Home Masakan Masakan Jamur yang Bikin si Kecil Makin Doyan Makan

Masakan Jamur yang Bikin si Kecil Makin Doyan Makan

80
0

Kamu dan keluarga penyuka berbagai variasi masakan jamur? Kalau ingin ide yang lebih bervariasi, Masak Apa Hari Ini ingin merekomendasikan sederet pilihan hidangan berbagai jamur untuk dijadikan menu sehari-hari yang juga bisa disantap si kecil. Dengan kehadiran Royco Kaldu Jamur, sederet menu ini bisa menambah pengetahuan rasa lidahnya yang sedang bereksplorasi dengan berbagai rasa makanan. Buat kamu yang belum tahu, Royco Kaldu Jamur merupakan racikan kaldu yang didapat dari jamur alami dan diproses tanpa pengawet dan tanpa MSG, sehingga cocok disajikan untuk seluruh anggota keluarga termasuk si kecil yang sedang dalam masa MPASI. Yuk, kita coba beberapa daftar resep menu masakan jamur yang juga bisa disantap untuk si kecil!

Tahu Jamur Shimeji

Tahu saus tiram jamur shimeji di piring putih
Tahu saus tiram jamur shimeji, masakan jamur populer di restoran Cina. (Foto: Shutterstock)

Ingin menu restoran yang juga cocok untuk anak-anak? Tahu jamur shimeji ini bisa jadi salah satunya. Potongan tahu lembut dengan tambahan nori dan disajikan dengan saus bercita rasa manis gurih. Menu ini cocok untuk lebih menyukai masakan bertekstur lembut. Sebagai lauk teman nasi, tahu jamur shimeji juga bisa dijadikan sebagai menu komplet. Tambahkan irisan sayuran seperti wortel cincang, sawi putih, atau buncis ke dalam kuah tahu jamur.

Kuotie Jamur Kucai

Hidangan dalam kulit dim sum ini bisa disajikan untuk si kecil yang ingin mencoba rasa camilan baru. Sajikan juga sebagai teman makan mi, misoa, atau bihun. Bila si kecil tak menyukai kucai bisa diganti dengan wortel cincang dan tambahan daging ayam cincang. Zucchini cincang dan udang juga sedap menamani potongan jamur dalam menu yang juga akrab disebut gyoza ini.

Jamur Kancing Crispy

Jamur crispy dengan saus ala thailand
Jamur crispy, ide baru untuk camilan si kecil. (Foto: Shutterstock)

Untuk resep ini, abaikan kehadiran Jawara Cabai Tabur bila ingin menyajikannya untuk si kecil. Jamur kancing yang digoreng berbalut tepung sangat cocok dijadikan sebagai camilan untuk anak-anak. Sedap juga disajikan bersama cocolan saus tomat homemade dengan bumbu Royco Kaldu Jamur.

Tempura Sayuran

Ingin gorengan yang juga mengandung sayuran untuk si kecil? Jamur hioko yang dijadikan sebagai salah satu pilihan tempura sayuran terlihat menarik, kan? Bila suka, kombinasikan juga dengan jamur enoki dan jamur tiram agar si kecil mengenal tekstur dan rasa jamur yang bervariasi.

Tips Mengolah Masakan Jamur Sedap dan Bebas ‘Bau Kayu’

Pilih jamur segar

Sebelum mengolah berbagai variasi jamur, pastikan kamu memilih jamur yang masih segar. Ciri-cirinya adalah jamur terlihat kering. Jamur yang sudah basah menandakan jamur sudah disimpan berhari-hari dalam kulkas. Selain itu bila jamur mulai berubah warna atau terkesan bonyok, hindari membelinya, ya!

Bilas air panas

Tips masakan jamur bebas bau kayu
Masukkan jamur ke dalam air mendidih atau air panas sebentar untuk mengurangi bau jamur yang khas. (Foto: MAHI)

Pada beberapa jenis jamur seperti jamur tiram, jamur hioko atau jamur shiitake cenderung memiliki rasa dan aroma yang jamur yang khas. Untuk beberapa masakan yang rasanya cenderung ringan biasanya juga menginginkan jamur yang bebas bau kayu. Untuk menyiasatinya bilas jamur terlebih dahulu dengan air mendidih dan tiriskan. Jamur siap diolah menjadi jamur tumis, satai jamur, atau jamur crispy.

Minimalis kandungan airnya

Untuk jamur yang dibilas dengan air panas dan akan segera diolah menjadi jamur goreng tepung atau satai jamur, sebaiknya peras jamur hingga airnya berkurang untuk mendapat tekstur jamur terbaik. Jamur yang masih basah cenderung sulit jadi kering apabila digoreng bersama lapisan tepung. Begitu juga dengan menu satai jamur, bumbu lebih meresap apabila jamur tak berair saat dimarinasi. Selain diperas, gunakan tisu dapur untuk memaksimalkan penyerapan sisa air dari dalam jamur.

Yuk, coba satu per satu pilihan masakan jamur yang cocok untuk si kecil ini! Ajak ia untuk mencoba berbagai jenis jamur dan olahannya. Semoga berhasil bikin si kecil jadi lahap makan, ya!

Previous articlePutri Diana Ternyata Hanya 13 Kali Bertemu Pangeran Charles Sebelum Nikah
Next articleUniPin Luncurkan YUNA untuk Jadi Teman Baru Para Gamers
Hibur adalah portal berita yang bisa menghibur dan menjadi wawasan serta tempat mencari informasi terupdate

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here