Menhub: Pemerintah libatkan swasta bangun Pelabuhan Tanjung Carat

2 minutes reading
Thursday, 6 Jan 2022 14:26 0 432 Redaksi Kece

Akan ada upaya kreatif finansial yang melibatkan swasta, baik di dalam dan luar negeri.

Palembang (ANTARA) – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pemerintah akan melibatkan pendanaan dari swasta untuk membangun Pelabuhan Tanjung Carat di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan.

“Akan ada upaya kreatif finansial yang melibatkan swasta, baik di dalam dan luar negeri,” kata Budi setelah rapat dengan Gubernur Sumsel Herman Deru dan Wakil Wali Kota Palembang Harnojoyo untuk membahas mengenai penggunaan transportasi massal dan proyek Pelabuhan Tanjung Carat di Griya Agung, Palembang, Kamis.

Ia mengatakan sejauh ini proyek pelabuhan laut dalam itu sudah mendapatkan persetujuan masuk dalam Proyek Strategis Nasional. Selain itu, pelabuhan samudera yang nantinya menjadi gerbang ekspor Sumsel itu dalam proses finalisasi penyediaan lahan.

Insya Allah dalam satu hingga dua bulan ke depan mendapatkan formula yang baik, ini untuk stimulus bagi Sumsel supaya jadi lebih baik,” kata Budi.

Baca juga: Menhub minta kebijakan dorong penggunaan transportasi massal Palembang

Sementara itu, Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan pemerintah sudah menuntaskan beragam persoalan prinsip untuk pembangunan pelabuhan laut internasional, seperti ketersediaan lahan, akses jalan, kedalaman laut hingga lokasi dermaga.

Ke depan, yang menjadi perhatian dari pemerintah yakni mengenai ketersediaan dananya.

“Bisa konsorsium dari dalam negeri dan investor dari luar negeri. Ini akan dikaji,” kata dia.

Sebelumnya, proyek Pelabuhan Tanjung Carat ini ditargetkan melakukan ground breaking pada akhir  2021, namun target itu tidak dapat tercapai karena persoalan lahan belum tuntas. Pelabuhan ini direncanakan akan dibangun di atas lahan seluas 1.330 hektare.

Ground breaking belum bisa karena masih ada masalah lahan. Kami terlalu banyak pelajaran mengenai hal itu, jadi tidak mau tergesa-gesa,” kata Herman Deru.

Baca juga: Menhub ungkap upaya pembangunan infrastruktur transportasi di Jambi

Pelabuhan Tanjung Carat diharapkan menjadi gerbang ekspor karena selama ini Sumsel belum memiliki pelabuhan laut dalam. Selain itu, kehadiran pelabuhan ini juga untuk meringankan beban Pelabuhan Boom Baru yang dinilai sudah tidak mampu memenuhi kebutuhan daerah.

Selama ini untuk pengangkutan komoditas Sumsel hanya dilakukan melalui pelabuhan tersebut, mulai dari minyak sawit, karet, kelapa dan berbagai komoditas lainnya. Proses pengangkutannya kurang maksimal lantaran harus melalui Sungai Musi. Pelayaran kapal kerap terhambat lantaran adanya pendangkalan sungai.

 

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Avatar

Redaksi Kece

Hibur adalah portal berita yang bisa menghibur dan menjadi wawasan serta tempat mencari informasi terupdate

LAINNYA