14 desa yang masih asri. Desa tersebut yakni Bebetin, Bungkulan, Giri Emas, Jagaraga, Galungan, Kerobokan, Lemukih, Sawan, Sekumpul, Sinabun,  Menyali, Sangsit, Sudaji, dan Suwug. Dari ke-14 desa yang ada di kecamatan Sawan, terdapat 8 desa yang masuk sebagai desa wisata. Keputusan ini berdasarkan Keputusan Bupati Buleleng Nomor 430/405/HK/2017. Isinya yaitu Desa wisata Bebetin, Desa wisata Sekumpul, Desa wisata Sudaji, Desa wisata Sangsit, Desa wisata Jagaraga, Desa wisata Lemukih, Desa wisata Menyali, , dan Desa wisata Sawan. 

Akses Jalan

Air terjun ini termasuk air terjun yang baru diperhatikan pemerintah untuk menjadi salah satu tujuan wisata di Bali. Sehingga untuk akses jalan sendiri masih susah-susah gampang dilalui kendaraan beroda terutama kendaraan beroda empat. Untuk saat ini pemerintah sudah membuka jalan sepanjang 2 km dari jalan besar kabupaten melewati area milik penduduk. Ini menunjukkan bukti pemerintah serius dalam mewujudkan destinasi wisata ini agar bisa dijangkau oleh semua orang. Nah bagi sahabat Wisato yang menggunakan kendaraan roda dua, kalian dapat memakai kendaraan hanya sampai sepanjang 1,5 km. Setelah itu hanya bisa berjalan kaki menuju lokasi Air Terjun Bukit Lalang.

Yang Dapat Dilakukan Disini

Ada berbagai hal yang dapat sahabat Wisato lakukan ketika berwisata ke Air Terjun Bukit Lalang. Dijamin bakalan seru dan menyenangkan. Kegiatan tersebut sebagai berikut:

1.  Mensyukuri Ciptaan Tuhan

Saat sahabat Wisato melakukan perjalanan menuju air terjun ini, kalian akan disuguhkan panorama alam yang menakjubkan. Mulai dari hijaunya pepohonan, rindangnya perkebunan warga akan membuat kalian semakin takjub dengan ciptaan Tuhan. Seiring perjalanan dan tiba di lokasi air terjun, sahabat Wisato akan semakin kagum melihat air terjun. Secara otomatis kalian akan mensyukuri ciptaan tuhan yang satu ini dan juga bersyukur atas kesehatan yang diberikan.

2.  Menyehatkan Tubuh

Hal pertama yang kalian lakukan adalah menyehatkan tubuh. Karena untuk akses jalan menuju lokasi air terjun mengharuskan sahabat Wisato untuk berjalan kaki. Perjalanan kaki ini otomatis dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan melatih pergerakan otot badan. Terutama otot kaki dan otot tangan. Sebaiknya gunakanlah sepatu yang nyaman di kaki saat menuju wisata ini, agar keselamatan lebih terjaga. Selain itu dapat mengurangi kecelakaan akibat kelalaian kalian seperti pijakan yang tidak kokoh dan menyebabkan terpeleset dan banyak lagi.

3.  Mandi dan Berenang

Air terjun ini menjadi pilihan tepat untuk kalian mandi dan berenang di bawahnya, dinginnya air yang segar akan semakin menyenangkan. Khusus sahabat Wisato yang tidak bisa berenang, cukuplah mandi atau berendam di pinggiran saja dan pilihlah tempat yang tidak dalam. Sementara untuk sahabat Wisato yang pandai berenang sebaiknya tidak terlalu dekat dengan jatuhan air terjun. Karena debit air yang sangat deras dan jatuh dari ketinggian akan terasa sakit saat menimpa tubuh.

4.  Membuang Penat

Wisata yang seperti ini sangat pas bagi sahabat Wisato yang berjiwa dan pikiran sedang penat. Wisata yang memacu adrenalin untuk keluar seperti inilah yang akan memberikan rasa kepuasan tersendiri saat berhasil mencapai lokasi.

Baca Juga: Juaranya Nasi Padang Di Medan

 

Avatar

Redaksi Kece

Hibur adalah portal berita yang bisa menghibur dan menjadi wawasan serta tempat mencari informasi terupdate

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA