Home Travel Pantai Sadranan – Spot Bermain Kano Hingga Snorkeling!

Pantai Sadranan – Spot Bermain Kano Hingga Snorkeling!

112
0

Kabupaten Gunung Kidul merupakan daerah pemilik pantai paling eksotis di Daerah Istimewa Yogyakarta. Ada lebih dari 50 pantai di Gunung Kidul yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Beberapa pantai yang terkenal di antaranya adalah Pantai Nglambor, Pantai Pok Tunggal, Pantai Slili, Pantai Wediombo, Pantai Jogan dan masih banyak lagi. Yang menjadi ciri khas dari beberapa pantai di Gunung Kidul adalah hamparan pasirnya yang putih disertai gulungan ombak yang cukup kencang. Selain itu di beberapa pantai juga menghadirkan pemandangan sebuah pulau di tengah laut. Salah satu pantai yang menarik untuk dikunjungi adalah Pantai Sadranan. Pantai Sadranan terletak di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoarjo, Kecamatan  Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jika kamu menginginkan suasana pantai yang ramai dan ada wahana air yang seru seperti snorkeling, mungkin pantai Sadranan adalah salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi ketika sedang berada di Yogyakarta. Berada di antara pantai – pantai populer lainnya di Kabupaten Gunung Kidul seperti Pantai Krakal dan Pantai Indrayanti, membuat Pantai Sadranan layak dijuluki sebagai surga tersembunyi yang belum banyak orang mengetahuinya.

Pantai Sadranan beroperasi setiap hari Senin sampai Minggu selama 24 jam. Untuk tiket masuknya sendiri hanya Rp 10.000 per orang dan dengan tiket tersebut kamu bisa mengakses beberapa pantai lain yang ada di sekitarnya. Jika kamu memakai kendaraan pribadi maka tiket tersebut belum termasuk dengan biaya parkir, biaya parkir kendaraan mulai dari Rp 5.000 – Rp 10.000 saja.

Pantai Sadranan didominasi pasir putih seperti ciri khas kebanyakan pantai di wilayah Gunung Kidul. Di sekitar area pantai tersebar saung yang bisa kamu sewa untuk beristirahat dan bersantai bersama keluarga besar. Harga sewa gazebo atau saung di Pantai Sadranan bervariasi mulai dari Rp 10.000 sampai Rp 25.000.

1. Snorkeling

Sumber Gambar: Google Maps @Try Agus

Aktivitas lain yang dapat dilakukan di Pantai Sadranan adalah snorkeling. Pantai Sadranan merupakan pantai yang memiliki air yang jernih dan biota laut yang indah tak heran jika pantai ini bisa dijadikan tempat untuk aktivitas snorkeling. Untuk dapat snorkeling disini, wisatawan harus melihat kondisi laut saat itu. Kondisi laut pada saat snorkeling harus tenang agar aktivitas aman.

Jadwal untuk melakukan snorkeling di Pantai Sadranan sudah ditentukan. Biasanya jam 06.00 sampai jam 08.00 di pagi hari untuk mendapatkan pemandangan biota bawah laut yang jernih dan jam 16.00 sampai 18.00 di sore hari sambil menikmati suasana matahari tenggelam yang tak kalah indah.

Sumber Gambar: Google Maps @ Muhammad Aditya Wahyu S

Bagi wisatawan yang tidak memiliki peralatan menyelam pun tidak usah khawatir karena di sekitaran pantai terdapat kios kios yang menyewakan alat snorkeling. Untuk harganya sekitaran Rp 50.000 sampai Rp 100.000. Harga sewa tersebut terbilang cukup murah jika dibandingkan dengan pengalaman melihat biota laut yang sangat indah.

2. Kano

Sumber Gambar: Google Maps @Arif Wibowo

Selain kegiatan menyelam, di Pantai Sadranan juga tersedia fasilitas mendayung perahu kano. Kegiatan mendayung perahu kano juga merupakan salah satu aktivitas yang banyak diminati para wisatawan. Untuk bisa menikmati fasilitas tersebut para wisatawan hanya diharuskan membayar biaya sewa perahu sektar Rp 50.000 per jam.

3. Kuliner pinggir pantai

Sumber Gambar: Google Maps @cep budhi darma

Setelah lelah beraktivitas para wisatawan tidak perlu khawatir jika kelaparan karena di sekitar pantai ini tersedia banyak tempat makan atau angkringan yang menyediakan berbagai menu masakan khas daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Selain itu, ada juga tempat seperti cafe dan restoran yang menyajikan makanan luar. Jika belum cukup, para nelayan juga biasa menyewakan perahunya untuk keperluan memancing kepada para pengunjung.

4. Menikmati sunset

Sumber Gambar: travel.tribunnews.com

Pantai Sadranan merupakan salah satu pantai yang cocok untuk dijadikan momen menikmati sunset. Disana terdapat bukit yang tersedia gazebo untuk bersantai dan menyaksikan pemandangan matahari terbit atau terbenam. Para wisatawan yang berkunjung biasanya menantikan momen indah tersebut untuk diabadikan melalui jepretan kamera.

5. Bermalam di sekitar pantai

Sumber Gambar: asitajogja.org

Bagi para wisatawan yang ingin menginap, disana terdapat beberapa penginapan yang dekat dengan lokasi pantai. Jarak dari penginapan ke pantai biasanya berkisar 10 KM, ada juga yang terletak di atas bukit yang menyajikan pemandangan pantai dari atas. Harganya pun bervariasi mulai dari yang paling murah dan yang fasilitasnya lengkap. Selain menyewa penginapan, para wisatawan juga dapat mendirikan tenda di sekitar pantai untuk bercamping.

Previous articlePantai Ngerenehan – Pantai Cantik Nan Eksotis Dibalik Bukit
Next articlePengakuan Mengejutkan Pangeran Charles Tak Cinta Putri Diana di Malam Sebelum Nikah
Hibur adalah portal berita yang bisa menghibur dan menjadi wawasan serta tempat mencari informasi terupdate

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here