x

5 Tips Instagram Marketing 2023

3 minutes reading
Tuesday, 31 Jan 2023 18:05 0 284 Redaksi Kece

Saat ini, media sosial bukan hanya menjadi media untuk hiburan saja, tetapi memiliki fungsi lain sebagai wadah untuk memasarkan produk mulai dari produk kecantikan, kebutuhan rumah tangga, makanan dan masih banyak lagi.

Salah satu media sosial yang paling berpengaruh untuk mempromosikan suatu produk adalah Instagram. Instagram merupakan media sosial yang awalnya diciptakan untuk memposting foto dan video saja, tapi ternyata bisa Anda jadikan salah satu channel marketing, lho. 

Tips Instagram Marketing 2023

Selain membuat website, saat ini Instagram banyak digunakan oleh para pemilik bisnis memperkenalkan produk dan mengembangkan brand yang mereka miliki. Dilansir dari DataReportal, popularitas Instagram di Indonesia semakin melejit dengan 99,15 juta pengguna diawal tahun 2022 dan akan terus bertambah setiap tahunnya.

Angka ini menunjukkan aktivitas jangkauan iklan instagram sangat aktif, hal ini tentu membuka peluang untuk para pemilik bisnis memanfaatkan instagram untuk media promosi. Selain itu kelebihan mempromosikan produk di Instagram adalah biaya promosi yang gratis dengan penyebaran yang lebih mudah.

Lantas, apakah ada cara khusus untuk memasarkan produk di Instagram? bagaimana cara memanfaatkan instagram untuk strategi memasarkan produk? Ini dia beberapa tips instagram marketing 2022 untuk anda!

Tentukan nama produk yang unik

Sebelum membuat username di akun instagram bisnis Anda. Tips pertama adalah tentukan nama produk yang unik. Gunakan nama yang tidak pernah dipakai oleh orang lain, masukkanlah kata-kata yang lucu didalam nama produk Anda agar lebih menarik dan mudah untuk diingat.

Konsisten publikasi konten Agar terciptanya interaksi antara Anda dengan pengguna instagram lainnya, buatlah konten yang menarik sesuai dengan jenis produk. Anda bisa mulai menentukan jadwal untuk memposting dan membuat konten setiap satu bulan dengan tema yang berbeda di instagram. Semakin konsisten Anda membuat konten, maka semakin baik citra brand Anda. 

 Gunakan hashtag 

Hashtag sangat diperlukan untuk menjangkau seberapa banyak pengikut yang melihat postingan konten Anda.

Jika menggunakan Instagram, Anda bisa mencoba branded hashtag. Hashtag ini bertujuan mendorong pengikut Anda untuk berbagi foto sesuai dengan hashtag tersebut. Hashtag akan membantu Anda untuk menganalisis kampanye dan membuat viral postingan anda.

Manfaatkan berbagai fitur yang tersedia

Instagram memiliki berbagai macam fitur khususnya fitur bisnis yang bisa anda manfaatkan. Seperti Instastory yang bisa dimanfaatkan untuk berinteraksi dengan pengikut Anda, highlight yang digunakan untuk memudahkan pengikut mengetahui detail produk anda, Instagram ads untuk membuat iklan khusus, direct purchase yang menawarkan produk Anda langsung melalui feeds dan bisa terhubung dengan platform lainnya.

Hitunglah Insight

Setelah Anda mengikuti beberapa tips di atas, yang terakhir adalah hitunglah Insight akun. Menghitung insight sangat diperlukan untuk melihat seberapa baik kampanye Anda yang telah diposting baik itu konten, optimalisasi tagar hingga waktu publikasi. Jika kinerja insight Anda semakin meningkat maka produk anda akan semakin dikenal, begitupun sebaliknya.

Penutup

Demikianlah penjelasan instagram dan tips-tips instagram marketing untuk anda. Jangan lupa untuk mengikutinya ya! Instagram memang menjadi media strategi marketing yang paling banyak digunakan saat ini. Prospek jangkauan pasar yang luas, membuat instagram menjanjikan feedback yang baik untuk produk yang ditawarkan.

Dari beberapa tips diatas, cobalah untuk optimalkan konten instagram anda, agar dapat mendorong engagement pada akun bisnis anda. Jika butuh layanan VPS yang handal dan cepat, Anda bisa menggunakan Cloud VPS IDCloudHost. Coba sekarang dan dapatkan harga spesial.

Avatar

Redaksi Kece

Hibur adalah portal berita yang bisa menghibur dan menjadi wawasan serta tempat mencari informasi terupdate

LAINNYA
x
x